Bisnis Sampingan Karyawan : Peluang Usaha Minuman “Wedang Kacang”, Hot, Renyah !!


By on October 7, 2013
Bisnis Sampingan Karyawan : Peluang Usaha Minuman "Wedang Kacang", Hot, Renyah !!

Teman saya pernah melakukan “trip singkat” bersama kerabatnya ke Solo. Ada satu hal yang sangat getol mereka incar, wedang kacang !! Hmmm… jadi tertarik buat bahas peluang usaha minuman “wedang kacang” di sini. Cocok kayaknya untuk Anda jadikan bisnis sampingan karyawan, he..he..

Wedang kacang ini lumayan unik. Aroma hangat jahe yang kental tampil dalam warna putih dengan dipenuhi taburan kacang tanah. Rasanya mirip-mirip dengan wedang ronde. Tapi kalau masalah “casing”, cukup bikin penasaran. Pas banget kalau Anda terapkan strategi konten dan konteks ala Hermawan, ha..ha..ha..

Kalau di Solo, wedang kacang adalah minuman rakyat. Kalau di Jogja yang sebelas duabelas dengan wedang ronde. Jadi ada di tiap sudut kota. Pokoknya khas banget deh… Cuman, minuman lazis ini hanya bisa Anda nikmati di Solo. Jadi Anda harus pergi bolak balik dari kota Anda ke Solo kalau sedang “nyidam” hangatnya wedang kacang.

Lha ini dia, hal yang membuat saya tertarik untuk membahas di DokterBisnis [.] Net. “Kok bisa menarik dok?” Jelas bos… Artinya kan wedang kacang bisa Anda kembangkan menjadi peluang usaha minuman “sepi kompetitor” di kota Anda. Why not? Selama ini minuman hangat yang dijajakan di kota-kota besar rata-rata hanya sekoteng dan wedang ronde. Kenapa Anda tidak mencoba minuman hangat lain yang belum banyak persaingannya.

Walaupun yang namanya mengawali itu nggak mudah, tapi bukan berarti hil yang mustahal kan? Hanya saja, Anda harus melakukan banyak perubahan dalam pengelolaan peluang usaha minuman ini. Anda harus kemas peluang usaha minuman ini secara profesional dengan tampilan yang menarik. Perhatikanlah solusi inti, tangible dan intangible produk Anda.

Selain itu bisnis sampingan karyawan ini harus Anda dukung dengan konsep yang modern. So, lepaskan konsep tradisional pada wedang kacang agar Anda bisa membuka pasar yang lebih luas. Anda bisa saja menjalankan peluang usaha minuman ini di tempat-tempat yang terkesan “modern”, tidak hanya di pinggir jalan, seperti di pusat-pusat perbelanjaan.

Cukup dengan sebuah booth yang Anda dekorasi dan Anda desain sesuai dengan logo dan tema usaha yang Anda angkat, nilai wedang kacang Anda sudah berbeda. Masak yang ada di mall cuma booth juice dan minuman bubble yang dikemas dengan cup sealer saja? Kalau usaha minuman jahe merah saja bisa masuk mall, harusnya wedang kacang juga bisa donk…

Balik ke topik, ada banyak cara dan lokasi usaha yang bisa menjadi incaran Anda saat menjalankan bisnis sampingan karyawan ini. Yang jelas, tempatnya harus ramai. Anda harus pahami bawa minuman wedang kacang berbeda dengan minuman juice yang bisa konsumen nikmati sembari jalan-jalan.

Minuman ini memiliki “ampas” yang harus Anda ambil dengan sendok. Jadi, cari tempat yang ada tempat duduknya. Kalau di mall, tempat yang paling pas adalah lokasi food court. Contoh tempat lainnya adalah alun-alun kota atau kawasan kampus.

“Nah, kan sudah bicara soal lokasi nih. Terus berapa donk modal buka bisnis sampingan karyawan ini dok?” Untuk memulai peluang usaha minuman wedang kacang ini, silahkan Anda lihat proyeksi biaya dan untungnya di bawah ini. Ingat ya, ini hanya gambaran awal. Jadi Anda sebaiknya melakukan survei data sendiri di kota Anda.

Modal Awal Rincian Jumlah
  Kompor Rp. 200.000,00  
  Panci besar Rp. 90.000,00  
  Booth Bekas Rp. 600.000,00  
  Alat cup sealer Rp. 1.000.000,00  
  Pembaruan Booth Rp. 200.000,00  
  Storage penahan panas Rp. 900.000,00  
  Peralatan lain Rp. 100.000,00  
TOTAL   Rp. 3.090.000,00
       
Biaya Produksi 1 bln    
  Bahan baku Rp. 1.800.000,00  
  Gelas berlogo + tutup Rp. 260.000,00  
  Perlengkapan lain Rp. 80.000,00  
  Suplai Air & Listrik Rp. 50.000,00  
      Rp. 2.190.000,00
       
Hasil dalam satu bulan    
  20 gelas perhari x 30 hari xRp. 7.000,00 Rp. 4.200.000,00
       
Keuntungan   Rp. 2.010.000,00

 

Dari gambaran di atas, dengan modal sekitar 5 jutaan, Anda sudah bisa menghasilkan untung sekitar 2 jutaan. Jadi dengan menjalankan peluang usaha minuman wedang kacang ini, Anda sudah bisa balik modal dalam tempo 3 bulan saja. Saya pikir not bad lah buat Anda coba peluang bisnis dengan modal kecil ini, ya kan? Ada yang mau ditanyakan tentang bisnis sampingan karyawan yang satu ini?

(sumber gambar : cookingwithmamamiyuki.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *