Ini Dia 7 Jenis dan Gambar Mesin Bubut Lengkap dengan Penjelasannya


By on October 7, 2013
Ini Dia 7 Jenis dan Gambar Mesin Bubut Lengkap dengan Penjelasannya

Gambar Mesin Bubut – Kalau boleh saya bilang, mesin bubut ini adalah salah satu mesin primer dalam banyak industri dan manufaktur. Mau yang kecil sampai yang besar, semua membutuhkan mesin bubut. Saya aja butuh… tapi duit mepet jadi pake jasa jasa bubut aja dulu, he..he..he..

Mesin bubut ini beragam jenisnya. Dan banyak orang yang belum tahu ragam jenisnya plus gambar mesin bubut beserta karakteristiknya. Karena mesin bubut ini dibutuhkan orang banyak, Makanya saya akan coba share artikel mesin bubut dan gambar mesin bubut beserta jenisnya, walaupun pengetahuan saya sebenarnya terbatas.

Perlu Anda ketahui, mesin bubut termasuk mesin klasik. Konon mesin bubut ini sudah ada sejak masa industri Eropa di awal tahun 1900-an. Mesin bubut adalah mesin dengan bentuk lain dari mesin pemotong. Hanya saja hasil potongannya berupa penampang silindris.

Sistem kerjanya selintas mirip dengan bor karena bekerja dengan cara memutar pada porosnya, dengan mata pahat yang bekerja pada sisi luar poros memotong material. Karena menggunakan pahat, maka degan menggunakan mesin bubut ini, Anda akan bisa membentuk alur pada sisi permukaan silindris. Cara kerja ini memiliki istilah secara scientific… gerak potong relatif untuk model pemotongan memutar dengan poros dan gerak umpan untuk sistem kerja pahat.

Pahat di sini bisa Anda set dengan cara menentukan target pembuatan ulir sehingga nantinya akan terbentuk pola ulir khusus pada sisi samping silindris. Pemasangan target ini yang seolah menjadi umpan yang menjadi awal penamaan gerak umpan. Secara sederhananya, inilah yang kemudian bisa Anda lihat pada bentuk mur dan baut, ukiran kayu yang melingkar ke dalam, gelang dengan ukiran dan masih banyak lagi.

Produk hasil pemotongan mesin bubut ini bahkan juga menjadi komponen dalam banyak industri berat macam galangan kapal, otomotif, pesawat, kereta api hingga pabrikasi mesin industri. Di pasaran ada sangat banyak mesin bubut dengn beragam jenis cara kerja. Anda bisa lihat gambar mesin bubut beserta jenis dan penjelasan singkatnya di bawah ini :

  1. Mesin Bubut Centre Lathe
    Jenis ini merupakan jenis yang paling sering digunakan, menggunakan  poros spindle yang memiliki chuck berahang pada satu sisinya sebagai alat cengkram material. Rahang ini menjadi pusat sumbu dan sisinya yang lain menjadi sebagi pemutar.
  2. Mesin Bubut Sabuk
    Bagian poros spindle bekerja dengan terkait pada sebuah sabuk. Putaran dari poros menjadi penggerak putaran sabuk yang melingkari roda gigi. Roda gigi inilah yang menjadi kunci pembuatan ulir dan pemotongan material. Pada ujung rangkaian roda gigi terdapat eretan berpahat yang bergerak memutar konstan dengan sifat translasi untuk membentuk ulir.
  3. Mesin Bubut Vertical Turning atau Boring Milling
    Mesin ini bekerja dengan cara otomatis. Poros akan mengeset sendiri cengkramannya pada material dan dengan cukup seorang operator yang menentukan bentuk akhir dari hasil potongan, maka mesin bubut ini akan bekerja dengan sendirinya sesuai dengan setting tadi.
  4. Mesin Bubut Facing Lathe
    Mesin ini termasuk kategori mesin bubut khusus yang menggarap material berbentuk piringan. Cakram atas piringan berada pada sisi dasar yang berupa plat besar,kemudian proses pembubutan bekerja pada kedua sisi piringan.
  5. Mesin Bubut Turret
    Mesin bubut ini sangat khas, karena memang memiliki kemampuan bekerja secara identik. Mesin ini membantu sekali pada industri massal sehingga Anda tidak perlu merekruit tenaga ahli hanya untuk menjadi operator mesin. Tingkat kesulitan hanya pada saat pengesetan perintah operasi, karena setelah itu pekerjaan identik bisa terus mesin ini jalankan dengan urutan kerja  dan hasil serupa.
  6. Mesin Bubut Turret Sadel
    Sebenarnya sistem kerjanya sama, karena fokus dari sistem turret adalah kemampuan bekerja secara identik. Hanya saja di sini proses kerja mesin menggunakan keberadaan sadel untuk  untuk melakukan pengaturan dan pengoperasian
  7. Mesin Bubut Turret Vertical
    Mesin ini memiliki kemiripan dengan mesin freis pengebor vertikal hanya saja dengan sistem turret. Dengan keberadaan meja putar bercengkram dan turret yang terpasang di atas rel yang menyilang pada meja putar. Pada turret terdapat kepala samping yang menjadi pengontrol pahat dengan sistem yang sudah diset sehingga terjadi pengulangan proses secara identik pada saat Anda operasikan.

Nah, untuk gambar mesin bubut atau foto mesin bubut, Anda bisa lihat di bawah ini :

Itu tadi informasi seputar mesin bubut dan gambar mesin bubut berdasar ragam jenisnya. Semoga bermanfaat…

(sumber gambar : teknik-manufaktur.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

6 Comments

  1. Edy Cahyono

    March 12, 2014 at 08:37

    berapa harga mesin bubut universal

  2. faisalannur

    April 20, 2014 at 21:29

    Saya mau ngoreksi untuk bubut Turret, mesin bubut turret bukan mesin bubut otomatis, mesin bubut otomatis tidak memerlukan operatur adalah mesin CNC bubut.

    • Om Nip-Nip

      April 21, 2014 at 09:11

      @Faisal : Thanks buat masukannya mas faisal

  3. ekoriwayadi

    September 3, 2014 at 11:05

    Pak saya sedang cari mesin bubut vertikal diameter meja 5 meter,mohon info…terima kasih.

    • Om Nip-Nip

      September 4, 2014 at 08:07

      @Ekowayadi: Nanti coba saya soundingkan. Kalau sudah ada info, saya kabari pak. Trims

  4. dendi

    March 4, 2016 at 21:36

    mas d mana y bisa mendapatkan training mesin bubut dan kita bisa beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *