5 Peralatan Penting yang Harus Anda Siapkan Saat Membuka Bisnis Minuman Ringan


By on October 10, 2013
5 Peralatan Penting yang Harus Anda Siapkan Saat Membuka Bisnis Minuman Ringan

Setelah mem-posting banyak sekali artikel tentang bisnis minuman ringan, sekarang saya mau bahas mengenai peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu Anda siapkan dalam memulai bisnis minuman ringan. Apa saja sih peralatan yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis minuman ringan? Ini dia…

  1. Booth
    Booth adalah salah satu elemen penting dalam pemasaran bisnis minuman ringan Anda. Jadi jangan anggap booth hanya sekedar tempat Anda menjajakan minuman ringan saja. Booth juga bisa memanggil konsumen. Booth harus Anda kreasikan sedemikian rupa sehingga membuat konsumen tertarik. Tidak harus mahal. Booth sederhana dengan deretan gantungan minuman sachet saja juga bisa memanggil konsumen untuk datang. Tetapi bila Anda menginginkan penjualan yang lebih optimal dengan margin lebih besar, Anda juga perlu booth yang lebih baik. Berikan perhatian khusus pada desain, warna, logo dan merek pada booth yang akan Anda gunakan. Pastikan booth Anda eye catchy untuk menarik konsumen datang. Selain itu, pastikan booth Anda mudah dikenali karena akan memudahkan konsumen untuk “mengidentifikasi” booth Anda. Booth berkonsep tidak mesti butuh budget yang besar. Anda masih bisa kok membuat booth keren dengan biaya terbatas, asal Anda mau sedikit berusaha. Misalkan dengan membeli booth bekas dan melakukan re-desain, pewarnaan dan pemasangan logo. Setidaknya Anda bisa berhemat 40 % dengan cara ini. Lumayan kan? Btw, kalau jagoannya bikin booth eye catching itu mas Eko Tela-tela. Anda bisa tanya ke beliau bagaimana cara membuat booth yang menarik.
  2. Storage Pendingin
    Di usaha bisnis minuman ringan khususnya usaha minuman es ini,
    Anda bisa menggunakan kulkas kecil sebagai storage pendingin atau setidaknya menggunakan ice box untuk fungsi penyimpanan es batu yang lebih murah dan hemat listrik. Tapi dengan menyimpan stok buah atau minuman ringan dalam kulkas bisa memberi Anda masa simpan yang lebih lama daripada bila Anda tata pada rak kaca biasa. Hanya saja, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 900 ribu – Rp 1.2 juta plus biaya listrik bulanan. Bila bisnis minuman ringan Anda melibatkan es krim, maka Anda perlu menyediakan storage pendingin khusus es krim atau mesin pembuat dan penyimpanan soft es krim. Alat ini tergolong agak mahal, harganya sekitar 25 – 30 jutaan.
  3. Storage Pemanas
    Kadang Anda juga membutuhkan storage pemanas. Bisnis minuman ringan tidak hanya terfokus pada minuman dingin saja. Minuman panasa dan hangat juga banyak di cari orang. Nah, storage di sini berfungsi sebagai penyimpanan minuman yang harus tersaji dalam keadaan hangat atau panas, seperti kopi, teh, minuman cokelat, wedang kacang dan yang semisalnya. Anda bisa menggunakan termos besar atau menggunakan dispenser hot drink yang menggunakan storage semi kaca sehingga konsumen bisa melihat dengan jelas produk minuman ringan Anda. Harga dispenser hot drink ini sekitar Rp 1 juta- 2 jutaan.
  4. Mesin Blender
    Bila Anda menjual usaha minuman juice atau Anda menjual minuman yang perlu Anda ramu, maka mesin blender berkualitas adalah mesin yang “Wajib” untuk Anda miliki. Mesin blender yang berkualitas akan tahan jika Anda operasikan dalam tempo yang lama. Pilihlah mesin blender dengan harga di atas Rp 600 ribu dengan kapasitas yang cukup besar untuk efisiensi waktu dan tenaga Anda.
  5. Mesin Cup Sealer
    Salah satu yang bentuk identitas dari bisnis minuman ringan adalah dengan memasang logo pada kemasan minuman. Membuat logo pada tutup berbahan plastik jauh lebih murah daripada memasang logo pada gelas. Anda bisa menggunakan mesin cup sealer untuk melekatkan tutup plastik berlogo ini pada gelas kemasan Anda. Selain itu, mesin cup sealer akan lebih efektif fungsinya sebagai penutup gelas plastik jika dibandingkan dengan penutup mika biasa. Peutup mika biasa mudah lepas dan merepotkan pembeli. Harganya juga tidak terlampau mahal. Anda hanya mengeluarkan dana setidaknya 900 ribuan lengkap dengan plastik polos atau bergambar.

Walaupun kalau di total ke-5 alat tersebut terkesan mahal, tapi sebenarnya investasi yang harus Anda keluarkan bisa membuat bisnis minuman ringan Anda jadi lengkap. Jarang ada orang yang bergerak di peluang usaha minuman ringan mempunyai “dagangan” yang lengkap.

Nah, dengan melengkapi “senjata perang” di atas, Anda akan mempunyai sebuah bisnis minuman ringan yang berbeda dengan usaha minuman ringan yang lain. Gimana nggak beda, mau jus, mau soft drink, mau coklat hangat ada semua di booth Anda. Pernah lihat bisnis minuman ringan yang seperti itu? Jarang kan? Anda berminat untuk mengawalinya?

(sumber gambar : sergiedanselby.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *