7 Tips Jitu Membuka Bisnis Minuman Jus


By on October 10, 2013
7 Tips Jitu Membuka Bisnis Minuman Jus

Saya pernah membahas usaha atau bisnis minuman jus di artikel-artikel sebelumnya. Bisnis minuman jus ini cukup populer jika dibandingkan dengan banyak jenis bisnis minuman lainnya seperti usaha minuman coklat misalnya. Saking populernya, usaha ini punya tingkat persaingan yang “ganas”.

Jadi kalau Anda berniat terjun dalam bisnis minuman jus, Anda perlu melakukan beberapa langkah khusus supaya Anda bisa mencuri pasar dan bertahan. So, saya akan share beberapa tips jitu jika Anda hendak membuka bisnis minuman jus. Dengan menjalankan tips-tips berikut ini, saya harapkan Anda bisa mengikuti arus persaingan dengan baik. Okay, nggak pake panjang-panjang, ini dia 7 tips jitu dalam membuka bisnis minuman jus…

  1. Inovasi dalam Rasa
    Pasti sudah banyak penjaja jus di pelosok kota Anda, iya kan? Anda harus hadir dengan diferensiasi. Itu adalah sesuatu yang mutlak. Diferensiasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan inovasi rasa. Ada sangat banyak ide segar dalam inovasi rasa, mulai dari ramuan jus aneka buah, jus smoothies, jus yoghurt dan masih banyak lagi. Tampil dengan inovasi rasa akan membuat Anda berbeda dan menjadi ciri dari produk Anda. Jadi “konten” Anda harus maksimal.
  2. Lokasi Strategis
    Klasik tapi efektif. Lokasi usaha adalah hal yang paling krusial saat Anda membuka bisni minuman jus. Karena lokasi usaha juga berarti tempat para konsumen potensial berkumpul. Jadi pilihlah lokasi dimana Anda bisa menemukan konsumen Anda dengan mudah. Meski usaha Anda hanya bisnis minuman jus biasa dengan aneka buah, Anda tetap bisa memikat konsumen bila Anda memilih lokasi dengan tepat. Contohnyan kampus, GOR, tempat rekreasi, taman kota, pinggir jalan ramai, mall, pertokoan, terminal, kawasan kos-kosan sampai kawasan padat penduduk.
  3. Bahan Baku Berkualitas
    Siapa yang mau beli jus Anda bila buah di etalase Anda tidak segar dan mulai membusuk? Lakukan survey demi menemukan buah terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang masuk akal. Bila perlu, siapkan kulkas kecil untuk menjaga buah tetap segar lebih lama. Cuci buah dengan air bersih upaya buah tampil bersih dihadapan konsumen, karena buah yang tampak kotor tentu saja bikin konsumen ilfeel. Ini termasuk bagian dari “konteks” alias cara menjual.
  4. Buah Lengkap
    Kadang saya kecewa ketika mencari jus buah dan ternyata buah “incaran” saya tidak tersedia. Jadi selalu upayakan menyediakan buah yang lengkap. Lalu setiap hari, tulis dan pasang daftar jus buah yang bisa Anda sajikan di hari tersebut besar-besar supaya konsumen bisa membaca dengan jelas.
  5. Mesin Blender Berkualitas
    Alat kunci dalam bisnis minuman jus adalah mesin blender. Jangan pakai mesin blender sembarangan. Pilihlah yang memiliki kemampuan mesin dengan putaran cepat, daya tahan kerja lebih lama dan tentu saja kapasitas yang lebih banyak. Dengan kecepatan mesin blender yang lebih tinggi akan membuat campuran susu dan buah atau yoghurt dan buah lebih smoothies serta bisa menghancurkan es batu hingga menjadi serbuk. Selain itu, mesin blender untuk bisnis minuman jus juga akan bekerja lebih lama, bahkan nonstop. Dan kalau bisa, beli lebih dari satu agar Anda bisa lebih cepat dalam melayani.
  6. Kebersihan
    Booth yang bersih merupakan hal penting untuk bisnis minuman jus, termasuk semua peralatan mulai dari mesin blender, pisau, sendok hingga air yang Anda gunakan. Pilihlah air mineral bermerek untuk meyakinkan pembeli akan kualitas air Anda. Siapkan tong sampah tapi jangan sampai menyebarkan bau tidak sedap di booth Anda. Siapkan juga air bersih yang mengalir agar bisa membersihkan semua peralatan Anda dengan sempurna. Semua ini termasuk tangible usaha Anda.
  7. Gelas dan Tutup Bermerek
    Terakhir, siapkan merek dan logo khusus sebagai identitas bisnis jus buah segar Anda. Karena identitas inilah yang menjadi pembeda Anda dengan usaha jus lain setelah “konten” Anda terbentuk. Pasang logo dan merek Anda ini pada booth, media promosi dan kemasan produk Anda. Untuk efisiensi, pasang logo pada tutup plastik. Cara ini lebih murah ketimbang membuat logo pada gelas mika. Anda cukup membeli mesin cup sealer untuk merekatkan gelas dengan plastik yang sudah berlogo. Cara ini juga jauh lebih aman dan anti tumpah ketimbang Anda menggunakan tutup mika yang rentan lepas dan robek. Gelas berlogo ini akan menjadi promosi berjalan untuk Anda ketika pembeli Anda membawa gelas jus Anda berkeliling.

Itu tadi beberapa tips mengenai bisnis es jus buah yang bisa saya share buat Anda. Mungkin bagi Anda yang sudah lebih berpengalaman dengan bisnis minuman jus, sudikah kiranya Anda berbagi tips yang bermanfaat di sini. Terima kasih…

(sumber gambar : blog.kliktoday.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

5 Comments

  1. dedy

    July 9, 2014 at 14:08

    trimak atas demuanya

  2. umar liname

    February 4, 2015 at 12:13

    bagi info dong cara buka usaha aneka jenis minuman jus….

    • Om Nip-Nip

      February 17, 2015 at 19:11

      @Umar Liname : sudah ada pak, dicari aja di arsip lengkap tentang usaha jus

  3. Siti

    June 19, 2015 at 17:35

    izin copy infonya ya.. makasih 🙂

  4. Toko Online

    June 26, 2015 at 19:44

    Hehehhe klo itu udah wajib deh 😀

    Tp thanks buat tipsnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *