Bisnis Minuman Segar : Pakai Cup Sealer atau Tutup Mika?


By on October 19, 2013

Saat membuka bisnis minuman segar, Anda pasti harus berhadapan dengan banyak keputusan. Mulai dari keputusan sederhana hingga keputusan yang rumit. Meski demikian, jangan pernah menyepelekan keputusan-keputusan yang terkesan sederhana dan kecil. Kadang keputusan ini bisa berimbas cukup besar. Seperti keputusan memilih cup sealer atau tutup mika.

Kelihatannya sederhana kan? Kesannya nggak penting banget gitu loh, cuman memutuskan antara memakai cup sealer atau memakai tutup mika. Masalah tutup saja kok dibkin ribet… Iya? Padahal pasal tutup kemasan sangat berpengaruh pada perkembangan usaha Anda, bahkan bisa mempengaruhi penjualan.

Eh bentar… Anda sudah tahu mesin cup sealer kan? Mesin cup sealer adalah mesin press gelas plastik yang akan membuat tutup kemasan cup Anda tersegel dengan cantik menggunakan plastik atau lid khusus.

Jadi mesin cup sealer ini akan membuat plastik atau lid tersebut melekat pada cup cukup kuat, sehingga tidak bisa Anda buka tutup. Dan plastik sealer atau lid sealer ini menggunakan jenis plastik yang kuat tapi cukup tipis sehingga bisa “ditembus” sedotan. Contoh gambarnya seperti ini :

Kemasan Cup Sealer Cantik : Brand dan Kenyamanan

Kemasan Cup Sealer Cantik : Brand dan Kenyamanan

Berbeda dengan sistem tutup kemasan cup yang menggunakan mika, tutup mika ini bentuknya seperti tutup gelas konvensional yang terbuat dari bahan mika plastik. Tutup mika lebih tebal dan bisa Anda buka tutup. Tetapi karena tidak melekat, maka terkadang tutup mika ini bisa lepas dan membuat seluruh isi cup tumpah berantakan.

“Lalu apa hubungannya penggunaan tutup kemasan cup ini dengan penjualan usaha minuman segar saya dok?” Begini, dalam usaha minuman segar, kemasan selalu memiliki dua tujuan.

  1. Sebagai Media atau Wadah dari Produk Anda
    Tujuannya supaya konsumen Anda merasa nyaman dalam menikmati produk minuman Anda.
  2. Sebagai Media Promosi
    Dengan menyertakan logo dan merek dari usaha minuman segar Anda, konsumen akan selalu “diingatkan” secara terus menerus dengan merek Anda.

Jadi, mesin cup sealer ini akan membantu Anda “menunjukkan jati diri” sekaligus membuat nyaman para konsumen dari usaha minuman segar Anda. Karena usaha minuman segar dengan kemasan cup identik dengan minuman take away, artinya konsumen Anda akan meminumnya saat di jalan. Benar kan?

Ini sebabnya kenyamanan konsumen dan brand usaha Anda dalam menikmati minuman perlu mendapat perhatian khusus. Kemasan yang mudah rusak, mudah lepas atau mudah tumpah tentu tidak akan memberikan kenyamanan.

Dan pada sisi yang lain, saat konsumen meminum produk Anda hingga habis, maka selama itulah mereka mengenggam kemasan cup ini dan terbuka peluang orang lain untuk melihatnya. Kesempatan inilah yang Anda gunakan dengan memasang logo atau merek produk Anda sebagai media promosi.

Nah, kedua poin tadi berkaitan erat dengan keputusan Anda untuk menentukan apakah akan menggunakan cup sealer atau menggunakan tutup mika. Tutup mika konvensional memiliki keleluasaan untuk dibuka dan ditutup. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah apakah minuman segar yang Anda jajakan memerlukan sistem buka tutup kemasan?

Bila tidak, maka menggunakan cup yang “ber-sealer” bisa lebih efektif. Well, akan saya sebutkan beberapa alasan lain mengapa menggunakan mesin cup sealer bisa lebih efektif untuk usaha minuman segar Anda daripada menggunakan tutup mika konvensional.

  1. Lebih Aman
    Karena plastik gelas tersebut harus Anda lekatkan dengan panas melalui mesin cup sealer, maka tutup cup sealer bersifat permanen dan tidak bisa lepas. Ini membuat kemasan lebih aman, tidak mudah tumpah dan lebih awet. Beberapa minuman jus bisa berubah warna karena udara. Dengan kemasan yang tertutup permanen, maka kemasan bisa relatif kedap udara dan bisa membuat minuman tersebut lebih awet.
  2. Lebih Murah
    Harga selembar plastik cup sealer dengan satu buah tutup cup mika jauh lebih murah. Meski Anda masih harus membeli mesin cup sealer sebagai pelengkap usaha minuman segar Anda, total biaya pengemasan bisa Anda tekan, karena mesin cup sealer ini bisa Anda gunakan berkali-kali dan bisa bekerja dalam waktu tahunan.
  3. Lebih Optimal Berpromosi
    Anda jelas tidak bisa memasang logo atau merek pada tutup cup mika kan? Anda hanya bisa memasang logo pada plastik kemasan cup sealer karena bentuknya datar. Tutup plastik ini bisa menjadi identifikasi dari usaha minuman segar Anda selain pemasangan logo pada cup atau gelas. Sudah jadi rahasia umum jika desain kemasan yang unik dan menarik bisa “memikat hati” para konsumen.
  4. Lebih Leluasa
    Penggunaan mesin cup sealer pada usaha minuman segar tidak sempit hanya pada usaha minuman take away dengan booth yang cantik. Anda bisa menjual minuman kemasan seperti sari apel, jus buah kemasan atau usaha minuman segar olahan lain yang bisa Anda jual secara ecer maupun grosir. Pengemasan dengan cup sealer menjamin minuman Anda utuh, higienis dan awet meski harus “menempuh” perjalanan jauh.

Dari penjelasan saya tadi, rasanya memang penggunaan mesin cup sealer jauh lebih efektif jika Anda bandingkan dengan tutup mika? Jadi mau tidak mau mesin cup sealer harus Anda punyai sebagai peralatan wajib usaha minuman saat Anda membuka bisnis minuman segar. Tapi itu opini saya lho. Kalau opini Anda bagaimana?

(sumber gambar : ramesiamesin.com, kaskus.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *