Mesin Giling Kedelai : Nggak Dibeli? Rugi Abiisss !!


By on October 20, 2013
Mesin Giling Kedelai : Nggak Dibeli? Rugi Abiisss !!

Mesin giling kedelai adalah perkakas kunci di industri makanan olahan berbahan kedelai. And every body knows bahwa kedelai sudah lama menjadi produk pertanian penting di Indonesia. Anda bisa lihat tempe dan tahu sudah seperti makanan nasional, eksis tersebar ke seluruh pelosok negeri.

Sebenarnya produk dari kedelai tidak hanya tempe dan tahu. Dari kedelai Anda bisa membuat sari atau susu kedelai, tahu sutra dengan kualitas kehalusan tahu di atas tahu biasa, tauco dan masih banyak lagi. Banyak kan turunan produknya?

Dalam pengolahannya, kedelai melalui beragam proses sesuai dengan jenis produk yang akan dihasilkan. Untuk produk olahan berupa tempe dan tauco, biasanya kacang kedelai hanya melalui proses pencacahan untuk mendapatkan ukuran kedelai dalam potongan kecil. Potongan yang kecil ini akan membantu proses fermentasi lebih baik.

Ini berbeda bila produk yang ingin Anda hasilkan adalah tahu dengan beragam jenis standar kehalusan produknya atau susu kedelai. Untuk kedua produk di atas, Anda harus menghaluskan kedelai menjadi semacam jus untuk kemudian Anda proses lebih lanjut.

Untuk pemrosesan kedelai menjadi jus mentah inilah Anda perlu menggunakan mesin giling kedelai. Mesin ini mampu bekerja dengan sangat sangat efektif untuk menghasilkan “jus kedelai mentah” dengan kecepatan tinggi.

Dulunya, para pelaku usaha menggunakan alat giling kedelai manual untuk menghasilkan bahan jus kedelai mentah tadi. Tapi cara ini tidak lagi efektif karena prosesnya yang sangat lama. Belum lagi hasilnya yang tidak lagi berimbang dengan kebutuhan produksi yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Maka dari itu, mesin giling kedelai ini bisa menjadi jawaban bagi banyak orang, termasuk Anda. Hanya dengan elektrik motor berkekuatan sekitar 1 – 6 PK saja Anda sudah bisa menggiling kedelai hingga 200 kg / jam.

Bandingkan jika Anda memakai mesin giling kedelai manual. Bisa gempor tuh tangan garap kedelai 200 kg / jam, wkwkwkkwkwkw… Selain itu, Anda juga bisa mengfungsikan mesin ini sebagai mesin pembuat susu kedelai otomatis. Mantab kan?

Perlu Anda ketahui, mesin giling kedelai pisah ampas ini akan menggiling kedelai dengan tingkat kehalusan sedang. Jadi bila Anda membutuhkan jus kedelai halus untuk bahan baku tahu sutra, Anda bisa menggiling ulang kedelai tersebut 2 – 3 kali. Hampir mirip dengan mesin giling ikan. Tapi berita baiknya, dari hasil gilingan ini Anda juga bisa mendapatkan ampas yang sengaja dipisahkan dari jusnya.

Well, sebelum generasi mesin giling kedelai sekarang ini, dahulu sudah ada teknologi giling kedelai di pasaran. Tapi fungsinya hampir sama dengan mesin blender yang hanya sekedar menghancurkan dan membuat jus kental. Jadi Anda masih harus melakukan proses penyaringan, yaitu memisahkan jus dengan ampas kedelai.

Sekedar informasi, ampas kedelai ini bisa Anda gunakan sebagai pakan ternak, lulur hingga beragam camilan. Di beberapa daerah, ampas kedelai ini terkenal sebagai bahan baku rengginang dan kue ampas kedelai. Hebatnya, meskipun sudah Anda serap sarinya melalui proses penggilingan tadi, ampas tersebut tetap mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat baik untuk manusia juga untuk hewan ternak.

Makanya, dengan adanya proses pemisahan jus kedelai mentah dengan ampasnya, maka Anda sebagai produsen tahu tidak lagi melakukan proses penyaringan karena jus tahu sudah bebas dari ampas dan bersih.  Cukup efisien kan? Anda juga bisa membuat diferensiasi produk yang cukup banyak. Anda bisa membuat tahu, susu kedelai, tahu sutra, kue kedelai dan tentu saja pakan ternak. Lumayan bro…

“Tapi dok, kalau bisa demikian hebatnya nih mesin, jelas harganya pasti mahal kan?” Ah… nggak juga gan. Ini saya kasih spesifikasi beberapa produk dan harganya di pasaran supaya bisa jadi gambaran Anda. Dan yang saya bahas adalah mesin giling kedelai tipe CM beserta harga mesin giling kedelai. Eniwei, Mesin kedelai ini produk China dan yang paling mutakhir di kelasnya.

  1. Mesin giling kedelai CM-100
    Dimensi                : 57 x 41 x 80 cm

    Listrik                  : 750 watt (200 volt
    Kapasitas             : 35 kg /jam
    Harga                  : Rp 4.250.000
  2. Mesin giling kedelai CM-125
    Dimensi                : 63 x 46 x 89 cm

    Listrik                  : 1100 watt (200 volt
    Kapasitas             : 80 kg /jam
    Harga                  : Rp 6.600.000
  3. Mesin giling kedelai CM-150
    Dimensi                : 67 x 51 x 97 cm

    Listrik                  : 2200 watt (200 volt
    Kapasitas             : 150 kg /jam
    Harga                  : Rp 7.700.000
  4. Mesin giling kedelai CM-180
    Dimensi                : 79 x 56 x 103 cm

    Listrik                  : 3000 watt (200 volt
    Kapasitas             : 200 kg /jam
    Harga                  : Rp 9.500.000

Biar enak mbayanginnya, Anda lihat video di bawah ini dulu. Mesin giling kedelai itu kira-kira seperti ini lah…

Itu tadi ulasan saya tentang mesin giling kedelai berteknologi pisah ampas yang paling mutakhir. Bagaimana, cocok dengan ide usaha pengolahan kedelai Anda bukan?

(sumber gambar : tonyasmara2012.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

11 Comments

  1. hentri

    June 5, 2015 at 22:40

    kalao mau beli mesen pisah ampas hubungi siapa

  2. hentri frescon

    June 5, 2015 at 23:10

    cara dapatkan mesen pisah ampas hubungi siapa

  3. Nur Eni

    September 1, 2015 at 11:55

    Mesin sy g mau berfungsi,bgaimn crx biar bs berfungsi lg?pdhal udh isi bensin,ganti oli n businya.tlg infox scptx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *