Mesin Pencacah Rumput, Solusi Masalah Peternakan Anda


By on October 20, 2013
Mesin Pencacah Rumput, Solusi Masalah Peternakan Anda

Punya peternakan sapi atau peternakan kambing? Atau punya usaha penyedia pakan ternak? Kalau punya, Anda harus beli mesin pencacah rumput. Di dunia persilatan masalah peternakan, mesin pencacah rumput ini sangat besar fungsinya. Biar lebih jelasnya, Anda simak ulasan saya tentang fungsi mesin pencacah rumput ini, okay? Sip…

Begini, sudah jadi rahasia umum kalau salah satu hal yang paling penting dalam operasional usaha peternakan adalah suplai pakan yang cukup. Nah, kalau hewan ternaknya adalah sapi atau kambing, berarti Anda harus punya suplai rumput yang cukup, benar kan? Oleh karena itu, keberadaan mesin pencacah rumput menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda mengatasi masalah peternakan bab pakan.

Dan Anda pasti sudah tahu bahwa kedua jenis hewan ternak di butuh suplai pakan berupa rumput gajah, daun tebu dan daun jagung. Banyak riset membuktikan bahwa semua jenis pakan tadi memiliki manfaat yang besar bagi ternak. Kandungan nutrisinya sangat baik cuy…

Sementara itu, para ahli peternakan juga meyakini bahwa pencampuran pakan buatan dengan pakan alami ini jauh lebih baik ketimbang bila ternak hanya mendapatkan suplai pakan non alami.

Cuma yang menjadi masalah adalah ketiga jenis pakan tadi itu bentuknya besar-besar. So bagi Anda yang punya ternak ukuran yang gede, pasti akan kerepotan. Masalahnya simpel… pakan tersebut sering berantakan dan tersisa di wadah pakan ternak. Pemborosan kan? Bisa-bisa membuat manajemen usaha Anda jadi buruk.

Maka dengan kehadiran mesin pencacah rumput gajah, Anda bisa “menyulap” rumput yang besar-besar tadi menjadi cacahan kecil-kecil yang akan memudahkan ternak untuk memakan semua pakannya. Cara ini jelas lebih efisien. Ternak mendapatkan seluruh porsi makannya tanpa sisa, peternak juga tidak perlu membuang sisa makanan. Apalagi tidak jarang peternak yang memenuhi kebutuhan pakan ternaknya dengan membeli.

Itu bagi Anda yang sedang bergelut dengan dunia peternakan. Bagi Anda ingin terjun pada bisnis pakan ternak sapi dan kambing sama saja. Biasanya Anda akan menanam rumput gajah pada lahan Anda secara tumpang sari. Bila Anda menjual hasil panen rumput gajah Anda secara utuh, harganya tidak begitu bagus.

Tapi begitu Anda jual dalam bentuk cacahan, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2 kali lipat. Ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mesin pemotong rumput gajah. Itulah kenapa saya merekomendasikan mesin pencacah rumput kepada Anda.

Kenapa saya rekomendasikan mesin pencacah rumput ini? Sederhana saja, keberadaan mesin ini menguntungkan banyak pihak. Pertama, peternak mendapat keuntungan dengan ternak yang bisa makan dengan cukup sehingga hewan ternak mereka lebih gemuk. Kedua, peternak juga diuntungkan dengan tidak lagi membuang-buang sisa pakan yang sudah mereka kumpulkan atau mereka beli.

Dan bagi mereka yang bergerak di usaha penyedia pakan ternak, mesin pencacah rumput ini juga bisa menjadi potensi bisnis dengan meningkatkan nilai pakan alami mereka menjadi “pakan siap saji”. Nah, melihat manfaatnya yang besar untuk perkembangan usaha peternakan. Jadi penasaran kan bagaimana sih cara kerja mesin ini? Okay, saya terangkan sekilas…

Sebenarnya mesin ini bekerja dengan prinsip yang sangat sederhana. Mesin ini memiliki ruang giling dengan pisau berputar dengan poros pada sisi dalamnya. Rangkaian pisau tajam berbahan stainless steel yang bekerja secara berangkaian inilah yang mencacah rumput hingga menjadi potongan kecil. Eniwei, bahan setainless steel ini membuat mesin jadi lebih tahan lama dan tahan getah tanpa membentuk kerak.

Semakin padat pisau dalam ruang giling maka semakin kecil cacahan rumput yang akan mesin ini hasilkan. Begitu pula semakin cepat mesin ini bekerja maka hasil cacahan juga akan lebih halus. Cacahan rumput yang lebih halus akan semakin memudahkan sapi dan kambing dalam mencerna pakan mereka.

Efeknya, semakin mudah pula bagi peternak untuk mencampur rumput dengan konsentrat atau vitamin. Itu sebabnya cacahan rumput yang lebih halus jauh lebih mahal harga jualnya daripada rumput yang masih utuh.

Dari sisi ekonomis, mesin ini tergolong cukup efisien operasionalnya. Dengan hanya menggunakan mesin diesel kecil sekitar 7 – 12 PK saja, mesin ini sudah mampu beroperasi untuk mencacah rumput hingga maksimal 1000 kg / jam. Kapasitas produksi sebesar ini jelas sangat cocok untuk usaha pakan ternak.

Harganya, tidak terlalu mahal. Di pasaran, harga mesin pencacah rumput ini mulai dari 2,8 juta rupiah untuk kapasitas terkecil hingga kisaran Rp 7 jutaan untuk mesin pencacah rumput kapasitas 1 kw / jam. Mau lihat videonya? Klik tombol play di bawah ini :

Dengan harga yang murah plus biaya operasional yang kecil, saya rasa mesin pencacah rumput ini layak untuk Anda miliki. Lagian, alat pencacah rumput sederhana ini hanya terdiri dari 1 buah mesin saja, nggak seperti mesin tusuk gigi, butuh 6 biji, ha..ha..ha.. Bukan begitu sob?

(sumber gambar : alatpeternakansapiperah.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

5 Comments

  1. hilmawan

    February 27, 2014 at 13:17

    mohon untuk dilampirakan harganya mesin pencacah rumput

  2. rahmat

    December 4, 2014 at 12:01

    tolong kirimkan spek dan harganya mesin pencacah rumput. terimakasih

  3. nurkholis

    January 13, 2015 at 12:22

    berapa harganya mesin pencacah rumput itu? terus kalo mau beli dimana?

  4. teguh wiyono

    March 27, 2015 at 15:58

    Tolong sy perlu informasi tentang harga, jenis dan dimana lokasi terdekat sy bisa beli. sy domisili di sukoharjo, jawa tengah. Terimakasih

  5. adi

    August 25, 2015 at 11:31

    Mohon dibantu brp hrg & spesifikasinya spt apa, kalo mau pesen gimana caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *