Mesin Perontok Padi Modern Buatan Lokal : Harga Lebih Murah Kualitas Lebih Dahsyat


By on October 21, 2013
Mesin Perontok Padi Modern Buatan Lokal : Harga Lebih Murah Kualitas Lebih Dahsyat

Selama ini usaha pertanian di Indonesia selalu kental dengan usaha padat karya. Mulai dari masa tanam, pemeliharaan hingga panen harus merekrut banyak tenaga lepas untuk pengerjaannya. Kalau istilahnya pertainannya mempekerjakan banyak buruh tani.

Di satu sisi bagus karena bisa membuka lapangan kerja, tapi di sisi yang lain pemborosan karena harus membayar upah buruh yang cukup banyak. Tapi semua bisa berubah dengan adanya mesin perontok padi otomatis.

Mesin perontok padi otomatis ini adalah “persembahan khusus” dunia IPTEK bagi perkembangan industri pertanian. Dengan mesin perontok mesin otomatis ini Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dalam saat memanen hasil padi Anda. Alhasil, Anda juga bisa menghemat biaya produksi.

Daya kerja mesin perontok padi otomatis ini selama 2 jam setara dengan pekerjaan 6 orang buruh tani selama 7 jam. Kemudian selain pekerjaan yang cepat, mesin ini juga multifungsi karena mampu bekerja di tiga fungsi utama yang penting dalam usaha pertanian.

  1. Sebagai mesin pembajak sawah
    Mesin perontok padi memiliki gerigi panjang berporos pada sisi bawah yang akan bekerja memutar dan membalikan tanah garapan ketika Anda fungsikan pada saat berjalan. Ini sama fungsinya dengan mesin bajak konvensional.
  2. Sebagai mesin pemanen
    Mesin perontok padi memiliki pisau yang panjangnya sekitar 120 cm. Pemotong ini akan bergerak secara otomatis saat mesin Anda jalankan dan memotong padi di hadapannya. Mesin ini akan bekerja secara otomatis dengan kecepatan memotong padi hingga 50% lebih efisien dari pekerjaan manual. Dengan kata lain, Anda sudah mempunyai alat pemanen padi modern dari mesin yang satu ini.
  3. Sebagai mesin perontok padi
    Ini dia keunggulan utama dari mesin yang satu ini. Mesin perontok padi ini bisa bekerja ganda, yaitu memotong padi sekaligus merontokannya. Hasil bulir padi atau gabah basah ini langsung masuk dalam kantong yang sudah tersedia. Menariknya, hasil kerja dari alat perontok padi otomatis ini mampu menghasilkan tingkat kebersihan hingga 97%. Sedangkan proses perontokan manual hanya mampu mebersihkan hingga 87%.

Mantap kan alat dan mesin panen padi ini? So bila Anda tertarik untuk menjalankan usaha persawahan sementara Anda memiliki pengalaman yang terbatas dalam masalah efektifitas produksi pertanian, Anda bisa coba mesin perontok padi ini.

Eniwei, beberapa waktu yang lalu mesin ini masih diimpor dari industri Cina. Harga mesin pemotong padi import ini sangat mahal, sekitar 250 juta rupiah. Tapi kini Indonesia mulai mampu memproduksi mesin perontok padi otomatis. Dan harga mesin perontok padi lokal juga lebih terjangkau, sekitar Rp 50 jutaan. Jauh banget kan?

“Eh dok, kok jadi murah banget? Jangan-jangan sekali pakai jebol ntar.” Jangan khawatir, meski harga mesin perontok padi lokal ini lebih murah, soal kualitas dan daya kerja nggak kalah dengan produk impor. Bahkan beberapa konsumen mengaku lebih puas dengan alat pemanen padi lokal ini karena ternyata lebih awet dan tidak cepat panas.

Di tambah lagi proses pengiriman mesin perontok padi ini lebih cepat karena bukan barang import. Anda juga lebih mudah untuk mendapatkan layanan purna jual karena penjualnya bukan “sedang berada” di luar negeri. Termasuk jika Anda membutuhkan suku cadang… lebih gampang dapatnya !!

Tapi kalau uang senilai 50 juta rupiah tadi masih terlalu mahal dan ternyata Anda masih belum punya uang untuk membeli mesin perontok padi ini, Anda bisa baca artikel cari uang cepat ala TDW. Siapa tahu bisa menginspirasi.

Lalu darimana harga murah mesin perontok padi itu di dapat? Simpel… karena sebagian besar onderdil berasal dari lokal dengan proses assembling yang juga lokal. Artinya Anda tidak dikenakan biaya penjualan antar negara yang bisa meningkatkan harga hingga setidaknya 50%. Enak kan?

Well, sebagai pelaku usaha pertanian, Anda sangat saya sarankan untuk sesegera mungkin memiliki mesin perontok padi otomatis ini. Mengapa? Karena mesin perontok padi terbaru ini bisa memberikan Anda dua keuntungan, yakni :

  1. Membantu proses produksi lahan pertanian Anda dengan mengurangi secara signifikan jumlah tenaga kerja, jam kerja  dan tentu saja biaya produksi.
  2. Menjadi sumber penghasilan sampingan Anda dengan cara membuka persewaan mesin perontok padi otomatis ini di daerah Anda. Dijamin akan banyak pemilik lahan lain yang tertarik pada mesin perontok padi ini, tapi keberatan meluangkan dana Rp 50 an juta untuk membeli mesin tersebut, benar kan?

Nah, sebagai gambaran bagi Anda, saya cantumkan spesifikasi dari salah satu jenis mesin padi modern buatan lokal dengan merek Futata HH-5;

Spesifikasi Mesin Perontok Padi :

  • Mesin : diesel engine 12pk
  • Tangki : 6 liter
  • Bahan Bakar : 0.6 liter / jam
  • Transmisi : 3 kecepatan maju, 1 kecepatan mundur
  • Kapasitas : 5 – 7 jam / hektar

Dimensi Mesin Perontok Padi :

  • Panjang : 2880 mm
  • Lebar : 1440 mm
  • Tinggi : 1550 mm

Kalau visualnya, Anda bisa lihat video mesin perontok padi berikut ini :

Now, what u’r opinion? Joss Gandhoss kan mesin panen padi mini ini? Tertarik untuk mengembangkan usaha pertanian Anda dengan mesin perontok padi otomatis ini? Kalau ya, segera kurangi liabilitas Anda untuk membeli aset yang satu ini. C’ yaa…

(sumber gambar : mesinpemanenpadi.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

29 Comments

  1. dewi

    March 29, 2016 at 09:19

    Saya berminat dengan alat tersebut
    Bagaimana cara pemesanan nya..
    Kami dari lampung. Tulang bawang

  2. arum

    April 5, 2016 at 11:38

    dimana bisa beli mesin ini?

  3. H. saeful B

    April 30, 2016 at 21:49

    asslamu alaikum,
    sy sangat tertari sekali dengan mesin yg anda tawarkan, kebetulan di daerah sy kabupaten Bekasi tenaga kerja untuk di sawah sudah mulai berkurang oleh karena itu mohon kiranya bisa mengirimkan video mesin tersebut yg lagi di oprasikan di sawah
    tahanks
    H. saeful B

  4. ucok

    August 10, 2016 at 16:22

    Emil kan aja ya dmn bs dapatkan barang itu.tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *