“Clegukan” Adalah Kunci Sukses Anda di Bisnis Aneka Minuman


By on October 22, 2013
"Clegukan" Adalah Kunci Sukses Anda di Bisnis Aneka Minuman

Saya banyak mencantumkan link artikel diferensiasi produk di artikel-artikel saya yang telah lalu. Bukannya tanpa alasan gan, diferensiasi merupakan “komponen marketing” yang vital di bisnis Anda, apapun usaha Anda. Bisnis minuman misalnya. Padatnya persaingan memaksa Anda untuk tampil berbeda, benar kan? Dan apa kata lain “tampil berbeda”? Diferensiasi !!

Bila Anda pergi ke pusat perbelanjaan seperti mall atau yang semisalnya, coba perhatikan lebih teliti ada berapa booth minuman di kawasan tersebut. Lalu coba Anda “inventarisir” apa saja jenisnya. Pasti beragam, benar tidak? Ini baru kawasan pusat perbelanjaan, belum yang lainnya.

Dan “tumpukan” penjaja minuman di sebuah lokasi yang ramai adalah hal yang lumrah. Secara teori, tindakan membuka bisnis aneka minuman di tempat ramai adalah sebuah tindakan yang sangat dibenarkan. Lagian mana ada bisnis aneka minuman yang laku kalau Anda bukanya di tempat yang sepi pengunjung, iya kan?

Tapi masalahnya, secara naluri semua orang ingin buka peluang bisnis minuman di tempat yang ramai, meskipun orang tersebut sangat awam dengan strategi marketing. Lalu bagaimana caranya agar konsumen mau menghampiri outlet bisnis aneka minuman Anda di tengah banyaknya booth bisnis aneka minuman yang ada?

Pertama, saya coba ajak Anda untuk berandai-andai… Bayangkan Anda sedang berada di salah satu pusat perbelanjaan di kota Anda. Mendadak Anda merasa haus dan Anda bermaksud membeli sebuah minuman. Apa yang akan Anda cari? Apakah Anda mencari minuman secara spesifik dengan jenis tertentu atau sekedar salah satu minuman yang ada di pusat perbelanjaan tersebut yang akan mebuat rasa dahaga Anda terobati?

Jawaban Anda pasti yang kedua kan? Anda mencari minuman tanpa spesifikasi khusus… hanya minuman yang cocok untuk mengobati haus. Dan jika Anda dihadapkan dengan banyak pilihan yang bisa Anda ambil seperti minuman jus, teh, soda, kopi, punch, susu dan sebagainya, mana yang Anda pilih? Bingung atau cari yang terdekat? Pasti cari yang terdekat.

Dan ternyata sebagian besar orang “yang kehausan” mencari minuman bukan berdasarkan jenis minumannya, melainkan berdasarkan kepada mana yang paling mudah untuk mereka dapatkan. Artinya Anda bisa saja memilih secara random salah satu dari sekian jenis minuman yang dijajakan. Bisa teh, jus, minuman cokelat dingin atau soda.

Nah ini dia permasalahan utamanya. Jika Anda membuka bisnis minuman ringan di lokasi yang ramai, berarti Anda harus siap untuk tidak hanya bersaing dengan penjaja minuman sejenis. Tapi Anda bersaing dengan SELURUH penjaja minuman yang ada !! Konsumen sering kali membeli secara acak aneka minuman yang ada. Dan seringnya, bahan pertimbangan dominan hanyalah posisi booth lebih dekat dari mereka !!

Lalu bagaimana jika booth Anda tidak dekat dengan mereka? Anda nggak mungkin kan nenteng-nenteng minuman Anda kemana-mana? Well, caranya adalah mencuri perhatian mereka !! Karena selain faktor lokasi, bahan pertimbangan lain yang dominan adalah rasa PENASARAN konsumen.

Jadi produk Anda harus unik dan berbeda dengan yang lainnya. Sukur-sukur belum pernah ada sebelumnya. Apalagi jika ditambah dengan packing yang sempurna macam cup sealer. Cara ini biasanya selalu berhasil membangun rasa penasaran konsumen. Dan rasa penasaran ini akan berhasil memancing konsumen untuk datang dan membeli. Benar?

Setelah Anda punya produk yang berbeda dengan yang ada di pasaran, Anda harus membuat booth Anda juga berbeda dengan rata-rata booth yang ada. Anda desain sedemikian rupa sehingga booth bisnis minuman segar Anda tampak “terang benderang” di mata konsumen. Jadi begitu mata memandang, booth Anda yang terlihat berkilauan gegap gempita, okay?

Kemudian pasang standing banner dengan headline yang fantastis plus gambar minuman yang terkesan “mak nyess”… terkesan mampu membasahi kerongkongan konsumen Anda.

Ini yang paling saya suka… headline yang dahsyat !! Headline yang luar biasa mampu membuat konsumen mendatangi booth Anda dengan cepat. Bagaimana cara membuat headline yang dahsyat? Anda bisa baca di artikel saya tentang cara bagaimana meledakkan penjualan.

Bek to the topik… tetapi sekali lagi ingat, membangun rasa penasaran harus diimbangi dengan KEKUATAN produk Anda. Minuman Anda harus benar-benar mampu melegakan tenggorokan konsumen dan punya diferensiasi yang kuat. Tanpa itu, produk Anda hanya mampu bertahan sebentar… tidak akan dicintai oleh konsumen.

Well, inilah pe-er bagi bagi Anda wahai pelaku bisnis aneka minuman. Anda harus membangun rasa penasaran sekaligus mampu memuaskan penasaran dan dahaga konsumen Anda. Sebagai penutup, saya akan mencoba membuka kembali ingatan Anda dengan kemunculan produk minuman yang mampu menggebrak pasar, bisnis minuman bubble.

Kalau mengangkat konsep minuman teh susu sih biasa. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Tapi kalau teh susu dengan aneka aroma buah dan bola-bola kecil kenyal di dalamnya, siapa yang nggak penasaran untuk mencobanya. Lihat minumannya saja dari luar udah membuat tenggorakan “clegukan”. Ini adalah sebuah terobosan dengan diferensiasi yang fenomenal… (*mak bahasanya). Nggak percaya? Coba Anda lihat gambar di bawah ini :

Minuman Bubble Super Lezat Cuy

Minuman Bubble Super Lezat Cuy

Gimana jika Anda disodori banner dan display minuman di atas? Kemungkinan besar Anda akan mendekat ke booth yang jualan bisnis aneka minuman ini karena “clegukan” kan? Sekarang Anda sudah paham maksud saya? Jadi jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang berbeda dan baru karena hal itulah yang membuat bisnis aneka minuman Anda lancar jaya. Thanks udah baca artikel saya, see you and keep “clegukan”…

(sumber gambar : www.femina.co.id & dobest4life.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

2 Comments

  1. laki

    December 27, 2013 at 14:27

    setelah sy membaca tags ini, sy jadi tertarik untuk mencoba berbisnis aneka minuman ringan, terutama jenis “minuman bubble” diatas, untuk mendapatkan resepnya dimana yaaa….

    Thank you

    • Om Nip-Nip

      January 10, 2014 at 21:02

      @laki : di google aja pak, banyak… hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *