Peluang Usaha Minuman Kemasan… Berani Coba?


By on October 22, 2013
Peluang Usaha Minuman Kemasan... Berani Coba ??

Bila Anda memiliki waktu, singgahlah ke salah satu supermarket di kota Anda untuk mengamati deretan rak minuman kemasan gelas. Anda akan menemukan sederet minuman dari merek bisnis yang terkenal sampai yang tidak pernah terdengar di telinga Anda. Saking besarnya potensi peluang usaha minuman kemasan sehingga satu demi satu pendatang baru masuk dan ikut bermain di bisnis ini.

Untuk saat ini, bisnis air minum kemasan ini masih dikuasai pemain besar macam Garuda food dan Orang Tua Group. Tapi kalau bicara masalah share market, Anda masih bisa garap pasar ini mengingat kebanyakan minuman kemasan gelas di pasaran masih berkutat pada jenis minuman teh dan sirup.

Coba saja Anda lihat lagi di supermarket tadi terutama pada rak minuman botol. Anda bisa menemukan varian botol plastik minuman lebih beragam ketimbang minuman kemasan gelas. Tidak hanya teh, tapi juga beragam minuman energi, jus buah, minuman ionic, sari buah serta kopi dan susu. Bahkan Anda juga bisa menemukan jamu pegel linu dalam kemasan botol !!

Coba Anda bandingkan dengan minuman dalam bentuk kemasan gelas… lebih sedikit ragamnya kan? Kalaupun ada, paling banter hanya produk minuman sari apel sama koktail. Padahal potensi pasar dari usaha minuman kemasan gelas ini cukup besar. Nggak percaya?

Anda tentu tahu bahwa salah satu isi tetap dari kardus camilan di beragam acara di Indonesia ini sudah pasti ada minuman kemasan gelas. Anda juga tentu tahu bahwa sajian yang juga akhir-akhir ini pasti muncul di meja tamu pada saat lebaran adalah minuman kemasan gelas. Belum lagi acara-cara non formal seperti “camping” di pantai. Minuman kemasan gelas pasti jadi salah satu favorit, benar kan?

Yang menjadi celah utama yang menjadi potensi utama dari usaha minuman kemasan adalah kepraktisannya dalam penyajian. Pengemasan gelas dengan mesin cup sealer ini membuat isi minuman tersebut kedap udara, anti bocor dan higienis. Jadi tetap aman meski harus melalui perjalanan jauh, terjatuh atau bahkan terbalik. Selain itu, sisa sampahnya juga mudah untuk Anda singkirkan.

Dan secara spesifik, ada satu celah lagi yang bisa Anda garap dengan optimal dari peluang usaha minuman kemasan ini, yakni ragam produk minuman kemasan gelas. Contohnya ide penyajian minuman sari buah dalam kemasan gelas. Ide bisnis tersebut sudah cukup baik, apalagi apabila Anda membuatnya dengan gula murni tanpa perwarna buatan dan bahan pengawet.

Atau Anda bisa bermain di jenis minuman yang populer seperti kopi atau susu, minuman cokelat, sari buah yang sehat dan sebagainya. Saya akan coba gambarkan proyeksi biaya dari usaha minuman kemasan gelas dalam skala kecil. Saya ambil contoh peluang usaha minuman kemasan sari buah apel.

Modal Awal
  Blender maksi Rp.      500.000,00
  Kompor + gas Rp.      500.000,00
  Panci 60 cm Rp.      180.000,00
  Saringan + corong Rp.        70.000,00
  Kendaraan pengantar Rp. 13.000.000,00
  Mesin cup sealer Rp.    1.000.000,00
TOTAL Rp. 15.250.000,00
     
Biaya Produksi (asumsi produksi 300  gelas / hari)
  Bahan baku Rp. 1.500.000,00
  Tenaga kerja (2) Rp.    800.000,00
  Pengemasan Rp. 1.150.000,00
  Listrik+ Air + gas+ bahan bakar Rp.    180.000,00
TOTAL Rp. 3.630.000,00
     
Penjualan  
  Rp 1000 x 300 x 30 Rp. 9.000.000,00
Hasil Rp. 5.370.000,00

 

Bila Anda lihat proyeksi usaha minuman kemasan gelas jenis sari buah apel di atas, Anda bisa mendapatkan gambaran bahwa peluang usaha minuman kemasan ini cukup cerah. Dalam 3 bulan, Anda bisa “Break Event Point” dengan hanya memproduksi 300 gelas per hari. Bagaimana, berani coba?

(sumber gambar : adityaragilutomo.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

21 Comments

  1. LALA

    March 10, 2016 at 11:47

    MOHON INFO APAKAH BISA CONTACT VIA BBM, ATAU EMAIL SAJA ? KARENA SAYA BUKAN PENGGUNA FACEBOOK.

    TERIMA KASIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *