3 Strategi Jitu Bermain di Bisnis Minuman Kopi


By on October 23, 2013
3 Strategi Jitu Bermain di Bisnis Minuman Kopi

Bisnis Minuman Kopi – Kopi termasuk minuman populer di seluruh dunia. Penggemarnya dari segala usia, termasuk asisten online saya. Tuh, agi duduk di depan laptop sambil nyeruput secangkir kopi susu blended favoritnya… Nggak joss mikirnya kalau nggak nyambi ngopi katanya.

Karena “fans”-nya banyak termasuk yang karbitan, makin banyak orang yang tertarik untuk buka bisnis minuman kopi. Ada yang mengusung “kopi konsep premium” dengan desain mewah dan barista yang berserifikat. Ada yang cuman bisnis kedai kopi dan café menengah dengan konspe gaul dan khas anak muda.

Sampai yang jual kopi dengan hanya buka booth 1m x 1m untuk sajian kopi take away ada. Belum yang mengusung konsep kopi tradisional macam kopi susu tubruk Aceh atau kopi joss angkringan Jogja. Uaakkeeehhhh !!

Well, buka bisnis minuman kopi di Indonesia bukan ide bisnis yang buruk. Indonesia kan terkenal sebagai penghasil kopi terbesar kedua di dunia. Amerika yang menjadi konsumen kopi terbesar aja impor kopi Indonesia dan menjadikannya sebagai kopi dengan kategori terbaik.

Tapi bentar, coba deh Anda amati bisnis minuman kopi modern di sekitar Anda. Apa yang menonjol dari masing-masing kedai kopi tersebut? Rasa-rasanya sama semua yak… Konsep kloningan, alias mirip-mirip saja. Makanya akhir-akhir ini banyak usaha warung kopi yang rontok… berguguran bak daun kering di musim semi.

Lalu apa strategi marketing jitu dalam membuka bisnis minuman kopi? Mau tahu? Klasik aja sih… Tapi kalau Anda benar-benar praktekkan, hasilnya luar biasa. Cuman jarang yang praktekkan. Kadang-kadang karena terlalu banyak mikir yang jauh-jauh, pondasi dasar bisnis minuman kopi malah kelupaan.

Kayak maen bola tuh… pengennya bisa gocek ala ronaldo. Latihan tiap hari dribling aja kerjaannya. Tapi giliran passing, shooting dan ball keeping nggak bisa. Nggak pernah dilatih sih.

  1. Tampil dengan Konsep yang Segar
    Bila sebagian besar café dan booth hadir dengan konsep kloningan, maka Anda harus hadir dengan konsep yang segar. Nggak usah jauh-jauh. Anda lihat café Bengawan Solo. Kedai kopi ini menjadi salah satu penguasa market café middle premium di Indonesia karena konsep tradisionalnya. Pasarnya dari kalangan ekspatriat dan turis asing. Tapi jangan Anda kloning lagi konsep café Bengawan Solo ini ya… Lha sami mawon ntar !!
  2. Sajikan Bersama Produk Andalan
    J-co, semua orang mengingatnya sebagai gerai donat. Tapi banyak orang yang bisa minum kopi enak di sana kan? Kopi J-co hanyalah menu pendamping donat, tapi kalau Anda mau tahu faktanya, kopi J-co juga menguasai pasar. Mungkin karena produk donat premium yang sepi persaingan, donat J-co naik daun, kopinya ikutan keangkat deh. Gimana kalo idenya jualan pisang goreng. Kira-kira kopinya keangkat nggak ntar, wkwkwkwkwkwk…
  3. Produk Kopi Unik
    Namanya aja bisnis minuman kopi. Jadi Anda harus kuat di kopinya. Lagipula penyuka kopi sangat sensitif. Beda banget dengan penyuka minuman bubble. Lidah maniak kopi peka sekali. So, bila Anda ingin buka bisnis minuman kopi blended, coba deh iseng cari resep atau bahan baku yang benar-benar unik. Masih banyak kopi nusantara enak yang belum terekspos. Mau contoh? Kopi Wamena dan kopi Flores. Anda pernah lihat orang jualan kopi tersebut? Saya aja baru dengar, ha..ha..ha..

Udah komplit baca tips jitu bisnis minuman kopi ini? Kira-kira ada yang mau menambahkan nggak? Atau Anda mau langsung memulai usaha kedai kopi, he..he..he.. Kalau iya, monggo…

(sumber gambar : wisata.kompasiana.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *