Ini Dia 5 Jenis Mesin Rotary Dryer Handal dengan Harga yang Bervariasi

By on October 23, 2013

Di artikel saya tentang mesin pembuat kompos, ada satu tahap yang membutuhkan sebuah mesin yang bisa membuat kompos basah menjadi kering dan berbutir. Nah… itulah fungsi dari mesin rotary dryer.

Cara kerja rotary dryer ini mirip pengering, hanya saja obyeknya adalah kompos dan pelet pakan ternak. Bahan baku dari kedua produk ini basah dan benyek, sehingga hasil setengah jadinya pun serupa… basah dan benyek, mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Agar tidak bau, kompos dan pelet pakan ternak tadi Anda keringkan, supaya kandungan airnya menjadi minimal. Produk kering dan berbutir inilah yang kemudian Anda jual ke pasaran. Lagian siapa juga mau beli pelet ikan yang benyek atau kompos yang basah kuyup kan?

Pada industri lain, mesin pengering rotary dryer ini juga bisa berfungsi sebagai pengering bahan-bahan hasil pertanian seperti kedelai, jagung, kopi, kacang-kacangan hingga beragam umbi. Produk pertanian kering akan lebih awet ketimbang produk pertanian yang basah, jadi bisa Anda simpan lebih lama di gudang. Produk pertanian yang basah rentan akan jamur dan kutu.

Dari gambaran fungsi di atas, Anda bisa lihat sendiri kan banyaknya manfaat dari mesin rotary dryer ini di usaha industri agro? Baik pertanian, perikanan maupun peternakan butuh mesin rotary dryer.

Di Indonesia, ada banyak mesin rotary dryer yang beredar. Anda mau cari produk impor sampai produksi lokal ada. Okay, capcus aja… ini dia mesin rotary dryer yang bisa Anda beli :

  1. Mesin Rotary Dryer Produksi Agrowindo
    Mesin rotary dryer buatan Agrowindo bekerja khusus sebagai pengering bahan hasil pertanian seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan ketela. Karena produk lokal, mesin ini lbersifat custom sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tapi secara umum, panjang produk ini sekitar 2 meter, diameter drum sekitar 70 -80 cm, dengan power 2 -3 PK, kapasitas sekitar 300 kg. Harga rotary dryer lokal ini berkisar Rp 20-40 jutaan.
  2. Mesin Rotary Dryer Produksi  Beje Group
    Mesin rotary dryer produksi Beje Group biasanya difungsikan sebagai mesin pelet ikan terapung dan pakan ternak, sehingga arahnya ke supplier pakan ternak atau pengusaha budidaya ikan tawar. Ukurannya lebih besar. Panjangnya sekitar 6 meter, lebar 0.8 meter dan tinggi 1,4 meter. Kapasitas produksi antara 500 – 700 kg dengan power mesin diesel 8 Hp. Harga mesin pelet apung ini sekirat Rp 50-an juta.
  3. Mesin Rotary Dryer Produksi KM
    Mesin rotary dryer produksi KM lebih banyak difungsikan sebagai mesin pengering kompos dan pelet. Biasanya setelah kompos atau pelet basah terbentuk, kemudian kompos atau pelet basah tersbeut harus Anda granul (pembentukan bulatan kecil). Setelah itu, pupuk kompos atau pelet basah ini baru menjalani proses pengeringan dengan menggunakan mesin rotary dryer. Mesin ini memiliki panjang 8 meter dengan diameter 0.8 meter. Kapasitas pengeringannya mencapai 1000 kg perjam dengan mesin diesel 8 hp sebagai sumber power. Harga rotary dryer ini lebih mahal, sekitar Rp 60 – 70 juta rupiah.
  4. Mesin Rotary Dryer Produksi Westpro
    Mesin yang satu ini adalah produk impor dengan kapasitas produksi yang cocok untuk industri besar. Jadi Anda jangan heran kalau harga mesin rotary dryer ini juga “gila”… Rp 130 juta lebih !!  Tapi kapasitas produksinya sekitar 1.000 -20.000 kg per jam, mantab kan? Ukuran nggak jauh-jauh beda dengan produk lokal, sekitar 6 – 10 meter dengan diameter 50 – 100 cm.
  5. Mesin Rotary Dryer Produksi  Laxmi Project
    Yang ini juga mesin impor, hasil indsutri permesinan India. Kapasitasnya menengah ke atas dengan harga yang cukup bersaing di pasar internasional, sekitar Rp 35 – Rp 200-an juta.  Mesin rotary dryer produk India ini mampu mengeringkan bahan 5 kg hingga 10 ton per jam. Panjangnya sekitar 5 – 12 meter. Mesin ini bekerja dengan power 2 Hp motor elektrik 1440 watt.

Saran saya, bila bisnis Anda kapasitas produksinya rendah, carilah mesin rotary dryer produk lokal. Mesin rotary dryer produk lokal sudah cukup mampu untuk menyelesaikan masalah pengeringan Anda.

Tapi bila Anda bergerak di usaha pupuk kompos yang cukup besar, Anda sebaiknya mencari mesin pengering produk impor yang kapasitasnya lebih besar. Tentu saja lebih awet dan tahan lama. Mesin rotary dryer adalah mesin yang cukup mahal, so pikirkan masak-masak sebelum Anda membeli.


Jika ada pertanyaan tentang kegunaan mesin ini di industri peternakan, perikanan dan pertanian, Anda  bisa hubungi sdr. Tri Aris Wibowo di 0813-2849-5674, okay?

(sumber gambar : mitrabalaiindustri.webs.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Nurul

2 Comments

  1. david

    November 13, 2016 at 14:58

    Apa bisa dipakai untuk mengolah kotoran ayam broiller

  2. angga

    January 5, 2017 at 17:57

    Info oven buat pelet ikan tenggelam brp harga nya dg kapasitas perjam.100 kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =