Mesin Cetak Briket Arang Terbaru : Bahan Bakunya Bisa Lebih Banyak Cuy…


By on October 23, 2013
Mesin Cetak Briket Arang Terbaru : Bahan Bakunya Bisa Lebih Banyak Cuy...

Selama ini pengolahan limbah organik identik dengan pembuatan pupuk kompos. Tapi belakangan ini perkembangan di industri pengolahan limbah organik ini cukup pesat sehingga menghasilkan produk yang berbeda. Semua ini berawal dari kedatangan mesin cetak briket arang kayu biomassa.

Mesin yang berasal dari manfaktur China memiliki kemampuan unik. Selama ini mesin cetak briket arang menggunakan bahan baku dari serat kayu atau ampas kelapa yang mengalami proses pengarangan.

Tapi dengan mesin pencetak briket kayu biomassa ini, kini Anda bisa menggunakan bahan-bahan limbah pertanian seperti batang, serabut dan daun jagung, batang dan daun gandum, batang dan daun sorgum, tangkai tanaman kopi, bunga matahar, serta masih banyak lagi limbah-limbah pertanian yang lain.

Mesin cetak briket arang ini mampu mengolah bahan dengan kadar air lebih tinggi dengan batas maksimal 12%. Artinya bahan baku dari briket tidak perlu sangat kering. Ini berbeda dengan mesin briket di pasaran yang mengharuskan bahan baku memiliki kadar air maksimal 8 %.

Mesin cetak briket arang ini bekerja dengan melakukan pemanasan dalam suhu tinggi pada produk limbah hingga menjadi arang. Hasil dari pemanasan ini kemudian mengalami pencetakan dengan lem khusus hingga akhirnya menjadi briket seperti yang biasa Anda temukan di pasaran. Hanya saha briket ini harus menjalani pengeringan ulang dengan oven khusus briket untuk menghasilkan briket yang memiliki daya pembakaran berkualitas.

Nah, kelebihan mesin cetak briket arang terbaru ini bisa menjadi peluang usaha potensial untuk Anda. Karena dengan menggunakan mesin cetak briket arang ini, Anda bisa memanfaatkan banyak limbah industri pangan dan pertanian menjadi bahan baku. Dan kabar baiknya, bahan bakunya berlimpah ruah bukan?

Dari sisi penjualan, sekarang ini industri makanan massal rumahan mulai beralih menggunakan briket sebagai pilihan bahan bakar ketimbang gas. Kalau Anda melihat penjual kaki lima yang memasak makanannya dengan tungku arang, bisa jadi sebenarnya ia menggunakan briket.

Selain itu, kebanyakan pengusaha industri tahu tempe, dodol, gudeg, gula jawa dan masih banyak lagi banyak yang beralih ke briket. Pasalnya selain faktor pengaruh rasa yang menyerupai kayu bakar sehingga lebih harum, briket juga lebih irit. Mengapa bisa demikian? Karena pengolahan makanan yang tadi saya sebutkan memakan waktu lama. Proses memasaknya bisa berjam-jam !! Kalau menggunakan gas, Anda bisa bayangkan kan seberapa borosnya?

Untuk masalah nominal, harga mesin cetak briket kayu biomassa di pasaran bergantung pada kapasitas produksi yang ingin Anda hasilkan. Kisaran kira-kira $3.500 sampai $ 4.800. Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi dari 3 produk mesin pembuat briket kayu biomassa :

  1. Mesin Cetak Briket Arang Tipe : ZBJ-I
    Kapasitas produksi 150-180 kg / jam

    Ukuran dimensi : 166×74.5×125 cm
    Power heater : 3×1500 watt
    Power motor : 11.000
    Berat mesin : 550 kg
    Harga Mesin Briket : US $ 3.500
  2. Mesin Cetak Briket Arang Tipe : ZBJ-II
    Kapasitas produksi 200-250 kg / jam
    Ukuran dimensi : 170x80x128 cm
    Power heater : 3×1500 watt
    Power motor : 15.000
    Berat mesin: 650 kg
    Harga Mesin Briket : US $ 4.000
  3. Mesin Cetak Briket Arang Tipe : ZBJ-III
    Kapasitas produksi 250-350 kg / jam

    Ukuran dimensi : 192x63x155 cm
    Power heater : 3×1500 watt
    Power motor : 18.500
    Berat mesin: 800 kg
    Harga Mesin Briket : US $ 4.800

Harganya cukup mahal ya? Sekitar 30 – 40 juta, ha..ha..ha.. Tenang, harga mesin cetak briket arang tersebut sepadan dengan peluangnya kok. Dan menariknya, mesin briket kayu biomassa ini sudah lengkap dengan sistem control suhu otomatis dan mesin pemotong dengan pisau tajam berkualitas tinggi. Produk dari mesin briket ini juga lebih padat.

Briket yang tidak berongga cenderung mampu menghasilkan bara yang lebih stabil dan tahan lama dibadinkan briket yang berongga. Briket yang berongga akan memberi ruang pada udara untuk masuk ke dalam pembakaran yang menyebabkan ketidakstabilan bara.

Sebagai informasi tambahan, harga briket batok kelapa di Indonesia berkisar antara Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu perkilonya. Harga ini adalah harga pasaran lokal dan kini, briket Indonesia sudah mulai dieskpor. Dengan biaya operasional yang cenderung rendah, maka bisnis briket dengan memanfaatkan mesin briket ini cukup layak Anda lirik, setuju?

(sumber gambar : alibaba.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

7 Comments

  1. irvan

    September 13, 2014 at 08:58

    bisa minta nmr kontaknya bos??

    • Om Nip-Nip

      September 14, 2014 at 08:26

      @Irvan : 081328495674

      • Rizky

        September 20, 2014 at 10:23

        Kalau beli cetakan briket aja boleh gk?? Masih ada persediaannya?

  2. choiruzaed

    October 14, 2014 at 21:52

    Order mesinnya dmn ya bos ada no contac person

  3. shandy

    February 17, 2016 at 18:32

    Order satu yunit transaksi ny gmna

  4. chalil seiff

    February 20, 2016 at 09:33

    Very good

  5. Albert

    August 8, 2016 at 10:22

    Dear Admin,

    Saya minta specifikasi secara lengkap. Terdiri dari apa saja mesin tersebut.

    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *