Mesin Roll Forming Indonesia : Lokal Ada, Mau Impor Juga Boleh…


By on October 23, 2013

Anda pasti menyangka bahwa usaha pembuatan truss dan atap baja ringan adalah milik pemain industri besar saja kan? Padahal nggak juga. Anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan skala bisnis ukm menggunakan mesin roll forming Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Istimewanya, meski harga mesin roll forming lebih murah, masalah kualitas jangan tanya. Kalau Anda adu, mutunya masih mampu untuk bersaing dengan mesin roll forming yang mahal. Bedanya cuman satu. Mesin roll forming murah buatan lokal, mesin roll forming mahal kebanyakan produk Jepang dan China, he..he..he..

Bai the wai… sebenarnya industri truss dan atap baja ringan ini termasuk baru. Kehadirannya di pasar Indonesia baru berkisar 1 dekade. Produk ini mulai mengambil hati konsumen karena atap dan truss berbahan mild steel memiliki kekuatan baja skala menengah, dengan keawetan baja tetapi cukup ringan seperti halnya asbes.

Pada awalnya, fungsi atap baja ringan ini adalah pengganti asbes yang mengandung residu dan dapat “terbang” masuk ke paru-paru sehingga merusak pernafasan. Lama-lama fungsinya meluas. Truss baja bisa berfungsi sebagai pengganti kayu balok blandar tiang atap. Truss ini bahkan bisa Anda jadikan sebagai penyangga bangunan utama.

Kelangkaan kayu di alam membuat rangka baja ringan ini semakin menjadi pilihan utama. Selain itu, atap dan truss baja dinilai lebih mampu tahan terhadap panas dan hujan dengan daya muai yang lebih baik dibandinkan dengan kayu.

Pada awal perkenalannya di Indonesia, produk truss dan atap baja ringan ini hanya bisa dihasilkan oleh industri-industri yang besar. Perlu modal gede buat main di usaha ini. Penyebabnya simpel, mesin pengolahan truss dan atap baja ringan ini harus Anda impor dari manufaktur internasional. Makanya harga jual mesin roll forming ini sangat tinggi.

Tetapi beberapa tahun belakangan ini, muncul manufaktur mesin roll forming Indonesia di beberapa kota-kota besar Indonesia. Dan sudah bisa ditebak, mesin roll forming Indonesia harganya jauh lebih murah tetapi kapasitas produksinya lebih kecil, begitu…

Perlu Anda ketahui, mesin roll forming ini berjalan dengan sistem rangkaian rolling baja yang bekerja berangkai untuk membentuk lekukan dalam plat baja ringan. Rangkaian rolling ini perlu Anda atur tata letaknya sesuai dengan pola alur pada atap atau truss baja ringan yang ingin Anda bentuk.

Untuk pembuatan atap, mesin roll forming harus disesuaikan dengan ukuran plat bahan baku atap. Sedangkan untuk truss baja ringan, ukuran mesinnya akan lebih kecil. So… untuk membuka industri pembuatan atap dan trust baja ringan, Anda membutuhkan beberapa ukuran mesin roll forming, sesuai dengan kebutuhan produksi Anda.

Secara umum, mesin roll mesin terbagi 2 kategori, yakni :

  1. Mesin Roll Forming Type Plant Equipment
    Mesin roll forming tipe ini bekerja dengan kecepatan tinggi dengan ukuran mesin yang lebih besar. Kecepatan mesin ini sekitar 150 meter per menitnya. Dengan ukuran yang super jumbo, mesin ini sanggup memproduksi atap dan truss dengan ukuran ekstra lebar. Dan sudah jelas, mesin roll forming yang satu ini adalah tidak bisa bergerak karena ukurannya yang besar. Jadi tidak mudah untuk Anda pindah-pindahkan.
  2. Mesin Roll Forming Type Site Equipment.
    Perbedaan mendasar mesin roll forming tipe site equipment dengan tipe plant equipment adalah ukuran mesinnya. Untuk tipe ini, mesin roll forming-nya berbentuk rakitan sehingga bisa Anda sesuaikan ukurannya dengan model yang akan Anda buat. Tapi secara umum, mesin ini tidak bisa menghasilkan atap dengan ukuran ekstra lebar, tetapi menghasilkan atap yamg panjang hingga 120 feet. Ukuran sepanjang ini sangat favorit untuk pembangungan “building” struktur besar seperti pertokoan. Mengapa mesin roll forming tipe ini mampu menghasilkan produk yang lebih panjang? Karena dengan mesin ini Anda bisa membuat rangkaian sambungan bagan rolling baja hingga bermeter-meter secara rakitan. Sayangnya, mesin ini tidak bisa bekerja dengan kecepatan tinggi.

Biar lebih “meyakinkan” Anda, lihat video ini saja ya…

Bagaimana sekarang? Anda tertarik menjalankan usaha industri truss dan atap baja ringan? Kalau iya, jangan lupa gunakan mesin roll forming Indonesia terbaik sebagai aset bisnis Anda. Kalau punya duit lebih, yang impor juga boleh, ha..ha..ha..

(sumber gambar : berdikarirollforming.blogspot.com)

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. suryadana

    November 1, 2016 at 21:14

    Minta Info harga mesin type site equipment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *