Mesin Penggiling Tahu Pisah Ampas : No Residu, No Bau Busuk !!


By on October 26, 2013
mesin penggiling tahu pisah ampas : no residu, no bau busuk !!

Tahukah Anda bahwa 80% rakyat Indonesia memakan tahu di setiap harinya? Makanya industri tahu di tanah air berkembang begitu pesatnya. Pasarnya besar banget cuy… Sayangnya limbah yang dihasilkan dari industri tahu kotor dan bau. Maka dari itu saya perkenalkan mesin penggiling tahu modern yang akan membantu Anda memproduksi tahu tanpa limbah.

Wow !! Mesin penggiling tahu tanpa limbah? Mantab abiisss… Ya, mesin penggiling tahu tanpa limbah ini merupakan prakarsa dari institusi swasta bernama IME, singkatan dari Inspiring Moslem Enterpreneur.

IME mempunyai dua penemuan hebat yang terkait dengan mesin penggiling kedelai untuk tahu ini. Tujuannya adalah agar pengrajin tahu bisa memproduksi tahu yang lebih sehat, lebih ekonomis dan lebih aman bagi lingkungan. Lalu apa saja kedua temuan andalan mereka yang terkait dengan mesin penggiling tahu? Ini dia…

Temuan Pertama : Mesin Penggiling Tahu Teknologi Pisah Ampas

Mesin penggiling tahu pisah ampas adalah mesin giling kedelai dengan teknologi mutakhir. Mesin giling tahu ini bekerja dengan cara menggiling kedelai basah (hasil perendaman dengan air bersih selama 7 jam) hingga menjadi bubur kedelai cair.

Kelebihan utama dari mesin pembuat tahu modern ini adalah bubur kedelai hasil dari penggilingan tersebut langsung melalui proses pemisahan antara ampas dengan sari kedelai. Temuan baru dalam pembuatan mesin penggiling tahu ini memberi beberapa kelebihan dari sisi ekonomis dan lingkungan, yakni :

  1. Tidak ada limbah.
    Pada industri tahu konvensional, pembuatan tahu menggunakan bubur kedelai murni. mesintahu yang ada hanya menggiling kedelai hingga halus, kemudian kedelai halus tersebut Anda fermentasi dengan asam cuka hingga menggumpal. Setelah menggumpal, Anda saring hingga yang tersisa hanyalah ampas kering yang nantinya akan bau, bergas dan menggumpal. Dengan mesin penggiling tahu pisah ampas, tahu akan diproses langsung dari air sari kedelai murni yang bebas ampas. Hebatnya, ampas hasil dari mesin tahu modern tersebut bersih dan bebas dari bahan fermentasi sehingga bisa Anda olah kembali.
  2. Bisa memproduksi produk sampingan.
    Ampas yang masih murni ini bisa Anda olah menjadi beragam makanan sehat. Mengapa? Karena selain bebas dari bahan fermentasi, ampas ini masih banyak mengandung nutrisi sehat yang baik untuk Anda konsumsi sehingga ada banyak side product yang bisa Anda hasilkan. Mau tahu apa saja side product yang bisa Anda hasilkan dari mesin giling serba bisa ini? Nugget kedelai dan kripik kedelai. Mantab kan mesin membuat tahu ini?
  3. Menghemat waktu.
    mesin penggiling tahu modern ini sudah melakukan penyaringan dan pemisahan sari kedelai dan ampas sedari awal secara otomatis. So dengan mesin pembuatan tahu pisah ampas ini, Anda tidak perlu lagi melakukan proses penyaringan pada saat produksi. Sudah jelas waktu produksi lebih singkat, lha wong Anda nggak perlu misahkan sari kedelai dengan ampas…

Temuan Kedua : Bahan Koagulan Mutakhir

Tidak hanya temuan mesin penggiling tahu dengan sistem teknologi baru dari IME saja yang bisa Anda manfaatkan di sini. Tetapi juga penemuan baru dari IME dalam dunia biopangan-pun bisa Anda manfaatkan. Apa itu? Yaitu koagulan organik dari bahan mineral laut yang lebih sehat dan alami, yakni nigarin atau sari bahari.

Nigarin berasal dari residu pembentukan kristal garam dari air laut. Kandungan mineral dari karang dan makhluk bercangkang membuat air laut kaya dengan mineral yang baik. Hasil pemrosesan residu ini ternyata sangat efektif sebagai koagulan dan faktor fermentasi yang lebih aman dan sehat.

Bahan ini unik karena mampu melakukan proses fermentasi dan penggumpalan yang sama dengan bahan whey dan asam cuka, tetapi tanpa residu yang berbahaya !! Jadi bahan ini tidak beraroma busuk dan tidak bergas.

Caranya bagaimana? Anda cukup menambahkan cairan nigarin kedalam sari kedelai yang sudah Anda masak hingga mendidih. Proses pendidihan ini fungsinya untuk mematikan bakteri yang nantinya akan merusak proses fermentasi dan koagulasi. Setelah Anda diamkan beberapa jam, sari kedelai nantinya akan menggumpal dengan sempurna, sehingga sari kedelai tersebut tinggal Anda cetak. Kayak usaha tempe ya…

Dan amazing-nya, hasil koagulasi dengan Nigarin lebih bersih, hampir tanpa residu dan bila masih menyisakan air sari kedelai. Sari kedelai ini juga bisa Anda minum. Bahkan menurut penelitian dari para akademisi di Jogja, baik produk tahu maupun cairan sisa proses koagulasi dengan Nigarin yang dibuat dari mesin tahu otomatis ini mengandung nutrisi mineral baik yang sehat untuk Anda konsumsi.

Memang kemajuan teknologi sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam memproduksi sehingga bisa lebih baik, lebih optimal dan lebih sehat. Makanya saya bangga dengan penemuan mesin penggiling tahu modern dan cairan nigarin ini.

Now what? Jadi kan Anda memproduksi tahu dengan mesing penggiling tahu pisah ampas ini? Oh iya, ngomong-ngomong Anda butuh info mesin penggiling yang lain tidak? Kalau ya, coba baca mesin penggiling ikan multi fungsi berikut ini. Siapa tahu bermanfaat…

(sumber gambar : www.dinomarket.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

25 Comments

  1. Very

    February 29, 2016 at 20:48

    Pak brapa harga y.. saya tertarik mohon petunjuk ini no hp saya 081805366102 very

  2. Nila

    April 5, 2016 at 14:12

    saya tertarik dengan mesin ini, apa saya bisa meminta info secara mendetail tentang kapasitas, harga, maupun hasil dan biaya produksinya pak?
    tolong info ke nilaks71@gmail.com trims

  3. Acum romo ifa

    April 10, 2016 at 19:35

    Di mn tmpat pmasaran produk mesin pmbuat tahu trsbut? Brapa harga mesin trsbut? Kalo bisa dngan rincian harga dn tipenya.

  4. sumarno

    May 28, 2016 at 15:53

    Halo gan nanya nie, kira” brpa ya harganya? Dn berpa kapasits gilinganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *