Spray Dryer Adalah Solusi Mesin Industri Makanan Instan Terbaik Untuk Anda


By on October 26, 2013
spray dryer adalah solusi mesin industri makanan

Teknologi terus berkembang, dan imbasnya sangat postif bagi kehidupan manusia… (*walaupun banyak juga ya nggak, ho..ho..ho..) Salah satunya adalah perkembangan teknologi di bidang mesin industri makanan, spray dryer. Spray dryer adalah awal mula tonggak utama perkembangan dunia bisnis makanan dan minuman instan di Indonesia.

Cuman selama ini industri makanan dan minuman instan selalu didominasi oleh pebisnis raksasa. Modal besarlah penentunya. Karena dulu harga mesin pengolah makanan dan minuman instan ini ampun dah… ngeri !! Sekarang dengan mesin industri makanan spray dryer, Anda para pelaku bisnis UKM juga bisa ikutan “nyemplung” mencicipi gurihnya industri makanan dan minuman instan.

Why? Mengapa bisa demikian? B’cause this machine is “dahsyat”. Mesin spray dryer ini luar biasa !! Mesin industri makanan ini bisa mengubah cairan pekat menjadi bubuk. Susu, kopi, sari buah, teh, wedang jahe, jamu… semuanya bisa Anda ubah menjadi bubuk layaknya mesin-mesin pabrik besar, kecuali emas batangan, ha..ha..ha..

Pendek kata, sekarang Anda bisa menciptakan brand baru untuk produk makanan dan minuman instan hanya dengan menggunakan mesin spray dryer ini. “Lha kok bisa dok?” Wokeh, saya jelaskan pelan-pelan. Begini, mesin spray dryer sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan proses pengkristalisasian pada garam dan barang yang sejenisnya. Dengan menggunakan mesin industri makanan ini, Anda bisa menghilangkan unsur air pada cairan dengan panas.

Dan proses pemanasan menggunakan mesin industri makanan ini cukup handal karena spray dryer ini bisa mengolah produk cair yang rentan terhadap panas menjadi bubuk tanpa merusak kandungan nutrisi, warna bahkan rasa yang ada di dalam produk cair tersebut.

Proses pemanasannya disebut “atomik”, yaitu cairan akan masuk ke dalam ruang pemrosesan yang ada pada mesin spray dryer melalui penyemprot dengan saringan khusus berlubang mikro bertekanan tinggi. Hasilnya, produk cairan akan menyemprot dalam bentuk butiran halus.

Di dalam ruang pemrosesan tersebut, cairan dalam partikel halus ini akan mendapat semprotan gas panas bersuhu sekitar 300oC dengan tekanan tinggi. Gas panas inilah yang kemudian menguapkan partikel air dalam produk.

Partikel produk dengan kadar air rendah ini kemudian masuk ruang pengeringan dan kembali mendapat tiupan udara hangat agar benar-benar bisa menjadikannya menjadi serbuk kering. Hasil serbuk kering ini kemudian akan masuk dalam wadah penampungan.

Pengeringan ini cukup singkat sehingga meski dalam suhu dan tekanan tinggi, proses tersebut sama sekali tidak merusak kandungan produk. Jadi Anda tidak akan menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara produk cairan tadi dengan produk serbuk hasil mesin spray dryer yang Anda larutkan dengan air.

Nah, itu dia keunggulan utama dari hasil penyerbukan dengan mesin spray dryer ini. Serbuk tersebut sangat mudah untuk larut dalam air. Tapi nggak “seindah” kelihatannya lho. Ada syarat yang harus Anda penuhi supaya produk cairan tersebut bisa menjadi serbuk dengan sempurna.

  1. Dalam kepekatan yang sesuai.
    Produk cairan harus benar-benar pekat dengan kadar bahan terlarut sekitar 30% – 50%. Bila kepekatan cairan kurang, maka Anda perlu memproses produk dengan mesin evaporasi untuk meningkatkan kepekatan.
  2. Dalam homogenitas.
    Anda harus memastikan bahwa produk cairan sudah dalam kondisi homogen. Setiap cc-nya harus mengandung bahan terlarut yang sama dalam kadar yang serupa. Well, Anda haru melakukan pengadukan hingga merata dan tes secara random per cc-nya, okay?
  3. Dalam ukuran partikel yang sesuai.
    Untuk menghasilkan serbuk dengan hasil yang sempurna, Anda harus pastikan bahwa partikel dalam produk cairan tersebut sudah dalam ukuran atom. Jadi jika Anda menggunakan mesin spray dryer ini untuk sari buah atau minuman jahe yang mengandung partikel yang besar, lakukan penyaringan terlebih dahulu supaya partikel besar tersebut tidak ikut terproses. Mengapa? Karena selain bisa merusak proses, partikel yang besar juga bisa merusak mesin spray dryer.

Pertanyaannya sekarang adalah, mesin spray drier yang seperti apa yang bisa digunakan sebagai mesin industri makanan dan minuman instan oleh para pelaku bisnis kecil dan menengah? Kata orang malaysia, silahkan cuba tengok tabel di bawah ini :

SPESIFIKASI

TYPE PRODUK

SPR-100 IAN SPR-63 IAN
Kapasitas 10 liter / jam 0.63 liter / jam
Energi Heater 13000 watt 6000 watt
Centrifugal Fan 2.2 kw, 4200m3/ H 370 watt, 660 m3 / H
Kompresor 2.2 kw 1 PK
Dimensi mm 2400 x 1600 x 4400 1000 x 900 x 1800
Kontrol suhu Otomatis Otomatis

Biar lebih mantab, Anda pelototin neh video. Jelas banget prosesnya…

Wonderful kan? Jadi jika impian Anda adalah berbisnis makanan dan minuman instan seperti para “gurita-gurita” bisnis makanan dan minuman instan di Indonesia, mesin spray dryer adalah jawaban mesin industri makanan instan yang Anda nanti-nantikan. Tidak mahal tapi hasilnya… joss gandhos !! Well, selamat membesarkan spektrum bisnis Anda…

(sumber gambar : www.soyaherba.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Nasrul

    January 17, 2016 at 11:12

    Saya tettarik untuk beli mesin spray drier nya. Harga berapa dan bisa ndak untuk membubukkan bubur atau gel porang. Hub. Saya di 081355677272

  2. asrofi

    February 10, 2016 at 10:02

    Saya tertarik dg mesin spraydreiyer,harganya brp gan? Mohon infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *