5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula… Praktis, Efektif, Efisien !!


By on October 29, 2013
5 cara memulai bisnis onilne untuk pemula... praktis, efektif, efisien !!

Jaman sekarang siapa sih yang nggak melek internet? Aki-aki aja melek internet gan… Apalagi akhir-akhir ini semua orang lagi demam buat “searching” di om google tentang cara memulai bisnis online untuk pemula. Wajar sih, karena bisnis online adalah salah satu “ladang uang” terbaik yang pernah ada.

Tetapi masalahnya, cara memulai bisnis online untuk pemula itu sama dengan cara memulai bisnis konvensional pada umumnya. Mengawali bisnis online berarti Anda harus memahami konsep dasarnya termasuk langkah-langkahnya, teknisnya hingga kelemahannya.

Kebetulan saya menemukan panduan sederhana tentang bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula. Panduan ini cocok bagi Anda yang buta dengan dunia internet. Dengan panduan tentang bisnis online ini, Anda bisa memulai belajar bisnis online dengan lebih terarah dan terstruktur. Okay, ini dia cara memulai bisnis online untuk pemula…

  1. Surfing web dan terjun ke media sosial.
    Bila Anda benar-benar awam dengan bisnis internet, maka satu-satunya cara untuk mengerti dan belajar bisnis internet adalah Anda langsung berinteraksi dengan internet. Jangan khawatir, tersesat di dunia internet tidak serumit apabila Anda tersesat di hutan. Lakukan searching melalui google dan klik apapun yang menarik bagi Anda. Lakukan hal sama dengan media sosial. Modalnya adalah nekad !! Buka  dan login pada semua media sosial. Ingat ya… searching tentang bisnis internet dan klik “APAPUN” yang menarik bagi Anda.
  2. Temukan dan amati apa saja yang ada di media promosi online.
    Sudah puaskah Anda menyelam dengan melihat beragam web dan media sosial yang ada? Kini saatnya Anda belajar lebih spesifik. Temukan semua celah dimana Anda bisa menumpai web-web tentang iklan, promosi online dan semua penawaran-penawaran yang ada di internet. Anda bisa menemukan page-page penjualan di FB, penawaran-penawaran di Linkedin, iklan-iklan di semua sosial media dan sebagainya. Cari web-web penjualan seperti amazon.com, eBay, tokobagus.com, berniaga.com dan sebagainya. Setelah itu, buka beragam web komersial terkenal yang menyediakan space iklan. Klik space iklan dan pahami isi dari web pemasang iklan tersebut. Jadi tugas Anda adalah “AMATI” apa yang ada di media promosi online, paham?
  3. Belajar dari perpustakaan terbesar di dunia maya.
    Bagi saya, internet layaknya sebuah perpustakaan. Anda bisa menemukan milyaran informasi cukup dengan mengklik link yang ada di google. Jadi perlakukan google sebagai petugas perpustakaan pribadi Anda. Tanyakan padanya informasi apa yang Anda butuhkan. Hal-hal mendasar tentang bagaimana cara membuat web, bagaimana memahami teknik pemasaran internet, bagaimana menjual di internet harus sesegera mungkin Anda pahami. Lakukan pencarian website bisnis online dengan selektif. Pilih web yang menampilkan informasi yang lengkap, berada pada halaman awal pencarian google dan penuh dengan tanggapan komentar positif. Jadi poin utama di langkah ketiga cara memulai bisnis online untuk pemula adalah penuhi otak Anda dengan hal-hal yang mendasar tentang bisnis internet. Ingat ya, hal-hal yang mendasar. Basic… bukan tips-tips untuk kalangan expert. Ntar Anda akan bingung. Ibarat anak SD, Anda sudah dicekoki mata kuliah mahasiswa.
  4. Temukan ahlinya, nggak ada makan siang gratis.
    Anda bisa mencoba memperluas pengetahuan dasar tentang cara memulai bisnis online untuk pemula, Anda harus secepat kilat menmbah “jaringan pertemanan” Anda dengan masuk dalam forum pelaku bisnis internet, baik forum-forum lokal maupun forum dunia. Anda juga bisa mengikuti seminar-seminar atau kelas-kelas khusus yang mereka adakan. There ain’t no such thing as a free lunch. Nggak ada makan siang gratis di dunia ini. Sisihkan uang Anda untuk mengikuti pelatihan-pelatihan mereka karena hal itu akan MEMPERCEPAT proses belajar Anda. Ingatlah selalu bahwa seorang praktisi bisa memberikan Anda ilmu sekaligus pengalaman mereka. Not Just a Theory !! Dan belajar bisnis internet dengan mereka akan membuat Anda menjadi semakin expert dan semakn expert dengan cepat. So, nggak ada yang namanya bisnis di internet tanpa modal… okay?
  5. Pelajari perencanaan bisnis internet.
    Asumsikan Anda mulai memahami teknik dan seluk beluk bisnis internet. Anda sudah pe-de nih. Saatnya untuk bertindak. Eits… jangan buru-buru dulu. Jangan gara-gara Anda sudah tahu semua tentang cara memulai bisnis online untuk pemula terus main hajar saja kayak karate ban putih. Anda bisa terjun bebas !! Anda perlu membuat perencanaan bisnis online. Anda harus tahu bagaimana konsep web yang akan Anda buat, bagaimana cara Anda mendatangkan pengunjung untuk web Anda dan untuk jenis bisnis online macam apa web Anda akan dibuat nantinya. Pokoknya segala sesuatunya harus Anda rancang.

Masih banyak yang perlu Anda pelajari selain 5 tips memulai bisnis online di atas. Dan saya pastikan di awal-awal Anda belajar bisnis online lewat internet, Anda akan kerepotan dengan begitu banyaknya informasi yang harus Anda tangkap di otak Anda. Jangan berhenti !! Terus berjalan dan jangan pernah menunda untuk memulai menjalankan bisnis online.

Menundanya hanya akan membuat Anda semakin tertinggal, karena dunia internet akan terus bergerak maju tanpa henti. Awali sekarang dan meski Anda harus gagal, Anda bisa belajar dari kegagalan itu. Dan advise saya, temukan mentor bisnis online sesegera mungkin. Mereka akan membantu Anda menemukan “jalan tol” dalam belajar bisnis internet. Dan jika Anda kesulitan menemukan mentor bisnis online yang terpercaya, Anda bisa menghubungi 0853-2566-8182. Selamat berjuang…

(sumber gambar : blog.bukatokoonline.net)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. imam kanafi

    April 24, 2014 at 20:15

    memulai usaha baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *