5 Ciri-Ciri Iklan yang Efektif dan Tepat Sasaran


By on October 30, 2013
5 ciri-ciri iklan yang efektif dan tepat sasaran

Ya… Iklan adalah bentuk komunikasi pemasaran yang secara langsung berhubungan dengan konsumen Anda. Sebagai sarana yang paling nyata dan mudah ditangkap oleh calon konsumen, iklan harus memiliki ciri-ciri yang khas sehingga akan efektif dan memberi manfaat bagi strategi pemasaran sebuah produk.

Bagaimana ciri-ciri iklan yang efektif itu? Di bawah ini ciri-ciri iklan yang dapat mendukung strategi pemasaran produk atau jasa Anda.

  1. Tujuan iklan harus jelas.
    Iklan mempunyai fungsi untuk mengenalkan produk Anda dan membuat pasar menyukai produk Anda. Ini termasuk tujuan tindakan untuk calon konsumen Anda seperti agar mereka mencoba atau membeli produk dan memberikan kesadaran serta pengetahuan dan alasan kepada mereka bahwa mereka memerlukan produk Anda sampai ke tahap agar mereka melakukan pembelian kembali terhadap produk Anda dan loyal menggunakan produk Anda.
  2. Diarahkan ke sasaran yang tepat.
    Pilihlah kelompok masyarakat sebagai segmen pasar yang memang mempunyai kebutuhan dan daya beli sesuai dengan produk atau jasa Anda. Fokuskan segala upaya kepada segmen pasar tersebut. Disini Anda sangat tidak disarankan untuk ‘serakah’ dalam memilih sasaran pasar untuk produk atau jasa Anda.
  3. Menggunakan media yang tepat.
    Anda bisa menggunakan media untuk beriklan di televisi, radio, media cetak, bioskop, surat langsung, internet atau website, melalui pameran dan acara-acara lainnya. Pilihlah media yang tepat, efesien dan efektif yang mampu menjangkau segmen pasar Anda. Jangan sekadar pilih yang murah tapi belum tentu sesuai.
  4. Pesan dikemas dengan unik dan kreatif.
    Isi iklan penawaran harus cerdas! Isi pesan iklan harus memberikan alasan pada calon konsumen Anda untuk mengambil tindakan apa pun yang Anda ingin mereka lakukan. Usahakan isi pesan menggunakan beberapa pendekatan seperti : pernyataan atas produk Anda dan tampilkan produk Anda secara fokus, fakta dan keunggulan produk atau jasa Anda, bukti bahwa produk Anda lebih baik dibandingkan produk atau jasa lainnya, testimoni yang seseorang atas kepuasan produk atau jasa Anda, penekanan agar calon konsumen untuk mengambil tindakan untuk menggunakan produk atau jasa Anda serta Anda juga bisa menggunakan diskon atau hadiah agar menarik calon konsumen Anda. Pesan yang Anda kemas dengan unik dan kreatif akan mampu merebut perhatian calon konsumen Anda diantara beribu pesan-pesan lainnya.
  5. Anggaran dan estimasi hasil.
    Yang dimaksud disini adalah jumlah dana yang Anda keluarkan untuk beriklan dan bagaimana pengalokasiannya. Anda harus mengevaluasi anggaran dan memperhitungkan estimasi hasil dari apa yang Anda iklankan. Sebagai contoh Anda mengiklankan sebuah produk sabun yang dapat melembabkan tubuh untuk segmen pasar Anda. Anda memilih spot radio lokal, dan stasiun radio ini menyatakan iklan Anda akan didengarkan oleh 8000 orang wanita usia 35-50 tahun. Anda dapat mengestimasikan bahwa 12,5% (1000) dari mereka yang mendengar iklan komersial Anda akan sadar pada produk Anda dan 0,5% (40) dari mereka akan melakukan pembelian, dan hanya 50% dari yang melakukan pembelian akan menyukai produk sabun Anda dan menjadi konsumen jangka panjang.

Dengan melihat ciri-ciri iklan yang efektif diatas, semoga dapat membantu strategi pemasaran produk atau jasa Anda sehingga calon konsumen Anda dapat menjadi konsumen Anda yang loyal atau setia dengan produk atau jasa Anda.

(sumber gambar : kaskus.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About P3nO

2 Comments

  1. rudy

    January 10, 2014 at 13:55

    Pak dokterbisnis, boleh dong saya di share artikel mengenai jenis2 perusahaan, dan artikel kelebihan dan kelemahan PT. Trims sebelumnya pak. Btw apakah.. melalui media ini, saya boleh konsultasi bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *