Informasi Bisnis Online : 6 Tips Membangun Reputasi Bisnis Marketing Online Anda


By on October 30, 2013
informasi bisnis online : 6 tips membangun reputasi bisnis marketing online anda

Mas bro… ada informasi bisnis online yang penting yang harus Anda ketahui. Apa itu? Menjaga reputasi dari bisnis marketing online Anda. Ini penting, tetapi jarang ada yang benar-benar memperhatikan. Bukan perkara mudah lho membangun dan mempertahankan reputasi baik Anda di dunia bisnis marketing online.

“Buat apa sih dok menjaga reputasi bisnis online? Yang penting kan jualan”. No… Bisnis marketing online Anda bisa bertahan lama dan terus berkembang jika Anda punya “reputasi online yang baik”. Sudah begitu banyak praktek bisnis marketing online kotor yang terjadi di dunia online. Gara-gara praktek jahat bisnis uang di internet tersebut, banyak orang yang ragu untuk membeli secara online di situs-situs bisnis online di indonesia.

Lalu bagaimana cara paling tepat untuk membangun reputasi yang baik di bisnis marketing online ini agar Anda tidak dicap melakukan penipuan bisnis online? Anda bisa coba informasi bisnis online berikut ini tentang 6 tips membangun reputasi yang baik di bisnis marketing online. Informasi bisnis online ini yang saya kutip dari sebuah website majalah bisnis online Enterpreneur.com… cekidot !!

  1. Simpan dengan teratur bukti pengiriman.
    Mengirim produk di hari yang sama dengan pelunasan memang sudah seharusnya. Tapi jangan lupa, simpan semua bukti pengiriman barang. Lebih baik lagi jika Anda menyempatkan diri untuk mengirimkan secara online bukti pengiriman Anda pada konsumen yang bersangkutan. Anda harus ingat, sebaik apapun ekspedisi bisa saja melakukan kesalahan. Dan bisa jadi kesalahan itu jatuh di paket pengiriman Anda. So, jangan sampai kesalahan pada ekspedisi merusak reputasi bisnis marketing online Anda.
  2. Mintalah review dari konsumen Anda.
    Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika (*semoga memang cukup akurat untuk menjadi pembanding di Indonesia ya…), 85% konsumen mencari review di internet untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dalam konsumsi mereka melalui online. 70% konsumen membeli secara online berdasar review yang mereka baca. Well, pengaruh review cukup besar juga untuk membangun reputasi baik, benar kan. Logikanya sederhana… mana mau orang memberi Anda review bila Anda tidak memuaskan mereka kan? Anda tidak akan kesulitan mendapatkan review yang positif. Tidak perlu membayar, karena sebenarnya cara ini sama sekali tidak etis. Bila konsumen loyal Anda benar-benar puas dan tersedia cara untuk menampilkan “uneg-uneg” positif mereka yang mudah, mereka akan dengan sukarela mencurahkan kepuasan mereka melalui review tersebut.
  3. Manfaatkan media sosial sebagai kartu nama online Anda.
    Salah satu pasar terbesar di dunia online adalah media sosial. Itu sebabnya Anda harus eksis di sana. Tetapi media sosial tidak bisa membangun reputasi bisnis marketing online Anda kecuali Anda mempunyai web resmi. Sama dengan bisnis konvensional. Anda menggunakan kartu nama dan pamflet untuk menghantarkan calon konsumen datang ke kantor Anda. Jika Anda tidak punya toko, bagaimana reaksi konsumen Anda? Maka jadikan facebook, twitter dan media sosial lainnya sebagai sarana promosi ke web Anda. Ingat, ke web utama Anda. Bukan portal utama bisnis online Anda.
    Sampaikan sebagian demi sebagian isi dari web Anda pada halaman media sosial, baik informasi maupun update produk. Biarkan secara langsung pengunjung membuka link web Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  4. Jadikan web Anda sebagai sumber informasi.
    Anda jangan hanya berjualan dan sibuk berpromosi. Anda memang harus melakukan hal itu, tetapi dalam skala yang wajar saja. Setelah itu, Anda perlu melakukan tugas lain di web resmi Anda, yaitu membuat artikel-artikel informatif yang berkaitan dengan bidang usaha dari bisnis marketing online Anda. Artikel-artikel ini akan memberi Anda banyak keuntungan sebagai penarik pengunjung dan juga memberi kesan bahwa Anda benar-benar menguasai bidang usaha Anda.
  5. Berpikirlah dua kali untuk bereaksi negatif terhadap kritik.
    Kadang kala Anda dibuat kesal oleh ulah konsumen yang bersikap tidak toleransi dan menyerang Anda. Lebih buruk lagi, mereka menyerang melalui forum. Hal ini bisa menyebabkan banyak pengunjung lain yang melihat testimoni negatif ini. Jangan biarkan emosi lepas kontrol sehingga membuat Anda nekat menjawab serangan ini dengan komentar-komentar balasan yang negatif. Apapun alasannya, sikap Anda bisa berimbas negatif untuk reputasi bisnis marketing online Anda. Jikalau memang diperlukan, jawab dengan santun dan hindari perdebatan.
  6. Manfaatkan Google alert.
    Belum banyak orang yang memanfaatkan salah satu pengembangan terbaru dari mesin pencari ini di dalam bisnis online lewat internet mereka. Padahal dengan google alert, Anda bisa menemukan sebanyak mungkin review, rekomendasi dan masih banyak lagi informasi seputar produk dan perusahaan Anda di internet. Karena setiap ada informasi baru yang berkaitan dengan kata khusus yang Anda kuncikan pada google alert, akan terkirim otomatis pada email Anda. So, pelajari dan manfaatkan google alert untuk membangun reputasi bisnis marketing online Anda.

Itu dia 6 tips tentang bisnis online yang bisa membantu Anda agar reputasi bisnis marketing online Anda terjaga. Semoga informasi bisnis online ini bermanfaat…

(sumber gambar : panduandantrik.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. Passive Income

    October 30, 2013 at 15:25

    informasi yang bermanfaat… Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *