Mesin Penghancur Kayu Modern : Kecil dan Simpel Tetapi Efisiensi Kerja Tinggi


By on October 30, 2013
Mesin Penghancur Kayu Modern : Kecil dan Simpel Tetapi Efisiensi Kerja Tinggi

Satu lagi teknologi terapan yang bisa menjadi penghantar kemajuan buat dunia usaha selain mesin tahu pisah ampas, mesin penghancur kayu. Mesin ini mampu menghancurkan kayu hingga menjadi butiran serbuk kayu yang halus. Dari bahan serbuk kayu halus tersebut, Anda bisa memanfaatkannya menjadi bahan baku beragam industri dalam bidang agrobisnis.

Mesin penghancur kayu ini dirancang untuk bisa bekerja dalam beragam tingkat kekerasan kayu. Mau ranting, batang gelondongan hingga akar bisa Anda hancurkan dengan mesin penghancur kayu ini.

Selain itu, mesin pencacah kayu juga mampu mengolah beragam jenis serat mulai dari serat bambu, rerumputan, jagung hingga sorgum. Tugas Anda cukup hanya memastikan kayu yang hendak Anda hancurkan berukuran 70 – 250 mm. Hasilnya akan berbentuk serbuk dengan ukuran 3 – 5 mm. Luar biasa kan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan serbuk kayu ini bisa Anda olah dalam beragam industri. Contohnya kompos, briket biomassa, pelet kayu, fiberwoods dan masih banyak lagi. Serbuk kayu ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan media tanam berbagai tanaman hias dan tanaman agrokultural.

Banyak banget kan manfaat dari serbuk kayu? Eniwei,  mesin penghancur kayu ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja jaman dulu, mesin penghancur kayu ini masih berupa mesin dengan daya dan ukuran yang sangat besar. Harganya juga sangat mahal.

Dengan cepatnya perkembangan teknologi, sekarang Anda bisa memiliki mesin penghancur kayu modern dengan ukuran yang lebih kecil, tentu saja harganya lebih terjangkau. Dan hebatnya, mesin penghancur kayu modern mempunyai banyak keunggulan. Apa saja keunggulan mesin penepung kayu modern ini?

  1. Desain mesin kompak dan simpel.
    Dengan desain yang kompak, mesin penghancur kayu modern ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk pengoperasiannya. Ukurannya tidak besar meski memiliki daya yang cukup tinggi.  Bahkan pada beberapa type, mesin penghancur kayu modern mempunyai ukurannya yang lebih kecil namun memiliki efisiensi kerja hingga 50%.
  2. Daya kerja besar.
    Untuk mesin penghancur kayu jenis modern, daya kerja yang mampu dihasilkan cukup tinggi, 400 – 2000 kg / jam.
  3. Hemat energi
    Mesin penghancur kayu modern hanya menggunakan satu motor. Meskipun demikian, daya kerjanya sangat tinggi. Dengan penggunaan satu drive motor saja, maka tentu saja hemat energi. Ngirit bahan bakar lah intinya…
  4. Varian ukuran penghancur
    Mesin ini mampu bekerja dengan variasi hasil olahan serbuk yang banyak. Anda bisa menghasilkan serbuk kayu kasar menyerupai hasil serut kayu hingga serbuk kayu lembut seperti hasil sisa gergaji, menyerupai tepung. Jadi mesin penghancur kayu ini mirip mesin penepung, ha..ha..ha..
  5. Tidak membutuhkan banyak operator
    Karena mesin penghancur kayu modern ini bekerja otomatis dengan sistem panel yang sederhana dan mudah, maka Anda tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk mengoperasikannya. Anda hanya membutuhkan satu atau dua orang tenaga kerja saja untuk mengoperasikan mesin kayu ini. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan tenaga kerja dengan pendidikan khusus karena sejak awal mesin penghancur kayu ini dirancang dengan sistem kerja yang sederhana.

Mengiurkan kan mesin penghancur kayu ini untuk Anda. “Lalu bagaimana cara kerja mesin giling kayu ini dok?” Well, dalam mesin penghancur kayu modern ini terdapat sistem pemotongan dan penghancuran yang terintegrasi. Isinya terdiri dari pisau pemotong berputar, palu penghancur dan roda pemutar angin atau mesin rotasi.

Di dalam mesin penghancur kayu modern ini terdapat pisau pemotong yang akan memotong dalam kecepatan tinggi disertai mesin rotasi yang akan meniupkan udara dengan tekanan tinggi. Udara ini akan membuat pecahan kayu hasil pemotongan seolah berputar dan terus menerus terpotong berulang.

Pada saat yang sama, potongan kayu tadi juga mendapat tempaan palu penghancur yang akan memecah pecahan kayu besar menjadi ukuran serpihan. Hal ini berulang dan berputar terus hingga akhirnya mencapai ukuran yang Anda harapkan.

Untuk memastikan putaran pisau dan mesin rotasi bekerja secara optimal, Anda harus memberikan suntikan oli setiap kali mesin bekerja selama 3 – 4 jam. Kemudian lakukan pembersihan dengan baik sisa pecahan dan serbuk hasil pemrosesan, terutama pada bagian-bagian sela.

Hal ini harus Anda lakukan Karena sisa serbuk bisa menumpuk dan menghalangi mesin penghancur kayu modern ini bekerja dengan maksimal. Kalau ingin mengetahui lebih detail cara kerja mesin penghancur kayu ini, silahkan Anda lihat video di bawah ini :

Sebagai penutup, berikut ini spesifikasi beberapa mesin penghancur kayu modern yang ada di pasaran.

Type model Berat Dimensi Ukuran kayu Kapasitas Power

AMS—MFS600

550 kg

1.4×0.8×0.8 m

200×200 mm

0.6—0.8

11—15

AMS—MFS700

800 kg

1.6×0.8×1.0 m

200×260 mm

0.8—1.0

15—22

AMS—MFS800

1200 kg

1.6×1.2×1.3 m

250×300 mm

1.2—1.7

15—22

AMS—MFS900

2300 kg

2.6×1.6×1.6 m

300×400 mm

2.5—3.2

15—22

AMS—MFS1000

2800 kg

2.8×1.8×1.8 m

340×450 mm

3.5—4.5

45—55

AMS—MFS1200

3300 kg

2.8×1.8×1.8 m

380×500 mm

4.5—5.5

55–75

Anda tertarik untuk membeli salah satu mesin penghancur kayu modern di atas?

(sumber gambar : www.kaskus.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

24 Comments

  1. sandi

    July 10, 2016 at 21:33

    Kalo boleh tahu berapa harga mesinnya ya Bos???
    Saya minat

  2. Zairul Albar bin Abdul Latiff

    August 8, 2016 at 18:58

    Saya berminat dengan mesin model no. AMS-MSF 600. Boleh quote harga termasuk kos penghantaran ke Sitiawan. Dengan siapa saya nak berhubung? Saya memerlukan gambar atau katalog. Saya memerlukannya dengan kadar segera.

  3. agus

    October 23, 2016 at 15:15

    saya tertarik bisa kirim katalogx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *