4 Mindset yang Harus Anda Punyai Saat Menjalankan Bisnis Internet


By on November 1, 2013
4 rahasia mindset dalam menjalankan bisnis internet

Menjalankan bisnis internet atau bisnis online sebetulnya tidak begitu sulit. Apapun latar belakang Anda, dengan strategi dan perencanaan yang matang, Anda dapat mulai menjalankan bisnis tersebut dan dapat pula memiliki sebuah bisnis online yang sukses.

Namun dalam menjalankan bisnis internet agar menjadi sebuah bisnis yang berhasil, Anda perlu mengetahui mindset atau pola pikir pebisnis internet yang sukses. Ini menjadi kunci utama bahkan yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis internet. Banyak dari mereka yang gagal karena tidak mengetahui aspek penting ini!

4 Rahasia Mindset dalam Menjalankan Bisnis Internet

Pada dasarnya membangun bisnis internet sama seperti membangun bisnis biasa. Ada cara memulai bisnis online untuk pemula yang berkaitan dengan sejumlah kebiasaan yang perlu dikembangkan sejak Anda mulai start menjalankan bisnis ini. Apa saja itu?

  1. Mengetahui alasan mengapa Anda ingin menjalankan bisnis internet.
    Mengetahui alasan atau sebab mengapa Anda ingin mencapai sesuatu lebih penting daripada mengetahui bagaimana cara mencapainya. Prinsip ini baik secara sadar atau tidak sadar selalu dimiliki oleh setiap orang sukses. Sebagai mantan pelaku bisnis MLM, dulu leader saya menyebutnya sebagai “menemukan impian Anda”…hehe. Begitu menemukan alasan yang kuat atau sebab yang kuat itu, Anda akan menemukan cara untuk mencapainya. Jadi tanyakan kepada diri Anda: mengapa Anda ingin membuat bisnis internet yang sukses?
  2. Fokus pada model bisnis yang Anda pilih.
    Banyak kasus yang dialami oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang yang baru menjalankan bisnis internet. Mereka tidak fokus dan itulah salah satu penyebab utama kegagalan dalam membangun bisnis internet. Anda tidak bisa “loncat” dari satu model bisnis ke model lain dengan gampangnya. Bagaimanapun membangun bisnis membutuhkan waktu. Ada waktu untuk proses belajar, memperbaiki kesalahan, dll. Mencoba banyak model bisnis lewat online hanya akan memberi Anda perspektif yang luas, tetapi tidak akan memberi cukup waktu untuk menjalani proses membangun bisnis yang sukses. Anda harus menentukan satu model bisnis yang ingin Anda tekuni dan kemudian menjalankan bisnis tersebut. Model bisnis internet telah saya paparkan pada artikel-artikel sebelumnya dan Anda bisa membacanya lagi.
  3. Menggunakan kekuatan Anda dan mendelegasikan hal lainnya.
    Kecenderungan jika Anda sebagai pemilik bisnis juga merangkap sebagai tenaga sales, customer service, penerima telepon, admisnistrasi, kasir dan office boy dalam menjalankan bisnis justru akan membuat Anda gagal dalam memulai bisnis internet. Seorang pebisnis internet yang sukses mengetahui kekuatan dirinya dan mendelegasikan hal lainnya.
    Jika Anda memiliki kekuatan dalam mendatangkan visitor ke website Anda dengan menggunakan SEO, maka fokuslah pada kekuatan tersebut dan delegasikan urusan desain, pembuatan website, dll kepada pihak ketiga. Hal ini akan memberikan hasil yang lebih baik dan Anda juga akan menikmati pekerjaan Anda. Jangan berpikir soal uang untuk membayar itu semua! Berpikirlah kreatif dan dapatkan dana dari berbagai sumber.
  4. Konsisten dan pantang menyerah.
    Konsisten berarti mengalokasikan waktu dan perhatian khusus setiap hari untuk membangun dan menjalankan bisnis internet Anda. Alokasikan watu satu-dua jam dan berkomitmenlah menjalankan bisnis ini setiap hari. Jangan Anda mengerjakan bisnis online Anda selam 6 jam hari ini, namun Anda baru meluangkan waktu lagi minggu depan. Ini adalah sikap yang salah! Selain konsisten, Anda juga perlu mempunyai sikap pantang menyerah. Coba Anda cari informasi bisnis online yang mengulas pelaku bisnis ini dengan sukses. Pebisnis internet yang sukses pasti punya lebih banyak cerita kegagalan daripada cerita kesuksesan. Jika Anda gagal dalam satu bisnis online, evaluasilah penyebabnya dan coba lagi. Jika gagal, evaluasi lagi dan coba lagi. Semakin lama Anda akan semakin pintar dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Sikap pantang menyerah ini akan mudah Anda miliki jika Anda memiliki alasan yang kuat untuk sukses. Karena inilah mengapa kurang dari 10% orang yang akan mencapai kesuksesan.

Jika Anda mengerti dan melakukan 4 rahasia mindset dalam menjalankan bisnis internet ini, Anda sudah berada dalam perjalanan menuju kesuksesan Anda.

(sumber gambar : unknown)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About P3nO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *