Leadership dan Manajemen : Kepemimpinan Bisnis yang Sukses


By on November 1, 2013
Leadership dan Manajemen : Kepemimpinan Bisnis yang Sukses

Bicara mengenai leadership dan manajemen khususnya tentang kepemimpinan bisnis berarti bicara mengenai bagaimana caranya memimpin seluruh pasukan Anda untuk terus bisa menjalankan roda usaha. Artinya masalah apapun yang terjadi, Anda harus mampu memecahkannya dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk melaluinya.

Dan memecahkan masalah tidak selamanya harus menggunakan sumber daya Anda sendiri. Anda bisa menggunakan sumber daya orang lain. Tugas utama Anda adalah membangun lingkungan kerja yang penuh dengan orang-orang dengan sumber daya yang tepat untuk bisnis Anda.

Anda harus bisa menggiring tim Anda tadi untuk bersama mencari, merencanakan dan menjalankan solusi hingga akhirnya melewati masalah dengan aman. Masalahnya, tidak banyak yang bisa seperti ini walaupun orang tersebut sangat ahli di bidangnya, memiliki pengalaman panjang dalam industri dan punya sederet gelar pendidikan.

Nah, kebetulan saya menemukan 15 resep rahasia tentang kepemimpinan bisnis ala Mike Myatt, seorang pakar leadership. Apa saja rahasia kepemimpinan bisnis menurut beliau? Ini dia…

  1. Bangun Kerangka
    Lakukan rujukan ke pengalaman, teori atau pendapat Anda, lalu jadikan sebagai kerangka. Cara ini setidaknya bisa membuat tim menemukan sedikit arah haluan dalam mengambil keputusan.
  2. Turun ke Lapangan
    Jangan hanya melihat masalah dari kertas. Turun langsung ke lapangan dan temukan masalah realnya !! Karena solusi Anda harus benar-benar tepat untuk menyelesaikan problem di lapangan.
  3. Buka Tangan Anda
    Terima semua suara, bahkan dari yang paling kecil. Terkesan klise, tapi efektif. Memberi kesempatan semua untuk memberikan suaranya juga bisa membantu tim untuk membangun rasa memiliki. Terutama saat Anda baru membangun bisnis baru. Siapa yang tahu jika mereka punya solusi yang tepat kalau Anda tidak mau membuka tangan Anda?
  4. Keluar Batas
    Anda membuat kerangka, tapi jadikan hanya sebagai haluan dan bukan batasan. Solusi itu datang dari sumber yang tak terbatas.
  5. Proyeksi Hasil yang Signifikan.
    Pilihan solusi bisa lebih dari 3-4 buah. Lakukan proyeksi dan temukan mana yang paling signifikan untuk memberikan hasil dari proyeksi tadi.
  6. Simpel
    Solusi terbaik adalah yang paling simpel dan mudah dipahami oleh seluruh tim. Kadang solusi yang rumit akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga, bahkan sejak proses persiapan. Bahkan untuk menjelaskan sistemnya saja butuh waktu lebih lama.
  7. Pahami Resikonya
    Tidak ada langkah bisnis yang tidak beresiko? Artinya Anda tidak hanya perlu melihat hasil dari setiap solusi yang masuk, tapi juga resiko dari setiap solusi yang diusulkan.
  8. Akuntabilitas
    Setiap langkah bisnis harus Anda lihat dari sisi keuangannya. Jangan sampai pemecahan masalah yang Anda lakukan justru membuka masalah baru pada keuangan. Jadi data dengan rinci setiap biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap pilihan solusi.
  9. Pertimbangan Matang
    Setelah Anda mendapatkan pilihan tentang solusi, pertimbangan resiko, proyeksi hasil dan segala detail data-data yang lain, maka lakukan pertimbangan yamg matang.
  10. Realistis
    Tidak ada kata ideal, walaupun solusi tersebut adalah solusi yang terbaik yang Anda pernah temukan. Bisa saja hal-hal yang diluar prediksi terjadi dan mengakibatkan solusi Anda tersebut gagal. Jadi selalu siapkan plan B.
  11. Terperinci
    Solusi yang akhirnya Anda pilih sudah pasti akan Anda bahas kembali untuk Anda perinci langkah-langkanya hingga Anda bisa membuat jadwal di setiap langkahnya. Pembuatan jadwal dan perencanaan detil akan membantu Anda dan tim Amda dalam menterjemahkan solusi ini di lapangan.
  12. Terukur
    Buat ukuran-ukuran yang bisa menjadi standar kapan solusi ini bisa Anda nyatakan berhasil dan kapan Anda harus segera menjalankan plan B.
  13. Terintegrasi
    Ketika sudah tiba waktunya untuk pelaksanaan di lapangan, tim Anda harus terbagi dalam kelompok-kelompok yang menjalankan di lapangan, mengelola setiap data dan mengevaluasi setiap titik pencapaian. Semua harus berjalan secara terintegrasi supaya tetap dalam arah yang sama.
  14. Fleksibel dan Mudah Berkembang
    Seperti yang saya katakan di atas, bisa jadi sesuatu terjadi di luar prediksi Anda. Jika ini terjadi, Anda perlu melakukan adaptasi dan ini menuntut solusi Anda bersifat fleksibel dan mudah berkembang.
  15. Bertanggung Jawab
    Yang terakhir adalah bertanggung jawab atas setiap hasil dari solusi tersebut. Pertanggungjawaban tidak selalu berarti negatif, tetapi pertanggung jawaban akan mendorong Anda memberikan yang terbaik.

Itu dia 15 resep tentang leadership dan manajemen kepemimpinan dalam bisnis dalam memecahkan masalah. Ada resep lain dari pengalaman pribadi kepemimpinan di organisasi bisnis Anda?

(sumber gambar : lagroupartners.com.au)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

2 Comments

  1. PayTren

    June 6, 2015 at 22:25

    Terima kasih, semakin menambah ilmu dan wawasan baru lagi..

  2. Bisnis Terbaru 2015

    September 29, 2015 at 08:35

    Sangat inspiratif. Terima kasih sudah sharing (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *