Mesin Sedot Pasir : Keuntungan Lebih Besar Asal Anda Taat Rambu-Rambunya


By on November 2, 2013
Mesin Sedot Pasir : Keuntungan Lebih Besar Asal Anda Taat Rambu-Rambunya

Mesin sedot pasir adalah sebuah penemuan yang revolusioner yang bisa memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis pertambangan pasir. Dengan mesin sedot pasir ini, pemilik tambang bisa menghemat tenaga kerja hingga 7 orang dengan waktu pengerjaan yang jauh lebih singkat.

Anda pasti suka kan dengan kata efisiensi dan efektifitas? Nah, mesin sedot pasir ini berani menjanjikan kedua hal tersebut. Mesin ini harus dioperasikan oleh 3 orang operator, tetapi kemampuan kerjanya setara dengan 10 orang yang menambang pasir secara manual.

Tidak hanya berhenti sampai disitu. Dengan mesin sedot pasir, Anda bisa mendapatkan hasil pasir yang lebih banyak karena Anda bisa memasang pipa penyedot hingga jauh ke tengah sungai atau jauh ke dalam sungai. Di kedua titik tadi, stok pasir lebih banyak karena jarang terjamah oleh para penambang tradisional.

Apalagi jika Anda menemukan sungai dengan arus rendah, hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal. Sungai dengan arus rendah biasanya membentuk sedimen pasir di tengah sungai dan menjadi “surga” bagi para penambang pasir. Tidak hanya itu, mesin sedot pasir juga mampu bekerja dengan hasil pasir yang lebih halus, lebih bersih, bebas dari benda asing.

Bahkan dengan menggunakan mesin penyedot pasir ini Anda bisa “membebaskan” pasir Anda dari “gangguan” kerikil, sekecil apapun itu. Itu sebabnya pasir dari hasil pernambangan dengan menggunakan mesin penyedot pasir lebih tinggi harga jual produknya di pasaran. Hal ini disebabkan karena pasir yang bersih diyakini lebih baik dalam dalam membentuk cakram sehingga lebih kuat dan lekat.

Dengan penjelasan di atas, menggunakan mesin sedot pasir ini akan memberikan Anda “sumbangan” efektivitas dan efisiensi dalam usaha Anda. Tapi tidak ada gading yang tak retak. Sisi “gelap” penambangan pasir dengan menggunakan alat penyedot pasir sering jadi sorotan publik.

Jika Anda maksimalkan, mesin sedot pasir bisa bekerja hingga berpuluh-puluh kali lipat ini. Maka banyak pelaku penambangan yang “nakal” melakukan eksploitasi yang berlebihan. Kemampuan maksimal mesin pompa pasir adalah 50 ton dalam 7 jam. Bisa Anda bayangkan betapa luar biasanya mesin pasir ini. Melebihi kemampuan 10 pekerja tambang pasir tradisional…

Mengapa bisa demikian? Ini berkat sistem pompa penyedot pasir pada sisi dalam mesin penyedot pasir yang bekerja seperti kipas dengan arah terbalik dengan posisi poros menghadap ke arah depan.  Pada akhirnya  kipas ini mampu menarik udara menuju ke arah kipas yang berputar dengan kecepatan yang sama dengan roda, yaitu 80 km/jam !!

Kipas yang bergerak dalam poros dengan kecepatan tinggi ini menyerupai sistem kerja vacuum. Dan inilah yang kemudian membuat mesin sedot pasir mampu menyedot pasir. Pasir terhisap akibat dorongan daya hisap terhadap udara di dalam mesin. Hasil penyedotan kemudian masuk melalui ruang saring yang fungsinya untuk mendapatkan pasir dengan tingkat kehalusan yang sama.

Dengan kemampuan maksimalnya ini, mesin penghisap pasir yang menggunakan tenaga mesin diesel ini mampu menggerus kedalaman sungai. Bila ini terjadi, maka dikhawatirkan dapat merusak tanggul sungai dan merusak pondasi dari bangunan yang berdiri di atas air seperti jembatan. Dengan menggunakan mesin sedot pasir dengan tidak bijak, Anda sama saja “mengundang” musibah untuk datang.

Selain itu, perubahan struktur di kedalaman sungai bisa berbahaya bagi kehidupan ekosistem dalam sungai. Biota dalam sungai dipaksa melakukan adaptasi langsung karena terjadinya perubahan di dasar sungai secara mendadak. Itulah yang menyebabkan cara pertambangan pasir secara modern ini sering mendapatkan reaksi cukup keras dari masyarakat sekitar.

Bahkan beberapa pihak menjadikan sistem pertambangan dengan mesin penyedot pasir ini ilegal. Wah jadi agak rumit juga ya kalau mau mencoba usaha pertambangan pasir denga mesin penyedot pasir ini?

Tenang… masalahnya tidak seberat itu sih. Pemerintah daerah tidak lantas melarang mentah-mentah Anda menggunakan mesin sedot pasir. Mesin sedot pasir juga mempunyai banyak manfaat terutama pada program pengangkatan sedimentasi di waduk-waduk. Biasanya pemerintah justru membuka tender penyedotan pasir dan sedimen waduk untuk membantu mempercepat terprogram pemerintah.

Hanya saja khusus untuk pertambangan pasir, Anda perlu “perlakuan” yang lebih spesifik. Hindari penggunaan mesin secara optimal karena Anda akan berhadapan dengan publik. Selain itu mesin sedot pasir Anda juga tidak awet. Bila Anda bisa berkomitmen dengan masalah tersebut, maka persoalan legalitas bisnis tersebut masih bisa Anda atasi. Endingnya, Anda tinggal menikmati keuntungan yang lebih barokah… benar kan?

(sumber gambar : www.centralstoneperkasa.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

9 Comments

  1. gunarso pribadi

    June 28, 2015 at 18:26

    Saya minat beli mesin penyedot pasir sungai. Mohon informasi barang dan harganya. terima kasih.
    Gunarso

  2. muis

    December 12, 2015 at 21:29

    saya minat beli mesin sedot pasir komplit… bagaimana spesifikasinya, berapa harga dan ongkirnya?

  3. reiza

    December 17, 2015 at 06:38

    boleh dikirimkan proposal harga dan spesifikasi serta ongkirnya ke lebak
    kirimkan ke akhmad23@gmail.com
    trims

  4. Winangun

    February 25, 2016 at 19:44

    Saya berminat untuk membeli mesin ini mohon informasi selanjutnya email ke saya atau hubungi saya terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *