Ini Dia 4 Pengertian Iklan dari Para Ahlinya


By on November 5, 2013
ini dia 4 pengertian iklan dari para ahlinya

Banyak cara serta teknik untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa kepada pasar yang berimbas untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya yaitu dengan melakukan promosi dengan beriklan. Pengertian iklan disini adalah bentuk media sebagai sarana komunikasi yang memainkan peran yang sama di dalam strategi pemasaran.

Tujuan iklan penawaran adalah untuk memperkenalkan, mengingatkan dan mempengaruhi pasar (baca : calon konsumen) agar mau membeli barang atau jasa yang di tawarkan. Tanpa adanya usaha promosi seperti dengan beriklan, maka pemilik produk atau jasa tidak akan dapat memperkenalkan, mengingatkan dan mempengaruhi pasar untuk membeli barang atau jasanya secara maksimal. Dengan uraian diatas mungkin timbul di benak Anda, apa sebenarnya pengertian iklan itu?

Berikut beberapa definisi pengertian iklan dari beberapa ahli yang bisa Anda pahami.

Pengertian iklan menurut pendapat Kriyantono, 2008, p.174 :

“Iklan bisa didefinisikan sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.”

Pengertian iklan menurut Suhandang, 2005 :

“Iklan dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.”

Pengertian iklan menurut Lee, 2004 :

“Iklan adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak sebagai target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah dirrect mail (pengeposan langsung), reklame ruang luar, atau kendaraan umum.”

Pengertian iklan menurut Durianto, 2003, p.1 :

“Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk dan menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.”

Nah… Anda sudah paham bukan apa itu pengertian iklan sebenarnya. Banyak bentuk media iklan yang bisa Anda gunakan untuk ajang promosi produk Anda, dari iklan komersial, iklan kolom pada media cetak, atau Anda juga bisa memanfaatkan iklan usaha gratis dan iklan mini gratis tanpa daftar yang ada di internet.

Dan di dokterbisnis.net, Anda juga bisa memperkenalkan produk atau jasa Anda di website saya ini (sambil menyelam minum air…hehehe) dengan iklan banner murah. Saya juga menyediakan jasa review artikel mengenai produk Anda dan itu saya sendiri yang membuatnya. Untuk harga? Saya kasih murah deh…apalagi kalo Anda bisa ngerayu saya..tapi ogah kalau Anda berjenis kelamin sama dengan saya…hahahahaha..

Semoga artikel mengenai pengertian iklan ini dapat menambah pengetahuan Anda untuk berbisnis dan Anda dapat memahami apa tujuan dan efek dari ber-iklan memperkenalkan produk atau jasa Anda.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About P3nO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *