Cari Mesin Penggiling Daging Untuk Bakso? Baca Artikel Ini Dulu !!


By on November 7, 2013

Anda suka makan bakso kan? Berapa orang yang suka makan bakso seperti Anda. Kalau satu orang makan 3-5 butir bakso, bisa Anda bayangkan berapa banyak bakso yang harus dicetak dalam sehari jika Anda membuka bisnis bakso. Kalau pakai cara manual, gempor dah tangan Anda…

Makanya Anda perlu mesin penggiling daging untuk bakso, mesin mixer bakso dan mesin pencetak bakso. “Waduh, banyak amat mesin bikin bakso yang harus dibeli dok? Apa nggak ada mesin bakso mini yang murah?” Iya, tapi tenang… Anda bisa beli bertahap.

Yang penting Anda harus tahu dulu bahwa untuk membuat bakso dengan hasil yang maksimal dan banyak, Anda tidak cukup hanya mempunyai beli mesin penggiling daging untuk bakso. Ada 3 mesin bakso yang harus Anda punyai :

  1. Mesin Penggiling Daging Untuk Bakso.
    Untuk membuat bakso Anda perlu menghaluskan daging, benar kan? Anda bisa saja menggunakan mesin penggiling daging manual. Tetapi jika target produksi Anda banyak, mesin giling daging manual menghabiskan banyak waktu dan energi. Anda perlu mesin penggiling daging untuk bakso. Berita baiknya, sekarang sudah ada mesin penggilingan bakso yang efektif untuk menggiling daging ikan dan ayam. Dengan pisau bermata tiga, mesin penggiling daging untuk bakso ini menghasilkan sistem kerja yang lebih efektif. Dalam 1 jam, Anda setidaknya bisa menghasilkan antara 20 – 150 kg daging giling. Mesin penggiling daging untuk bakso ini menggunakan tenaga listrik, dengan daya maksimal 1.500 watt. Eniwei, mesin penggiling daging bakso bisa dioperasikan hanya dengan satu orang operator. Harga mesin giling daging bakso ini sekitar 2 – 6 jutaan. Nggak begitu mahal kan?
  2. Mesin Mixer Bakso
    Setelah Anda mendapatkan daging giling yang halus, Anda harus membuat adonan bakso. Mengapa? Karena Anda harus mencampur daging giling tersebut dengan bumbu-bumbu racikan Anda plus tepung. Tujuannya agar daging giling tersebut menyatu dengan bumbu serta tepung dan kalis. Kalau Anda mengaduknya ssecara manual, seperti yang sudah-sudah… lama dan menguras tenaga. Nah dengan mesin meat mincer (semacam mesin mixer bakso) ini, Anda cukup memasukan semua bahan adonan ke dalam tabung pengaduk. Kemudian Anda bisa menyempurnakan adonan tersebut dengan memberikan es batu balokan pada tabung lapis kedua sebagai pendingin, karena salah satu kiat sukses membuat bakso yang enak adalah dengan membuat adonan dalam wadah bertemperatur rendah. Mesin mixer bakso atau lebih tepatnya mesin meat mincer ini juga berfungsi menghaluskan semua bumbu dengan sempurna. Sebagai tambahan informasi, mesin meat mincer ini menggunakan dua lapis tabung dengan seperangkat alat pengaduk dengan mata pisau yang akan bekerja bersama mengaduk sekaligus menggiling adonan. Mesin mixer bakso ini bekerja dengan kapasitas maksimal 8 kg. Kinerja mesin meat mincer selama 15 jam yang sama dengan proses pengadukan 1,5 jam secara manual. Jauh kan bedanya? Berapa harganya? Anda cukup mengeluarkan sekitar 3 – 6 juta rupiah saja. Berapa kebutuhan listriknya? Agak besar, sekitar 4.000 watt. Lebih besar dari mesin serut es listrik.
  3. Mesin Pencetak Bakso
    Nah ini dia mesin bakso yang Anda butuhkan di akhir proses pembuatan bakso. Setelah adonan Anda rasa cukup kalis dan tercampur rata, Anda tinggal mencetak adonan ini menjadi pentol bakso. Anda perlu mesin pencetak bakso !! Mesin pencetak bakso ini bekerja otomatis mencetak adonan bakso dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa membuat bakso kerikil, bakso ukuran standar, bakso bola tenis bahkan bakso isi dengan mesin penectak bakso ini. Mau tahu kemapuan mesin pencetak bakso ini per menitnya? 230 butir !! Dahsyat kan? Listriknya juga nggak besar-besar amat. Hanya sekitar 1.100 watt. Kalau mau Anda bandingkan, mesin ini setara dengan 6 tenaga kerja pencetak bakso. Harganya sekitar 10 jutaan. Kalau Anda mempekerjakan 6 orang karyawan tetap dengan gaji 750 ribu rupiah per bula, berapa yang harus Anda kelaurkan setahun? Lebih efisien dengan menggunakan mesin pencetak bakso kan?

Mas bro dan mbak bro yang terhormat, itu tadi itu 3 mesin pembuat bakso yang harus Anda miliki. Modal untuk membeli mesin giling bakso dan “teman-temannya” memang agak besar, sekitar 20-an juta rupiah. Bukan paket mesin bakso murah tentunya.

Tapi kalau Anda bandingkan harga mesin bakso dengan biaya yang harus Anda keluarkan dalam 1 tahun plus efektifitasnya, jaauuhhhh bos… Makanya sekali lagi ingat ya, kalau Anda mau buka usaha bakso, pakai mesin penggiling daging untuk bakso, mesin mixer bakso dan mesin pencetak bakso. Tapi kalau modal Anda tetap terbatas, coba beli mesin bakso bekas, okay… Sip !!

(sumber gambar : archive.kaskus.co.id)

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. Bagus cahono

    July 31, 2016 at 14:21

    tlng kirimi gambar 3 mesin untuk bakso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *