Info Mesin Produksi Makanan : Mesin Kentang Spiral Pembuat Twist Potato


By on November 8, 2013
Info Mesin Produksi Makanan : Mesin Kentang Spiral Pembuat Twist Potato

Anda ingin tahu info mesin produksi makanan yang menarik? Saya punya !! Mesin kentang spiral buat bikin twist potato. Tahu twist potato kan? Nggak tahu? Fayah lah ente… Twist potato itu kentag berulir, ha..ha..ha.. “Tahu lah dok.

Namanya twist potato yang kentang berulir. Wong itu terjemahannya. Penjelasannya lah…” Okay, walaupun di atas sudah ada gambar potato twist, saya akan pasang gambar lagi aja biar jelas. Gambar kan mewakili seribu makna, ho..ho..ho..

twist potato yang lezat gan...

Twist Potato yang Lezat Gan…

Udah punya bayangan kan sekarang? Memang belum lama sih makanan ringan kentang ulir yang satu ini muncul di Indonesia, Jadi wajar saja kalau belum terlalu populer. Tapi produk kentang yang satu ini sukses memikat pasar. Tampilannya aneh kali yak… jadinya konsumen pada penasaran.

Twist potato ini bentuknya memang unik. Terbuat dari kentang dengan spiral dan ditata memanjang pada sebatang tusuk sate. Biasanya kentang ulir ini digoreng lantas di beri bumbu perasa atau mayones dan saus pedas. Ukurannya bermacam-macam… ada yang sampai 45 cm.

Keuntungan usaha kentang ulir ini juga top markotop gan… Untuk satu buah kentang ukuran sekilo isi 15 butir, Anda bisa menjualnya dengan harga 3 – 5 ribu rupiah. Anda tahu berapa harga sekilo kentang? Hanya sekitar 10 ribu rupiah. Jadi nggak usah kaget kalau Anda ketemu “bakul kentang ulir” yang omset hariannya mencapai 1 juta satu rupiah !!

“Eh… stop dok. Kita kan bahas info mesin produksi makanan? Bukan potensinya !!”. Wokeh… kita sudahi dulu bahasan twist potatonya. Kita lanjutkan mengenai info mesin kentang spiral. Mesin kentang spiral ini sangat unik. Ia bisa menghasilkan kentang yang tadinya bulat menjadi spiral.

Katanya, alat spiral kentang ini asalnya dari Jepang dan Korea. Tapi kemudian seluruh dunia menyukainya. Sampai-sampai trend kentang ulir atau twist potato ini beken banget di Amerika. Dan di Indonesia, mesin ini kentang spiral ini baru masuk sekitar tahun 2012 lalu.

Mesin kentang spiral bekerja dengan mata pisau miring yang memutar dalam poros. Porosnya sekaligus digunakan sebagai tempat Anda memasang kentang utuh yang nantinya akan diproses hingga berbentuk spiral. Ketika Anda memutar tuas, maka kentang secara otomatis juga akan terpotong secara spiral oleh pisau ulir kentang hingga habis.

Keren kan? Sayangnya mesin potong kentang spiral ini memang masih bekerja dengan cara manual, jadi Anda perlu memutar tuas untuk mengoperasikan putaran pisau pemotongnya.

Bek to the topik hidayat… Dari sebuah kentang bulat ukuran standar tadi, Anda bisa mendapatkan kentang spiral dengan panjang sekitar 20 – 30 cm. Anda bisa jual potato twist Anda dengan harga 5 ribu rupiah. Kalau kentang yang ukuran lebih besar, Anda bisa jual dengan harga 10 ribu rupiah.

Mesin ini dirancang cukup cermat. Untuk menjaga kualitas hasil potongan terutama supaya spiral tidak putus di tengah, maka mata pisau dibuat setajam mungkin. Itu pula sebabnya bahan baku mesin pembuat kentang spiral ini harus terbuat dari stainless steel yang tahan karat agar tidak merusak kehigienisan kentang tersebut.

Hebatnya lagi, mesin kentang spiral ini juga jagoan dalam membuat ulir dari bahan makanan lain seperti ketimun jepang, wortel, ubi dan singkong. Jadi hanya dengan 1 mesin kentang spiral, Anda bisa membuka usaha jajanan yang buanyak macamnya.

Anda juga bisa memanfaatkannya alat pengiris kentang spiral ini sebagai perlengkapan dalam membuat sajian restoran atau usaha catering Anda. Jadi info mesin ini juga cocok untuk menjadi referensi Anda yang sudah terjun pada bisnis kuliner profesional. Lebih jelasnya, Anda lihat video alat kentang ulir di bawah ini :

Udah dilihat kan mas bro dan mbak sist? Kalau udah dilihat dan Anda tertarik buat membeli, harganya nggak mahal kok. Saat ini harga mesin pembuat kentang ulir ini sangat beragam. Ada yang 250 ribu rupiah untuk model yang bisa Anda bongkar pasang atau harga Rp. 500.000,- hingga Rp. 700.000,- untuk jenis mesin kentang spiral standar.

Ada lagi jenis mesin kentang spiral yang punya kemampuan khusus. Namanya Twister Dog. Harganya bisa mencapai 800 ribu rupiah. Keistimewaan mesin kentang ulir jenis Twister Dog adalah mampu membuat kentang ulir sekaligus mengkaitkannya pada sebatang sosis. Mantab kan?

Dan Anda tidak perlu kuatir jika Anda membuka outlet di pinggir jalan macam outlet bisnis kue fancy mochi untuk membuka usaha potato twister. Mesin pembuat kentang ulir ini cukup ringan, bobotnya antara 1 – 3 kg dengan ukuran dimensi sekitar 25 cm x 15 cm. Jadi kalau mau bongkar pasang tambal sulam, alat ini nggak berat untuk Anda angkut dan Anda pindah-pindahkan.

Well, saya kira cukup sudah info mesin produksi makanan mesin kentang spiral pembuat twist potato ini. Benar-benar sebuah alat sederhana yang murah meriah tetapi bisa mendatangkan potensi usaha yang cukup untuk Anda perhitungkan.

(sumber gambar : ulirkentang.blogspot.com, korcan50years.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *