Ini Dia 6 Tanda Darurat Saatnya Anda Harus Mengganti Design Logo Perusahaan

By on November 8, 2013

Coba Anda perhatikan merek-merek terkenal baik lokal, nasional maupun internasional. Apakah Anda menemukan ada beberapa dari mereka yang “suka” berganti-ganti design logo perusahaan dan produk serta desain kemasan? Selanjutnya pasti muncul pertanyaan di benak Anda, kenapa mereka suka berganti-ganti design logo perusahaan ya?

Itu karena mereka sedang melakukan strategi usaha. Logo adalah media identifikasi produk di pasar. Jadi layaknya wajah seseorang, maka logo akan menjadi media pertama bagi konsumen dalam menilai sebuah produk. Kalau design logo perusahaan dan produk sudah menunjukan tanda-tanda “jadul”, mereka akan berkata “Waktunya buat ganti logo nih…”.

Tapi tunggu dulu… Bukannya kalau logo diganti-ganti akan membingungkan konsumen? Gimana mereka akan mengenali logo baru tersebut nantinya? Yang Anda pikirkan tidak salah. Benar, berganti-ganti logo bisa membingungkan konsumen.

Tapi yang perlu Anda ketahui, design logo perusahaan dan produk bisa Anda ganti dengan kaidah-kaidah bisnis tertentu. Dan Anda perlu sebuah strategi usaha khusus untuk urusan yang satu ini. Ngomong-ngomong, wajah manusia juga berubah-ubah, seiring dengan bertambahnya usia dan kematangan seseorang. Tetapi walaupun berubah, Anda pasti bisa mengenali teman dekat Anda waktu kecil kan?

Well, Anda bisa mengganti logo Anda dan tetap dikenali oleh konsumen Anda tetapi harus dengan pertimbangan strategis yang sangat matang. Lalu pertanyaannya sekarang adalah, kapan logo bisnis Anda tersebut harus Anda ganti? Ada 6 tanda yang mengisyaratkan bahwa logo Anda sudah jadul dan waktunya diganti. Apa saja ke-6 tanda itu? Ini dia…


  1. Usaha Anda sudah mulai mapan.
    Ketika Anda sudah bisa memiliki pasar yang mapan, tentu Anda sudah mengenali seperti apa usaha dan produk Anda. Anda juga sudah lebih mudah untuk menentukan branding dari produk Anda, target pasar dan ciri khas dari produk Anda. Nah, nilah saatnya menyempurnakan logo Anda agar bisa menggambarkan identitas dari produk Anda lebih baik. Ingat, pastikan produk Anda sudah mapan terlebih dahulu. Karena bila belum, mengganti logo akan menjadi senjata makan tuan. Anda akan kehilangan pasar yang sudah Anda bentuk. Dan saat mengganti design logo perusahaan dan produk, Anda harus mempertahankan ciri khusus dari gambar logo produk atau perusahaan Anda yang lama sebagai tanda bagi konsumen agar mudah mengenali logo Anda yang baru.
  2. Logo Anda tidak cocok dengan internet marketing.
    Di era new waver marketing, internet sudah menjadi “nyawa baru” bagi dunia pemasaran. Maka Anda harus bisa memastikan bahwa logo Anda tampil menarik di layar laptop, tablet dan juga PC. Kalau logo Anda dibuat saat internet belum “menggila” seperti sekarang, Anda harus tinjau ulang log Anda… cocok nggak tampilan logo tersebut muncul di page facebook atau di web Anda. Kalau Anda tidak bisa, cari konsultan branding atau perusahaan logo yang bisa membantu Anda membuat logo baru yang lebih eye catchy di layar laptop, tablet dan PC.
  3. Logo Anda sudah tidak lagi menggambarkan produk atau usaha terkini.
    Jaman pasti berkembang… Produk dan usaha Anda pun demikian. Dan kadang, perkembangan jaman benar-benar mengubah dunia secara keseluruhan, termasuk bisnis dan usaha Anda. Itulah sebabnya Anda perlu mengubah logo Anda agar produk Anda lebih update.
  4. Logo Anda adalah proyek swadaya.
    Saya yakin bahwa 10 tahun lalu kebanyakan dari Anda mengawali usaha dengan segala keterbatasan dana dan sumber daya. Dan biasanya, Anda merampungkan semua pekerjaan bisnis Anda dengan tangan Anda sendiri, termasuk desain logo. Waktu itu sih masih oke-oke saja. Tapi kalau sekarang usaha Anda mapan, seharusnya keuangan Anda sudah lebih mapan kan? Artinya apa? Artinya Anda harus segera me-redesingn logo agar lebih profesional, up to date dan bernilai jual.
  5. Logo Anda kalah dengan logo kompetitor.
    Masuk di bisnis berarti Anda harus siap terlibat dengan persaingan yang ketat. Bila beberapa tahun yang lalu Anda hanya bersaing dengan 2 -3 kompetitor, maka tahun ini Anda harus berjuang dengan kompetitor yang lebih banyak. Yang bikin tambah parah, ternyata pesaing Anda handal dalam masalah marketing, termasuk menciptakan logo yang menarik. Ini adalah tanda bagi Anda untuk segera mengubah design logo perusahaan Anda secepat mungkin.
  6. Logo Anda terlalu ribet.
    Saya akan beritahu satu rahasia tentang  logo. Beberapa tahun yang lalu, orang lebih suka dengan logo yang detil dan rumit. Tapi semuanya berubah. Mereka lebih suka logo yang simpel dan minim warna, layaknya rumah minimalis. Dan beberapa tahun terakhir ini, logo dengan desain yang minimalis masih disukai. Hanya saja, warna yang dipilih lebih eye catchy. Nah, perubahan ini harus Anda ikuti dengan mengubah logo Anda. Sederhanakan dan buat warna logo Anda lebih “meriah”. Gimana rasanya jika Anda melihat logo dari sebuah produk yang ada di warung kelontong tetangga Anda seperti logo kabupaten lengkap dengan padi dan kapasnya…

Okay, karena sekarang Anda sudah tahu ke-6 tanda darurat yang membuat Anda harus mengganti design logo perusahaan Anda, ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab secepat mungkin. Apakah Anda sudah siap mengganti design logo perusahaan termasuk produk atau jasa Anda?

(sumber gambar : logos.wikia.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =