Mesin Soft Ice Cream : Hasilnya Lembut, Alatnya Gampang Dioperasikan


By on November 16, 2013
Alat Mesin Soft Ice Cream : Lembut, Variatif, Mudah Dioperasikan

Tiap kali saya datang ke acara “kondangan”, ada satu hal yang paling saya cari-cari… mesin soft ice cream yang buat hasilin es krimnya mana neh… Anda pasti juga kan? Nggak usah malu, ha..ha..ha.. Lha memang semua orang doyan es krim kok. Sudah enak, kaya akan nutrisi lagi (*katanya, wkwkwkwkwkwk)…

Udah gitu belakangan ini juga muncul soft ice cream dari bahan sorbet buah, yaitu jus buah campur susu yang di “blend” dan di proses dengan mesin soft ice cream sehingga menjadi es krim segar kaya rasa. Yang terakhir ini juga bikin Anda ngiler kan? Yang sederhana aja juga bikin orang antri-antri. Apalagi yang “rumit”, he..he..he..

Nggak percaya? Masih ingat dengan ice cream corn buatan McD yang fenomenal itu kan? Ice cream cone McD tersebut termasuk soft ice cream yang sederhana. Meskipun sederhana, penggemarnya rela mengantri untuk merasakan nikmatnya es krim dengan tekstur yang lembut tersebut.

Tapi tahukah Anda bahwa ada 2 aset utama di usaha kuliner yang satu ini? Apa saja sih kedua ase tersebut? Yang pertama adalah alat mesin soft ice cream. Dengan alat ini, Anda bisa memproses bahan cair dari es krim menjadi ice cream kental nan lembut.

Aset utama yang kedua adalah formula yang tepat. Dengan formula yang tepat maka mesin ini dengan mudah mengubah bahan baku menjadi soft ice cream yang enak, segar dan lembut. Tinggal Anda “semprotkan” es krim tersebut pada cone atau mangkuk dan blaarrr… es krim nikmat nan lembut sudah siap untuk Anda nikmati.

Well, mari kita bahas mesin soft ice cream ini, dimulai dari cara kerja mesin ice cone ini. Mesin soft ice cream bekerja persis dengan cara pembuatan es krim tradisional. Mesin soft ice cream terdiri dari dua wadah. Bagian luar sebagai penyimpan es blok untuk mendinginkan wadah sisi dalam, sedangkan wadah yang ada di dalam berfungsi sebagai pemroses bahan cair yang diaduk terus-menerus dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Proses dan cara membuat soft ice cream ini bisa rampung dalam 5 – 10 menit saja. Tapi ngomong-ngomong, Anda sudah tahu kan bahan dasar apa saja yang harus Anda gunakan agar bisa membuat komposisi soft ice cream yang mantab? Krim, skim, air, gula dan stabilizer, hanya itu.

Krim adalah bagian lemak terkental dari susu, santan atau telur. Anda juga bisa gunakan yoghurt. Sedangkan skim adalah bagian yang mengandung protein pada susu. Kadar air pada bahan baku cairnya harus antara 60% – 63% saja. Bila kadar air tidak tepat, maka ice cream akan terlalu padat atau justru kurang padat.

Anda bisa mencampur ke lima bahan dasar ini dengan bahan pelengkap seperti buah, cokelat atau perasa untuk bisa membuat adonan ice cream dengan komposisi yang tepat. Setelah adonan cair tecampur rata, diamkan dalam mesin pendingin 4 jam dan proses dengan mesin soft ice cream.

Sudah jelas kan sekarang? Nah, dalam kesempatan ini saya akan sertakan informasi tentang varian dari mesin pembuat ice cream cone yang beredar di pasaran lengkap dengan spesifikasi dan harga mesin cone ice cream nya.

  1. Mesin soft ice cream 1 kran.
    Model : ES 8A ( made in Taiwan)
    Kapasitas : 8 liter /jam
    Listrik : 400 watt, 220 volt
    Berat : 47 kg
    Harga mesin ice cream : Rp 14.750.000
  2. Mesin soft ice cream 3 kran.
    Model : ES 25A ( made in Taiwan)
    Kapasitas : 25 liter /jam, storage 6.5 liter x 2
    Listrik : 1600 watt, 220 volt
    Berat : 115 kg
    Harga mesin soft ice cream : Rp 21.150.000
  3. Mesin soft ice cream 1 kran dengan jelly.
    Model : ES 8B ( made in Taiwan)
    Kapasitas : 8 liter /jam
    Listrik : 400 watt, 220 volt
    Berat : 46 kg
    Harga mesin pembuat ice cream : Rp 16.550.000

Tapi kayaknya kurang afdol ya kalau Anda nggak lihat video mesin ice cream nya? Wokeh… seperti biasa, saya sertakan video youtube ice cream :

Begitu saja dari saya, monggo kalau ada yang berminat membeli mesin ice cream murah bisa menghubungi agen dan toko mesin yang menyediakan mesin es cone. Selamat membeli mesin soft ice cream…

(sumber gambar : manila.olx.com.ph)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

4 Comments

  1. suratijo

    May 24, 2015 at 10:49

    bapak saya infonya bagamana cara order mesin ice cone

    • Om Nip-Nip

      May 28, 2015 at 22:10

      @Suratijo : langsung hubungi mas Tri Aris W di : 0813 2849 5674

  2. suratijo

    May 24, 2015 at 10:50

    bagamana caranya order mesin ice cone

    • Om Nip-Nip

      May 28, 2015 at 22:09

      @Suratijo : langsung hubungi mas Tri Aris W di : 0813 2849 5674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *