Cari Modal Usaha Gratis? Baca yang Satu Ini !!


By on March 7, 2014
Cari Modal Usaha Gratis? Baca yang Satu Ini !!

Kalau saya tanya kepada Anda tentang masalah apa yang paling sering dikeluhkan oleh para pengusaha, pasti jawabannya adalah modal kerja, benar kan? Klasik, tapi menghujam langsung ke jantung pertahanan !! Sampai-sampai banyak orang yang cari modal usaha gratis saat permintaan dari konsumen meledak.

Saya tidak tahu apakah ada modal usaha gratis atau ekstrimnya bisnis tanpa modal. Yang saya tahu tidak ada makan siang gratis di dunia ini. Dengan kata lain, modal usaha gratis itu hampir pasti tidak ada. Kalaupun ada, saya pastikan hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan. 1 berbanding 10.000 !!

Maka dari itu, saya akan berikan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan modal kerja atau modal investasi yang “mirip” dengan modal usaha gratis seperti yang Anda inginkan. Ada beberapa solusi agar masalah modal kerja Anda terselesaikan. Anda bisa menyediakannya dana kas dari pendapatan usaha baik dari penjualan tunai di saat produk Anda lepas ke konsumen atau dari pembayaran piutang yang biasa dikenal dengan sebutan penjualan kredit.

Tapi ada satu masalah… ternyata tidak selamanya pendapatan usaha mampu mencukupi besaran nominal yang Anda butuhkan untuk memenuhi modal kerja Anda. Apa artinya? Artinya Anda membutuhkan dana dari cara yang lain sebagai suntikan bagi modal kerja Anda.

Hal ini biasa terjadi secara insidental akibat dari siklus operasional yang terjadi pada periode bersangkutan. Biar lebih mudah, saya kasih contoh saja ya… Misalkan Anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang penjualan alat tulis.

Pada sekitar bulan Juni – Juli, ketika terjadi “momen kenaikan kelas” yang terjadi hampir di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, maka saat itu Anda harus memiliki persediaan yang lebih banyak dari biasanya. Dan biasanya bisa meningkat hingga 300%. 

Dengan penjualan regular pada bulan April dan Mei, maka mustahil bagi Anda menutupi kebutuhan dana modal kerja untuk membeli persediaan sebanyak itu. Di sinilah peran Anda dalam pengelolaan sistem modal kerja. 

Ada saat dimana Anda perlu menyisihkan sebagian hasil usaha Anda, ketika kebutuhan modal kerja Anda lebih kecil dan terdapat sisa dana yang tidak terpakai. Sumber daya modal dari dana sisihan di bulan-bulan sebelumnya inilah yang bisa membantu Anda ketika Anda sedang membutuhkan modal kerja yang lebih besar.

Ini berkaitan dengan masa pasang surut usaha Anda. Ketika ternyata dana sisihan tersebut tetap tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan dana Anda di saat terjadi lonjakan permintaan, dengan terpaksa Anda harus cari jalan keluar di luar 2 cara di atas.

Ada 5 alternatif suntikan dana yang bisa menutupi kebutuhan modal kerja Anda.

  1. Ekuitas
    Ekuitas adalah suntikan modal. Jadi Anda menyuntikan dana segar yang diakui menjadi bagian dari struktur permodalan usaha. Anda bisa mendapatkannya dari sumber daya pribadi Anda atau dengan melibatkan investor baru.
  2. Hutang Usaha
    Yang dimaksud dengan hutang usaha di sini adalah menyepakati sistem pembayaran termin dengan supplier Anda. Selama pihak supplier mempercayai kredibilitas Anda, cara ini adalah cara untuk mendapatkan pinjaman modal atau bantuan modal yang paling efektif dan yang paling sering dipakai oleh banyak orang.
  3. Sistem Sewa dengan Termin
    Kadang kala kebutuhan dana Anda bukan untuk persediaan, tetapi untuk sebuah fasilitas yang berkaitan dengan proses produksi. Misalkan Anda membutuhkan sebuah mesin untuk pabrik Anda sementara waktu karena pesanan yang khusus pada bulan tersebut. Maka daripada Anda membeli sebuah mesin usaha dengan harga yang tinggi, Anda bisa menyewanya dengan sistem termin.

Sudah terjawab sekarang kan bagaimana cari modal usaha gratis? So, maafkan saya kalau ternyata artikel tentang modal usaha gratis ini tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena pada dasarnya, saya ingin mengajak Anda untuk menjadi cerdas dalam mengelola modal usaha.

Tetapi kalau Anda tetap ingin mencari cara mendapatkan modal usaha yang lebih mudah dari cara di atas, silahkan Anda membaca 11 cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan ala TDW. Siapa tahu Anda menemukan solusinya.

But believe me… cara di atas jauh lebih rasional untuk Anda dapatkan daripada Anda mencari orang yang mau memberikan modal usaha gratis kepada Anda.

(sumber gambar : modalkecilbisnis.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

16 Comments

  1. suwarso

    March 16, 2015 at 13:54

    Aku mengharap bantuan modal kecil untuk usaha kion istri saya,

  2. oni rudy rustianto

    October 15, 2015 at 13:22

    saya butuh modal buat usaha krn saya lum kerja tapi saya usaha lagi ngebangin usaha saya ngelilingkan krupuk puya teman saya tapi modalya gak cukup

  3. milli

    November 25, 2015 at 14:36

    lg nyari investor buat usaha,pasar bagus.seluruh kalimantan.berminat emai sy di millai78@gmail.com,terima kasih.

  4. gunanta

    January 18, 2016 at 19:40

    Semua sama mau usaha tapi lagi2 modal hanya tekad jujur,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *