Mesin Penggiling Kopi : Alat Kesuksesan Bagi Bisnis Kopi Anda


By on March 13, 2014
Mesin Penggiling Kopi : Syarat Mutlak Kesuksesan Bisnis Kopi Anda

Anda mau bisnis minuman kopi? Anda harus punya mesin penggiling kopi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan mesin grinder kopi. Dengan mesin penggiling kopi, Anda akan merasakan betapa terbantunya Anda dalam menjalakan bisnis minuman kopi Anda. Lalu “Bantuan” seperti apa yang bisa diberikan oleh mesin penggiling kopi ini? 

Begini mai fren… salah satu penentu keberhasilan usaha kopi adalah rasa dari kopi yang Anda sajikan. Pecinta kopi sangat sensitif terhadap rasa kopi. Lidah mereka sangat tajam. Semakin nikmat kopi yang Anda sajikan, semakin cepat bisnis kopi Anda sukses.

Lalu bagaimana cara menciptakan kopi yang enak? Banyak hal… Tetapi intinya ada 2. Yang pertama adalah pemilihan kopinya. Yang kedua adalah cara pengolahannya. Untuk pemilihan kopi, Anda tidak harus menyediakan kopi dengan kualitas “ganas” macam kopi luwak. 

Pilihlah kopi yang berkualitas dari produsen asli perkebunan kopi. Bukan dalam bentuk bubuk kopi, tapi masih berupa biji kopi basah. Mengapa harus berbentuk biji kopi basah? Karena biji kopi basah memiliki kemampuan menyimpan rasa yang lebih baik dari biji kopi kering atau bubuk kopi.

Selain itu, jika Anda menggunakan bubuk kopi yang sudah jadi, Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana kemurnian bubuk kopi yang Anda beli, isn’t right? Sudah jadi rahasia umum bahwa mayoritas kopi yang dijual di pasaran selalu ada bahan campuran yang sengaja diimbuhkan. 

Bisa beras sangrai, arang, kopi dari jenis yang lebih murah atau dari bahan-bahan lainnya. Maukah Anda mengambil resiko tersebut yang bisa mengorbankan “nama baik” usaha cafe kopi Anda? Tentu tidak bukan? Untung bukan lempung yang ditambahkan, Ha..ha..ha.. 

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mengolah biji kopi basah tersebut? It’s simple… sederhana. Anda cukup mengeringkannya hingga menjadi hitam.

Caranya bisa Anda sangrai atau Anda keringkan dengan mesin pengering kopi. Hasilnya adalah biji kopi hitam seperti yang biasa Anda kenal selama ini. Setelah itu, gunakan mesin penggiling kopi atau grinder kopi tadi untuk menghaluskan biji kopi hitam menjadi bubuk.

Saat Anda menghaluskan biji kopi tadi, campurkan ramuan khusus “rahasia dari mbah-mbah Anda” untuk menciptakan bubuk kopi yang original dari kedai kopi Anda. Nah, di sinilah peran utama mesin grinder kopi dalam men-sukses-kan bisnis kopi Anda, huraaaa…

Selain itu, mesin grinder kopi ini juga bisa menghaluskan bahan kering hingga menjadi bubuk. Jadi tidak hanya bahan kopi saja. Jadi Anda bisa menggabungkan beragam jenis biji kopi atau biji kopi dengan bahan non kopi tertentu dalam satu kali proses dengan alat pembuat kopi ini.

Hasilnya… sekali lagi, Anda akan mempunyai bubuk kopi campuran original asli dari kedai Anda. Dan perlu Anda ketahui, proses pencampuran dengan mesin penggiling kopi memiliki hasil yang lebih baik daripada pencampuran yang Anda lakukan ketika kopi sudah menjadi bubuk.

Sudah jelas kan sekarang brother? Now, kita lihat manfaat mesin kopi otomatis ini dari sisi ekonomis. Well, penggunaan mesin penggiling kopi ini bisa membuat Anda mengurangi biaya produksi. Anda harus tahu bahwa harga kopi bubuk lebih tinggi 40% hingga 80 % dari harga biji kopi basahnya.

So, bila Anda proses sendiri bubuk kopi tersebut, Anda hanya perlu menambahkan biaya sekitar 20%. Artinya apa? Artinya harga pokok bubuk kopi buatan Anda sendiri lebih murah. Mengapa hanya 20% saja penambahan biayanya?

Jelas om bro… Anda sendiri yang buat kopinya. Dan pada umumnya, alat kopi ini tidak memakan energi yang banyak. Hemat listrik, meskipun beberapa mesin grinder kopi memiliki kapasitas hingga 11 kg/jam. Jadi kesimpulannya cuman ngirit dan ngirit dan ngirit, ha..ha..ha..

“Hmmm… saya paham sekarang bos. Cuman masalahnya, berapa harga mesin kopi ini? Nggak sampai puluhan juta kan?” Nei..nei..nei… Tidak !! Harganya murah gan, di bawah 10 juta. Jenisnya juga beragam. Kalau mau yang miring harganya, pakai produk China atau produk buatan lokal. Kalau mau yang berkualitas, pakai mesin penggiling kopi asli Brazil dan Italia.

Tapi secara umum, perbedaan harga itu terletak pada ukuran dan kapasitas produksinya. Yang kecil biasanya hanya punya kemampuan menghaluskan kopi sekitar 2 – 5 kg/jam. Harga mesin grinder kopi nya di bawah 2 juta rupiah.

Kalau Anda butuh yang lebih besar, Anda bisa gunakan mesin grinder kopi dengan kapasitas 11 kg/jam. Cocok jika Anda bergerak di bisnis supplier kopi bubuk atau franchise kopi yang sudah punya mitra usaha yang banyak. Harga juga nggak mahal-mahal amat, sekitar Rp. 3 – 4 jutaan. Listriknya juga kecil, hanya 250 watt. Pengen lihat contoh video mesin grinder kopi? Lihat aja di bawah ini :

Wokeh… begitu saja penjelasan saya. Anda berminat? Kalau ya, silahkan Anda klik link mesin penggiling kopi. Di situ Anda bisa menemukan berbagai macam mesin grinder kopi dengan harga yang murah plus bergaransi. Selamat berbelanja…

(Sumber gambar : mesinkopibagus.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. era

    January 20, 2016 at 19:06

    Akhirnya, trms buat sharing barunya gan. bermanfaat sekali
    untuk ane yang memulai dagang kopi, tolong doanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *