Kunci Sukses Usaha Ini Salah !! Jangan Anda Ikuti (Bagian 1)


By on March 14, 2014
Kunci Sukses Usaha Ini Salah !! Jangan Anda Ikuti (Bagian 1)

Judul di atas provokatif ya? Maaf jika nantinya kurang pas dengan tema artikel ini. Karena sebenarnya kunci sukses usaha yang akan saya bahas nanti bukanlah kunci sukses yang buruk. Hanya kurang tepat jika Anda telan mentah-mentah. Tetapi yang pasti, apa yang saya bahas ini sederhana tetapi fundamental. Okay, let’s go…

Anda pasti sering mendengar orang berkata, “Saya mengerjakan apa yang saya cintai.” Atau kalau yang lebih spesifik, “Kerjakan apa yang kamu cintai niscaya uang akan datang kepadamu”. Saya percaya bahwa nasihat tersebut adalah nasihat bisnis yang bagus.

Tetapi IMHO, sebagai “jargon” kunci sukses usaha yang sudah “melegenda” sejak dahulu, ada satu kesalahan yang paling mendasar dari kiat sukses usaha tersebut. According to Kiyosaki di dalam bukunya yang berjudul Before U Quit U’r Job, kesalahan yang paling jelas dari kiat atau cara usaha sukses tersebut adalah penggunaan kata “SAYA“.

Perlu Anda ketahui, misi sejati seorang entrepeneur sukses adalah tentang “SIAPA yang ANDA CINTAI“. Bukan tentang “ANDA“. Misi adalah tentang “UNTUK SIAPA ANDA BEKERJA“, bukan tentang “BEKERJA UNTUK DIRI ANDA SENDIRI“.

Bagi saya, tidaklah cukup bagi Anda untuk BISA mengecap kesuksesan di bisnis jika Anda hanya memikirkan apa yang Anda cintai. Saya akan kutipkan perkataan Lance Amstrong dalam sebuah bukunya…

Saya mempunyai kesan mengenai tujuan yang baru, dan hal itu tidak berkaitan dengan pengakuan serta eksploitasi saya pada sepeda. Sejumlah orang tidak akan memahami hal ini, tetapi saya tidak lagi merasa bahwa peran saya dalam hidup adalah sebagai seorang pembalap sepeda. Mungkin peran saya adalah sebagai orang yang bertahan dari kanker. Hubungan perasaan saya yang paling kuat adalah dengan orang-orang yang berjuang melawan kanker serta mengajukan pertanyaan yang sama seperti saya : “Apakah saya akan meninggal?”

Meskipun akhirnya Lance Amstrong didakwa dengan kasus doping, ada satu hal positif yang bisa kita ambil dari perkataannya. Bahwa tidak cukup bagi kita untuk bisa bertahan hidup dan membuat sesuatu yang luar biasa jika semuanya hanya berpusat untuk kepentingan diri kita.

Saya… mengalami kegagalan berkali-kali dalam bisnis. Seperti yang pernah saya selipkan “perjalanan bisnis saya” di artikel-artikel bisnis yang telah lalu, saya pernah bangkrut dan hampir-hampir tidak bisa menafkahi keluarga saya. Dan Alhamdulillah… hingga sekarang, saya masih bisa tetap “berdiri tegak” walaupun badai terus menerpa.

Tetapi tahukah Anda alasan apa yang membuat saya tetap bisa berjalan dan bangkit dari ratusan kegagalan yang menimpa saya? Hanya satu brother… “saya tidak mau mengecewakan orang-orang yang telah mendukung saya hingga saya bisa melangkah sejauh ini”.

Partner bisnis saya yang hingga kini selalu setia menemani saya bertahun-tahun meskipun berkali-kali usaha yang kami bangun hancur… kakak saya yang selalu membantu saya hingga urusan-urusan yang kecil dan terkesan sepele…

Keluarga saya yang tetap percaya kepada saya walaupun saya belum bisa memberikan yang terbaik buat mereka… Juga karyawan saya yang selalu setia membantu saya menyelesaikan masalah yang menerpa bisnis saya. 

Saya harus terus dan terus berjalan hingga saya bisa membalas semua dukungan, pengorbanan dan kepercayaan yang telah mereka berikan kepada saya. Kesabaran mereka harus saya bayar !! Itulah mengapa saya katakan bahwa tips usaha sukses “mengerjakan apa yang Anda cintai saja” tidaklah cukup. Anda butuh sesuatu yang lebih dari hanya sekedar “mencintai pekerjaan Anda”. 

Pertanyaannya sekarang adalah “bagaimana kunci sukses usaha yang salah ini bisa berdampak buruk di bisnis yang nyata? Jangan kemana-mana. Anda akan menemukan jawabannya di artikel saya tentang “Kunci Sukses Usaha Ini Salah !! Jangan Anda Ikuti Bagian 2″…

(sumber gambar : www.planetminecraft.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. peluang bisnis

    May 14, 2014 at 13:09

    kiat bisnis kini memang melayani dan memuaskan pelanggan bukan diri kita sendiri.

  2. Athem

    April 18, 2015 at 09:38

    Thanks ilmu yang bermanfaat ini semoga berkah

  3. BisnisDayCom

    October 7, 2015 at 18:42

    Ilmu dan referensi tokohnya motifatif mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *