Mesin Karet Refiner Mill : Mesin Penghancur Karet yang Handal

By on March 17, 2014

Ane mo curhat neh… kemaren ane diprotes temen karena ada yang tanya tentang mesin karet. Katanya ia baca artikel peluang bisnis serbuk karet ban bekas, terus tanya berapa harga mesin penghancur karet tersebut. Temen ane gelagapan, soalnya beliau nggak punya deskripsi yang jelas tentang mesin penghancur karet. 

Maka dari itu, ane coba posting artikel tentang mesin pengolah karet, yaitu mesin penghancur karet. Nama kerennya refiner mill. Awalnya, mesin pengolahan karet refiner mill ini adalah mesin impor dari negara-negara industri macam India, Cina dan Rusia.

Berhubung harganya selangit, banyak orang kreatif asal Indonesia berupaya membuatnya sendiri. Alhamdulillah, Indonesia sekarang sudah memiliki mesin pengolahan karet jenis ini khususnya untuk skala kecil. Tujuannya agar usaha kecil dan menengah yang notabene memiliki dana yang terbatas bisa memiliki mesin penghancur karet yang satu ini.

Cara kerja mesin karet refiner mill ini sederhana. Ia berkerja dengan cara mencacah karet bekas menggunakan pisau tajam, mirip mesin penggiling karet bekas. Pisau ditata secara berderetan dan bekerja memutar secara rotasi membentuk pola pencacahan secara bersambung hingga karet berubah menjadi serbuk. 

Well, setahu saya, biasanya karet bekas yang diproses adalah karet dengan tingkat kekerasan yang tinggi seperti karet ban kendaraan tambang dan yang semisalnya. Maka diperlukan pisau grinding yang sangat tajam yangbekerja dengan kecepatan tinggi. Tapi tenang, mesin karet refiner mill “can do that…” dengan hasil yang tidak kalah dari mesin giling karet.

Eniewi, pada saat proses pencacahan, karet akan diputar dengan roller sehingga cacahan karet bekas yang masih kasar akan teraduk terus menerus sambil terus dicacah. Itu sebabnya mesin pengolahan karet ini bekerja dengan 2 roller, yang berfungsi sebagai pemutar karet dan sebagai pemutar pisau. Proses pengadukan secara terus menerus inilah yang akan menghasilkan serbuk karet dengan kehalusan tinggi.

Di pasaran, kapasitas produksi mesin penghancur karet jenis refiner mill ini bisa mencapai 700 kg per jam. Tetapi tersedia juga mesin penghancur karet yang kapasitas lebih kecil, yaitu 50 kg/jam untuk memenuhi industri serbuk karet yang masih kecil.

Berikut ini saya akan coba berikan informasi mengenai spesifikasi dari mesin pengolah karet refiner mill baik yang impor dari China maupun buatan lokal. 

Produk Impor ChinaProduk Manufakur Lokal
Ukuran mesin 5070 x 2800 x 1970 mmUkuran mesin 1800 x 1190 x 780 mm
Berat mesin 20 ribu kgBerat mesin 800 kg
Kapasitas mesin 500 – 700 kg / jamKapasitas mesin 50 kg / jam
Ukuran serbuk  7 – 15 mm8 mm.
Listrik 90 kwListrik 16 kw
Operator mesin 5 orangOperator mesin 2 orang
Harga mesin Rp 90 jutaHarga mesin Rp 22 juta

Sedangkan yang di bawah ini, Anda akan lihat contoh video mesin penghancur karet buatan lokal…


Sekarang sudah jelas kan apa dan bagaimana mesin karet refiner mill? Jadi jika Anda butuh mesin penghancur kayu tersebut, Anda sudah punya gambaran yang jelas mengenai cara kerja mesin pengolah karet ini. Tinggal Anda putuskan, mau beli mesin pengolahan karet yang punya kapasitas besar atau mesin karet yang kapasitasnya kecil, monggo…

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

21 Comments

  1. Rizal.Gumulya

    November 19, 2016 at 10:30

    Kok skarang adh tidak ada mesin nya klu demikian mohon jangan dipromosikan sy kecewa gan.

  2. Rizal.Gumulya

    November 19, 2016 at 10:31

    Atw ada alternative produzent yang lain mohon info.

  3. rizal.gumulya

    December 14, 2016 at 19:34

    mohon pencerahan apakah postingan ini benar adanya?sy pernah mencoba menghubungi telephon yng di tujukan di alamat ini tetapi jawaban nya :sudah tidak produksi lagi mohon tolong jangan ada di munculkan di website,terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *