Cara Memilih Bisnis Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 1)


By on March 19, 2014
Cara Memilih Bisnis Online yang Menguntungkan - NO TEORI (Bagian 1)

Bisnis online itu banyak macamnya. Ada affiliate marketing, ada contextual advertising, ada online store dan sebagainya. Semua jenis bisnis online di atas pasti menguntungkan. Tetapi mas bro, tidak semua “turunan” dari bisnis online tersebut bisa mendatangkan profit untuk Anda.

Anda harus selektif dalam memilihnya. Bagaimana cara memilih bisnis online yang menguntungkan? Well, masing-masing jenis bisnis online mempunyai cara tersendiri. Dan sudah jelas, saya tidak bisa jabarkan semua cara dari masing-masing bisnis online tersebut di sini. Kriting jari saya ntar.

Tapi jangan kuatir mai fren… saya akan berikan kepada Anda cara memilih bisnis online yang menguntungkan secara umum. Cuman contoh yang saya ambil adalah bisnis online store, okay? 

Begini, online store, online shop atau yang lebih familiar dengan sebutan toko online pasti punya produk fisik untuk dijual. Benar kan mas bro? Nah, kalau Anda memilih bisnis online yang menguntungkan, Anda harus memilih produk yang bisa dijual lewat online.

Anda tidak punya produk atau barang yang bisa Anda jual lewat online, berarti Anda sama saja SALAH dalam memilih bisnis online. Jadi mas bro, Anda harus tahu bahwa tidak semua produk bisa dijual lewat online. Banyak para praktisi internet marketing bilang bahwa “semua produk bisa dijual di internet”.

Bagi saya “jargon” tersebut kurang tepat. Benar… semua produk bisa dijual lewat internet. Tapi pertanyaannya adalah, seberapa banyak produk tersebut bisa Anda jual? Kalau cuman satu dua saja ya percuma mas bro. Itu bukan cara bisnis online yang tepat.

Anda kan ingin memilih bisnis online yang menguntungkan, benar kan? Bukan ingin sekedar menjual barang Anda… Bisa dibedakan, tho? Ini bukan bisnis online tanpa modal.

Nah, untuk memilih bisnis online yang menguntungkan misal online shop, pilihlah produk yang memenuhi rumus di bawah ini :

Rumus Bisnis Online yang Menguntungkan =

Minat atau Pengalaman Anda  + Niche yang online buyers-nya banyak

“Wow, keren banget rumusnya dok !!”… Ane njiplak om Sukarto gan, trus ane modifikasi dikit. Makanya keren. Maap ya om, wkwkwkwkwkwk… Pertama saya akan bahas mengapa harus “Minat dan Pengalaman” yang menjadi syarat memilih bisnis online yang menguntungkan. 

  1. Minat
    Kalau Anda minat terhadap sesuatu, Anda akan merasa mudah untuk melakukan riset, mencari supplier, melakukan perbandingan harga, melakukan perbandingan suatu produk dibandingkan dengan produk lainnya, dan sebagainya. Hati Anda “riang gembira” sehingga kinerja Anda menjadi ringan, karena Anda SUKA.
  2. Pengalaman
    Misalkan Anda pengalaman di bidang pemasaran. Anda jelas tahu bagaimana caranya menentukan target pasar, bagaimana cara menentukan HPP, bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan sebagainya. Jadi walaupun Anda tidak begitu minat dengan masalah pemasaran, PENGALAMAN Anda yang berbicara.

Sekarang Anda sudah paham kan mengapa minat dan pengalaman dibutuhkan agar Anda bisa memilih bisnis online yang menguntungkan? Kalau sudah, untuk pembahasan “memilih niche yang online buyers-nya banyak” bisa Anda baca di artikel “Cara Memilih Bisnis Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 2). Jangan kemana-mana, tetap di info bisnis online update yang satu ini.

(sumber gambar : bjxjzy.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *