5 Keuntungan Investasi Terbaik yang Akan Anda Dapatkan dari Bisnis Properti

By on March 20, 2014

Bila Anda berbicara soal investasi dan ingin terjun di dunia tersebut, Anda harus siap “berhadapan” dengan 2 hal bersamaan… ribuan peluang dan keuntungan investasi sekaligus ribuan resiko kegagalan yang akan “menyergap” Anda. 

Anda harus paham bahwa satu ciri khas dari dunia investasi adalah “tidak ada keuntungan investasi yang bersifat mutlak“. Well, pada dasarnya semua investasi bisa menguntungkan. Tidak ada investasi yang buruk. Yang ada adalah cara mengelola investasi yang buruk.

Tetapi, tidak semua investasi bisa menguntungkan Anda. Keuntungan investasi bergantung pada kecocokan dari cara investasi Anda serta bagaimana karakter dan cara Anda dalam mengatasi resiko investasi tersebut.

So, satu-satunya cara terbaik dalam memilih investasi yang cocok dengan Anda adalah mengetahui dengan baik bagaimana investasi tersebut akan bekerja dan bagaimana investasi tersebut bisa menguntungkan bagi Anda. 

Nah, dari beragam investasi yang ada, ada satu model investasi yang sangat populer di masyarakat, yaitu investasi properti. Sekilas, berinvestasi di dunia properti nampak sederhana. Anda beli rumah, Anda tunggu beberapa saat kemudian Anda jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Tapi percayalah, investasi di bidang properti tidak sesederhana itu. Sekali lagi, Anda harus ingat bahwa prinsip investasi adalah “tidak ada keuntungan investasi yang bersifat mutlak”. Jadi Anda harus benar-benar mencari tahu bagaimana bisnis investasi properti itu bekerja.

Back to the topic, harus diakui bahwa investasi di bidang properti termasuk model investasi yang paling lama. Model investasi yang satu ini sudah dikenal sejak masa “hak kepemilikan hipotek terjadi”. Tetapi seperti yang tadi saya katakan, tidak semua orang benar-benar cocok dengan investasi poperti.

Untuk itu Anda perlu tahu bagaimanakah keuntungan investasi model ini dan cocokkah dengan Anda. Dan kali ini, saya hanya memberikan sedikit “nasihat investasi” kepada Anda tentang keuntungan investasi properti. Sedangkan cara dan teknis bagaimana mendapatkan keuntungan investasi tersebut, mungkin teman saya, om Yayak yang akan menjabarkannya.

Well, apa saja keuntungan investasi properti? Ini dia beberapa keuntungan investasi properti yang saya harap bisa menjadi acuan Anda dalam mengambil keputusan.


  1. Tergolong beresiko rendah.
    Secara umum, salah satu resiko terbesar dari dunia investasi adalah pergerakan harga yang seringkali bergelombang. Tetapi di bisnis investasi ini, kecenderungan pergerakan harga properti terus meningkat. Kenaikannya memang kecil, namun stabil. Jadi resiko investasi properti tidak terlalu tinggi. Kestabilan ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan kepastian, mencari investasi yang aman dan tidak siap dengan resiko dari pergerakan harga yang agresif.
  2. Keputusan di tangan Anda.
    Rasanya hampir semua properti bisa cukup bernilai untuk Anda jadikan obyek investasi. Berbeda dengan dunia investasi lain macam saham atau investasi emas, di mana keputusan Anda mau tidak mau akan terseret oleh situasi-situasi di luar kontrol Anda. Seperti seseorang membeli saham “X” karena sugesti-sugesti yang menunjukan kalau trend saham “X” progresif. Tapi dengan investasi properti, Anda sendiri yang memutuskan properiy mana yang akan Anda beli, bagaimana Anda akan menghasilkan dari properti ini, berapa target hasil Anda atau langkah apa yang Anda lakukan untuk menambah nilai jual. Karena pada dasarnya setiap properti akan mengalami kenaikan harga secara “hampir mutlak”. Dan setiap rumah akan memiliki pasarnya masing-masing sesuai harga dan fasilitas yang diberikan.
  3. Dua jalur penghasilan.
    Kalau di dalam investasi saham Anda hanya mengenal satu cara mendapatkan hasil dengan menjualnya di harga yang lebih tinggi, di properti Anda bisa mendapatkan dua jalur penghasilan. Pertama, dengan cara konvensional, yaitu menjualnya di harga lebih tinggi. Kedua, dengan menyewakannya. Menariknya, dua jalur ini ternyata memiliki nilai lebih untuk kemampuan leverage dari modal Anda. Mengapa bisa demikian? Karena dari uang sewa yang masuk, Anda bisa menutupi biaya perawatan Anda.
  4. Biaya perawatan sebenarnya bukan biaya mutlak.
    Masih ada hubungannya dengan poin 3, bila Anda menyewa sebuah rumah, pemilik rumah akan membersihkan dan merapikan rumah terlebih dulu sebelum serah terima, benar? Itu karena biaya sewa yang Anda setorkan sudah termasuk biaya nilai manfaat. Bila ini adalah properti Anda sendiri, maka bisa dianggap bahwa Anda membayar nilai manfaat ini pada diri Anda sendiri dengan cara mengeluarkan biaya dan tenaga perawatan dan pembersihan. Anda toh sudah mengambil manfaat atau keuntungan dari properti ini kan? Dengan menggunakannya sebagai tempat tinggal, tempat usaha atau dengan Anda sewakan. Itu artinya biaya-biaya perawatan tidak selamanya bersifat memotong keuntungan penjualan.

Dari paparan saya tentang 5 keuntungan investasi dari properti di atas, kira-kira model investasi seperti ini cocok tidak dengan karakter Anda? Kalau ternyata cocok, Anda bisa belajar bisnis properti dari ahlinya. Tetapi kalau tidak, tenang saja… masih banyak cara menjadi kaya lainnya selain melalui properti.

(sumber gambar : propertyinvestmentconvention.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Jajang

    March 28, 2015 at 15:33

    Properti sepertinya susah untuk turun harga

  2. Kiat Kiat Menarik

    May 1, 2015 at 01:59

    Wah lumayan dapat pencerahan gan, sudah lama sy ingin terjun didunia property namun masih saja dihantui keraguan.. Stelah membaca artikel ini mulai ada gambaran. Terimakasih

  3. Diana Putri

    June 17, 2015 at 04:59

    artikelnya keren eui, tapi yang ragunya itu bagaimana cara memulai peluang properti dengan baik, terimakasih atas tulisannya, sangat bermanfaat

  4. abu raihan

    July 7, 2015 at 00:42

    makasih om atas pencerahannya, bisnis cepat kaya lainnya apa yah?

  5. investasi

    January 24, 2016 at 23:01

    bisnis yang bisa dimulai dengan modal kerjasama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *