Cara Memilih Usaha Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 3)


By on March 20, 2014
Cara Memilih Usaha Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 3)

Di artikel “Cara Memilih Usaha Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 3)” ini, Anda akan saya ajak untuk mengetahui bagaimana mencari niche yang online buyers-nya banyak selain menggunakan Google Trends. Bagaimana caranya?

Mudah… Anda tinggal melihat di sebelah atas, kanan atau bawah saat Anda ketik kata kunci umum dari niche atau produk yang akan Anda jual. Jika banyak, maka usaha bisnis online tersebut adalah usaha online yang menguntungkan. Jika tidak, wah… berat untuk Anda prioritaskan sebagai usaha online yang menguntungkan.

Sebagai contoh, kemaren kita menggunakan kata kunci “baju anak” untuk mengetahui trends produk tersebut. Sekarang mari kita lihat apakah saat kita ketik kata kunci “baju anak”, iklan yang muncul di bagian atas, kanan atau bawah hasil pencarian banyak ataukah sedikit.

ads-baju-anak-ss

Banyak kan? Jadi usaha online shop baju anak sangat berprospek. Now, the question is… Kok bisa banyaknya iklan yang muncul tadi menandakan bahwa “baju anak” adalah niche usaha online yang menguntungkan? YA !! Pertama, pemasang iklan di Google tidak mau membuang uang secara percuma.

Harga iklan Adwords cukup mahal. Jika si pemasang iklan tidak merasakan “efek penjualan” yang bisa menutupi biaya iklan yang mereka pasang sekaligus mendapatkan keuntungan dari bisnis online yang mereka kerjakan, mereka pasti tidak mau lagi untuk memasang iklan adword di niche tersebut.

Anda mau bukti? Okay, saya kasih contoh produk yang berbeda. Mari kita coba kata kunci umum “alat tulis sekolah”. Kita lihat apakah usaha tersebut adalah usaha online yang menguntungkan…

ss-ads-alat-tulis-sekolah

Anda lihat? Kotak merah di samping hasil pencarian Google kosong. Di bagian atas juga kosong. Apalagi di bawah (*meskipun tidak saya screen shot). Mengapa tidak ada pengiklannya? Kemungkinan besar produk atau jasa di niche tersebut jarang dibeli secara online. .

Well, niche yang iklannya sedikit atau tidak ada sama sekali memang belum tentu tidak berprospek. Memang ada kemungkinan niche tersebut adalah sebuah topik yang baru. Namun bagi saya, jika tidak ada iklan Adwords di Google untuk keyword dari niche tersebut adalah pertanda yang tidak baik.

Sekarang gantian saya tanya kepada Anda. Kira-kira nih, menurut Anda… banyak nggak yang beli pensil, ballpoint atau buku tulis secara online? Tidak kan?

Maka dari itu, saya lebih suka untuk mengesampingkan ide niche ini dan mencoba mencari niche yang lain. Cara ini saya dapatkan dari buku karangan om Sukarto dan Hianoto yang berjudul “Sukses Berbisnis Internet dalam 29 Hari”.

Kalau Anda berminat e-book nya, bisa pesan ke saya, tinggal ganti ongkos burning dan ongkos kirim CD saja. Tinggal sms ke 0817 461 641 atau add pin BB saya di 2B6F1605, selesai dah… 

Wokeh, yang kedua… dengan melihat pengiklan yang banyak, berarti “fenomena” ini sesuai dengan prinsip “Ada Gula Ada Semut” !! Anda masih ingat artikel saya tentang “persaingan bisnis yang ketat“? Dengan banyaknya kompetisi pengiklan, berarti kompetisi di bisnis tersebut ketat.

Dengan ketatnya persaingan, berarti peluang usaha online tersebut adalah peluang usaha online yang menguntungkan. Kan kalau ada usaha yang menguntungkan, pasti banyak orang yang ingin terjun di bisnis tersebut. Iya kan?

So, kalau Anda ingin menjadi wirausaha online yang sukses, silahkan pakai rumus dan cara memilih bisnis online menguntungkan yang telah saya jabarkan. Memang masih ada beberapa cara yang lainnya untuk menilai sebuah usaha online yang menguntungkan. Contohnya dengan melihat berapa jumlah pencari per bulannya atau mencari berapa indeks kecukupan marginnya.

Namun maaf, saya tidak bisa sampaikan sekarang mengingat masih banyaknya topik bisnis dan tipe bisnis yang lainnya. Okay, cukup sampai di sini bahasan tentang “Cara Memilih Usaha Online yang Menguntungkan – NO TEORI (Bagian 3)”. Selamat pagi, selamat beraktifitas…

(sumber gambar : rwpgrup.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Ahli Seo dan Pakar Seo Indonesia

    March 25, 2014 at 22:42

    bisa di coba ne gan hehe… thanks ya..

    • Om Nip-Nip

      April 1, 2014 at 10:11

      @Ahli Seo : sama2… btw, baru blogwalking ya mas, wkwkwkwkwk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *