Cara Mencari Investor Asing ? Anda Baca Tips Ini Dulu Biar Berhasil (Part 2)

By on March 23, 2014
Cara Mencari Investor Asing ? Anda Baca Tips Ini Dulu Biar Berhasil (Part 2)

Lanjutan dari artikel “Cara Mencari Investor Asing ? Anda Baca Tips Ini Dulu Biar Berhasil (Part 1)“, sebelum saya memberikan contoh membuat laporan penggunaan dana, Anda harus paham terlebih dahulu bagaimana “isi” dari 2 hal yang harus Anda tunjukkan kepada calon investor asing.

Contoh yang Pertama : 

Bagaimana Anda bermaksud memanfaatkan dana investasi tersebut. Untuk iklan. Laporan penopang, Anda harus sebutkan rincian maksud iklan tersebut.  

Contoh yang Kedua :

Bagaimana uang tersebut Anda gunakan. Untuk ekspansi. Anda masukkan pernyataan singkat mengenai maksud ekspansi dari ide bisnis Anda tersebut. Laporan penopang, Anda masukkan informasi berikut ini :

  • Biaya yang Anda anggarkan untuk melaksanakan rencana Anda tersebut.
  • Proyeksi atas hasil ekspansi tersebut dalam meningkatkan laba usaha sehingga memungkinkan Anda mengembalikan investasi calon investor asing Anda.
  • Referensi dari bagian lain rencana bisnis yang berkaitan dengan ekspansi yang Anda proyeksikan.

Sekarang Anda baca contoh cara menarik investor luar negeri dengan membuat laporan penggunaan dana di bawah ini…

 RINGKASAN KEBUTUHAN DANA

  1. Jogja Mitra Motorindo, perusahaan Kemitraan Terbatas, mencari dana ekuitas untuk tujuan :
    • (a). Pembelian armada.
    • (b). Melakukan kampanye pemasaran online.
  2. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan dana ekuitas sebesar Rp. 200.000.000,00. 

 LAPORAN PENGGUNAAN DANA


  1. Laporan Penggunaan Dana Ekuitas Jogja Mitra Motorindo akan menggunakan dana ekuitas sebesar Rp. 200.000.000,00 untuk memulai usaha rental motor dengan rincian, (1) membeli armada rental motor sejumlah 10 buah dan (2) untuk melakukan kampanye pemasaran online selama 1 tahun agar bisa mengenalkan jasa rental motor kepada calon konsumen yang membutuhkan motor saat berada di kota Jogja sekaligus mendatangkan calon konsumen melalui media internet.
  2. Laporan Penopang
    • (a). Motor yang dibutuhkan : 10 unit motor matic merk Honda seri Vario Techno tahun 2014 seharga @Rp. 14.500.000,00. Total dana yang digunakan adalah Rp. 145.000.000,00
    • (b). Melakukan kampanye pemasaran online selama 1 tahun dengan rincian : (1) Pembuatan 1 buah web marketing senilai Rp. 5.000.000,00. (2) Menyewa jasa pihak ketiga untuk melakukan optimasi web selama 1 tahun dengan biaya Rp. 36.000.000,00 perbulan (@Rp. 3.000.000,00 per bulan). (3) Menggunakan iklan berbayar Google Adwords dengan durasi pemasangan Rp. 14.000.000,00 setahun.
    • (c). Kampanye pemasaran dapat meningkatkan penjualan jasa rental motor hingga 90% . Hasil akhir akan dapat meningkatkan laba bersih yang cukup sehingga bisa mengembalikan total modal ekuitas yang sudah ditanam dalam waktu 3 tahun dengan profit margin sebesar 20%.

Dengan contoh di atas, Anda sudah memahami kan? Jadi, jika Anda sedang mencari investor asing, Anda harus buat “Laporan Penggunaan Dana”. Apapun bisnis Anda, mau bisnis konvensional atau bisnis online, semuanya sama saja. Anda hanya perlu mempraktekkan contoh di atas dan mengubahnya ke dalam bahasa Inggris. 

Karena pada prinsipnya, mencari investor asing maupun investor lokal sama saja. Mereka ingin tahu berapa modal yang Anda butuhkan, kemana Anda membelanjakan modal tersebut dan berapa lama modal tersebut bisa kembali.


Setelah itu, baru mereka akan melihat berapa keuntungan mereka sehingga mereka baru bisa menilai layak tidakkah mereka berinvestasi di usaha Anda. Okay, ada yang perlu ditanyakan mengenai tips cara mencari investor asing di atas?

(sumber gambar : wealthlpp.net)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

11 Comments

  1. husnul maab

    February 12, 2016 at 20:06

    trs bagaimana cara biar kita dpat modal dari pihak asing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *