Jangan Cari Investasi & Peluang Usaha di Jogja Sebelum Baca Artikel Ini


By on April 3, 2014
Jangan Cari Investasi & Peluang Usaha di Jogja Sebelum Baca Artikel Ini

Anda sedang ingin investasi di Yogyakarta? Saya punya ulasan khusus tentang peluang usaha di Jogja. Pokoknya ulasan kali ini khusus bagi Anda yang baru getol-getolnya cari peluang usaha di yogyakarta. Sebentar… bagaimana jika Anda-Anda yang tidak bertempat tinggal di Jogjakarta?

Tenang saja kapiten… Anda tetap bisa menjalankan bisnis Jogja. Usaha Jogja masih terbuka lebar !! Tinggal bikin business plan, ajak kerjasama orang yang paham akan investasi di Jogja, jadi deh… (*kayak gampang aja buka usaha di Jogja ya, wkwkwkwkwk).

Lalu apa peluang bisnis jogja dan investasi Yogyakarta yang paling bagus? Jawaban dari pertanyaan apa investasi di Jogja yang paling mak nyuss adalah segala peluang bisnis Yogyakarta yang terkait dengan hal-hal berikut ini :

Yang pertama… banyaknya hari libur.

Setelah kasus bom Bali kedua, kunjungan wisata dari mancanegara turun sangat drastis. Pemerintah kemudian mencari jalan bagaimana caranya agar bisa meningkatkan kembali pariwisata di Indonesia. Maka solusi yang ditempuh adalah membuat sistem 5 hari kerja.

Sistem ini memungkinkan “periode long weekend” dalam setahun lebih banyak, sehingga memungkinan para pegawai kantoran, pengusaha, profesional dan atau self employ mempunyai waktu berlibur yang lebih banyak. Nah, sekarang Anda sudah punya gambaran kan? Kira-kira bisnis apa yang cocok di kota Jogja?

Ya… cari peluang usaha di Jogja yang berhubungan dengan “liburan”. Bisa rental mobil, bisa rental motor atau bisa bangun hotel dan homestay. Jika Anda bingung karena kompetisi bisnis terlalu tinggi, Anda bisa buka jasa booking hotel, tiket kereta dan tiket pesawat.

Kedua, meningkatnya trend wisata ke Jogja.

Side efek dari banyaknya hari libur tersebut menyebabkan Jogja menjadi target utama tujuan wisatawan domestik. Ini terlihat dalam kurun 5 tahun terakhir, minat liburan ke Jogja meningkat tajam. Ada beberapa sebab mengapa “fenomena” ini terjadi di kota Jogja :

  1. Biaya berlibur ke kota Jogja yang murah.
    Faktor inilah yang membuat kunjungan wisata ke kota Jogja meningkat tajam. Dengan biaya wisata yang cukup terjangkau, hampir semua kalangan mampu untuk berlibur ke kota Jogja.
  2. Mudah dan dekat untuk dijangkau.
    Kota Jogja adalah kota wisata yang cukup mudah untuk dikunjungi. Wisatawan domestik khususnya di pulau terpadat (siapa lagi galau bukan pulau Jawa) mempunyai banyak alternatif pilihan yang mudah untuk pergi ke kota Jogja. Mereka bisa mengunjungi kota Jogja dengan menggunakan kereta api, pesawat terbang, bus antar kota bahkan mobil pribadi. Dan pilihan yang terakhirinilah yang menjadi faktor utama wisatawan domestik yang berada di pulau Jawa suka untuk datang ke kota Jogja. Murah coy…
  3. Lokasi yang sangat strategis.
    Jogja juga merupakan kota tujuan wisata yang letaknya paling strategis dibandingkan kota-kota wisata lain di pulau Jawa. Pas di tengah… Tidak di pinggir, tidak pula di ujung pulau.
  4. Kultur yang khas.
    Jika dibandingkan dengan kota-kota wisata yang lain kecuali Bali, Jogja mempunyai kultur yang unik dan khas sehingga membuat para wisatawan domestik merasa nyaman dan senang untuk datang ke kota Jogja.
  5. Nostalgia.
    Banyak dari kalangan profesional, pebisnis, pegawai pemerintahan hingga politikus yang dulunya menimba ilmu di Jogja. Mereka cukup lama tinggal di kota Jogja. Sekarang kebanyakan dari mereka bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan sebagainya. Saat mempunyai waktu senggang, banyak dari mereka yang rindu akan suasana kota Jogja dan memutuskan untuk berlibur bersama keluarga di kota Jogja.

Dari 5 poin di atas, peluang usaha di Jogja apa yang paling cocok menurut Anda selain yang sudah saya sebutkan di atas? Masih bingung? Mari saya bantu. Anda bisa berinvestasi di bidang properti. Faktor nostalgia membuat banyak para “mantan” pelajar dan mahasiswa di Jogja ingin tinggal di Jogja di waktu tuanya.

Apalagi coba? Tour and Travel yang menawarkan paket wisata yang punya diferensiasi yang kuat. Atau wisata kuliner… Benar? Apalagi yang di cari para wisatawan selain tempat wisata dengan pemandangan yang khas nan indah di kota Jogja? Makanan khasnya… Betul kan? Anda bisa buka warung makan khas Jogja selain gudeg misalnya.

Atau Anda bisa buka toko oleh-oleh makanan khas Jogja. Alasan yang kuat mengapa toko oleh-oleh masuk ke kategori peluang usaha di Jogja yang patut Anda pertimbangkan adalah Jogja kota wisata.

Kalau kota wisata, membeli oleh-oleh adalah salah satu “komponen” yang menjadi “lagu wajib” atau “ritual” yang harus dilakukan saat wisatawan akan pulang. Iya apa iya? Sedangkan dari tahun ke tahun, hari kejepit semakin banyak. Jadi kemungkinan orang berlibur ke Jogja semakin tinggi.

Oleh sebab itu Anda bisa buka toko oleh-oleh makanan khas Jogja. Kalau Anda tidak berminat terjun di bisnis kuliner, Anda bisa buka toko cendera mata atau toko pakaian batik khas Jogja. Khusus untuk toko batik, peluang usaha di Jogja yang satu ini termasuk bisnis online Jogja yang sangat menjanjikan karena Anda bisa menjual batik Anda tidak hanya melalui offline.

Banyak kan investasi di Jogja yang bisa Anda pilih? So… sekali lagi, jika Anda mencari peluang usaha di Jogja yang paten punya, kaitkan selalu dengan poin-poin di atas. Siapa tahu Anda punya ide bisnis kreatif seperti bisnis fotografi makanan khas Jogja…

(sumber gambar : ajwatiketdanwisata.yukbisnis.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Abdul Salam

    March 17, 2016 at 01:37

    Menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *