Macam Macam Iklan : Tradisional vs Media Baru, Who’s The Best ? (#2)

By on April 3, 2014
Macam Macam Iklan : Tradisional vs Media Baru, Who’s The Best ? (#2)

Peringatan keras !! Sebelum Anda baca artikel tentang jenis-jenis iklan bagian 2, Anda baca dulu artikel macam macam iklan bagian 1. Sudah? Mari dilanjut… Periklanan media baru identik dengan teknologi. Bisa website, bisa juga gadget. Ada 4 macam macam iklan media baru yang paling populer :

  1. Macam macam iklan media baru #1 : Iklan banner
    Iklan banner akhir-akhir ini banyak dikritik. Tetapi menurut beberapa penggunanya, iklan banner terbukti masih efektif. Contohnya adalah Yahoo.com. Jika iklan banner sudah tidak efektif, tentu si pemasang banner di Yahoo akan berhenti memasang iklan banner-nya. Selanjutnya, Yahoo juga akan menutup layanan iklan banner-nya. Bener kan? Nah, ada satu kelebihan iklan banner. Jika Anda membuat iklan banner multimedia, iklan banner model ini punya keefektifan 3-5 kali dibandingkan iklan standar. Jadi Anda masih bisa memasarkan produk atau jasa Anda menggunakan iklan jenis yang satu ini.
  2. Macam macam iklan media baru #2 : Periklanan smart phone
    Smart phone seperti BlackBerry dan Samsung serta semua gadget yang menggunakan aplikasi android, punya “kekuatan khusus”… yaitu aplikasi komunikasi seperti BBM dan Whatsapp. Anda bisa update status produk Anda, pasang gambar DP produk Anda, bahkan mengirimkan pesan masal ke seluruh kontak Anda jika Anda punya produk baru. Periklanan jenis ini sangat cocok untuk biro perjalanan, pengumuman lelang, perbandingan harga, pemasaran hotel dan rencana liburan dan sebagainya. Kelemahan iklan menggunakan media ini adalah Anda harus punya kontak calon customer yang banyak. Dan sudah jelas, media yang satu ini punya keterbatasan untuk menyimpan nomer kontak. Tetapi pada dasarnya iklan menggunakan smart phone atau gadget efektif. Hanya saja saran saya, pisahkan antara gadget atau smart phone pribadi Anda dengan gadget atau smart phone bisnis Anda. Jangan sampai konsumen Anda il-fill gara-gara Anda pasang status pribadi tentang problem keluarga Anda.
  3. Macam macam iklan media baru #3 : Portal/vortal & marketplace
    Portal jelas menjamin sejumlah besar pengunjung. Contohnya detik.com, viva.co.id dan sebagainya. Anda bisa lihat ribuan orang berkunjung ke web tersebut tiap harinya. Cuman masalahnya, kadang-kadang biaya pasang iklan di portal di luar jangkauan perusahaan kecil. Anda bisa menggunakan situs marketplace seperti tokopedia.com, bukalapak.com atau yang semisalnya untuk menghemat biaya dengan jangkauan yang lebih luas. Hanya saja yang perlu diingat, periklanan pada portal perlu pemahaman lebih mendalam mengenai perilaku konsumen agar memperoleh hasil yang terbaik. Kalau Anda ingin portal yang kunjungannya ribuan per hari dengan biaya pemasangan iklan yang murah, ya Dokter Bisnis ini, ha..ha..ha..
  4. Macam macam iklan media baru #4 : PPC dan yang semisalnya
    Periklanan media baru yang terakhir yang akan saya bahas adalah PPC atau pay per click. PPC sangat efektif dalam hal mendatangkan calon customer yang tertarget sekaligus bisa menghemat biaya pemasaran Anda. Apa sebabnya? Anda hanya membayar jika iklan atau banner Anda di “klik” oleh konsumen. Yang cukup populer dari iklan model seperti ini adalah google adwords dan facebook-ads. Saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai PPC ini. Jika Anda ingin seperti apa gambaran umumnya, Anda bisa baca di sini.

The last question is… mana yang lebih efektif? Apakah periklanan tradisional atau periklanan media baru? Well, saya rasa jika Anda bisa menggunakan kedua-duanya, saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan kedua jenis dari macam macam iklan tersebut.


Karena prinsip dari memasang iklan adalah mendatangkan calon konsumen sebanyak-banyaknya, bukan membuat terjadinya deal. So, macam macam iklan tadi punya karakteristik pengunjung sendiri-sendiri. Semakin banyak calon konsumen yang tahu penawaran Anda, semakin tinggi kemungkinan terjadinya transaksi. Jadi jika Anda bisa menjangkau semuanya, why not?

Tetapi jika memang dana yang Anda punyai terbatas, Anda bisa lebih memfokuskan ke media baru seperti PPC dan marketplace. Karena biaya yang Anda keluarkan kecil dan terkontrol tetapi jangkauan iklan Anda sangat luas.

Terkecuali kalau bisnis Anda jasa aqiqah, jelas menggunakan koran lokal atau PPC yang bisa Anda atur target tayang lokasinya akan lebih efektif. Akan menjadi sangat rumit jika Anda harus mengirim masakan aqiqah Anda ke Jakarta sedangkan bisnis Anda berada di Jogja, iya kan?

(sumber gambar artikel macam macam iklan : www.webbanner24.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *