Cara Berbisnis Pulsa Elektrik & Apa Keuntungan Bisnis Pulsa Bagi Anda

By on April 4, 2014
cara-berbisnis-pulsa-elektrik-dan-keuntungan-bisnis-pulsa

Cara Berbisnis Pulsa Elektrik dan Keuntungan Bisnis Pulsa – “Pulsa habis… Isi pulsanya dong… Mampir bentar ke warung itu, beli pulsa gan…”, penggalan percakapan yang sudah tidak asing lagi Anda dengar. Ya, pulsa… sebuah “komoditas” yang sudah menjadi sebuah kebutuhan primer.

Fenomena ini membuat banyak orang jadi tertarik dan ketagihan untuk mengetahui bagaimana cara berbisnis pulsa dan apa saja keuntungan bisnis pulsa yang bisa mereka dapatkan.

Dan pelan tapi pasti, bisnis pulsa mulai singgah di hati banyak orang. Apalagi ide bisnis pulsa murah gratis ini ditunjang dengan tingginya pemakaian pulsa di Indonesia. Penggunaan modem dan android menjadi salah satu sebab terbesar mengapa pemakaian pulsa mendadak menjadi tinggi.

Dan Anda bisa lihat, konter pulsa  menjamur !! Pedagang pulsa ada dimana-mana. Mulai dari rekan Anda di kantor, tetangga dekat rumah Anda, teman kost Anda, toko kelontong samping rumah Anda hingga langganan sayur Anda sehari-hari.

Yang lebih menarik lagi, kini muncul bisnis pulsa online. Ada yang menitikberatkan pada penjualan, ada pula yang mengadopsi sistem bisnis jaringan sehingga Anda disarankan (baca : diharuskan) untuk merekrut orang lain. Dalam dunia MLM, mereka (orang yang Anda rekrut) disebut downline.

Saya tidak akan membahas cara bisnis pulsa online yang mengadopsi sistem bisnis jaringan. Karena bagi saya, ada beberapa hal di bisnis jaringan yang saya rasa kurang pas untuk Anda geluti. Anda bisa membaca artikel saya tentang “Ada Apa dengan Bisnis Multi Level Marketing“.

Yang saya bahas adalah cara berbisnis pulsa elektrik “konvensional”, okay. Saya lanjutkan, kemudian pertanyaan adalah, apakah bisnis ini cukup potensial? Bagaimana kenyataannya di lapangan?

Well, bila Anda melihat potensi dari tingginya kebutuhan pulsa di Indonesia, usaha pulsa ini terlihat cukup menjanjikan meskipun bukan bisnis dengan hasil yang luar biasa.

Keuntungan bisnis pulsa yang paling menarik adalah Anda bisa menjadikan bisnis pulsa mkios ini (misal) sebagai bisnis sampingan, di tengah kesibukan Anda sebagai mahasiswa atau sebagai karyawan kantor. Bagi Anda yang profesinya adalah ibu rumah tangga, Anda juga melayani penjualan pulsa dengan “kolega-kolega” Anda di arisan atau di organisasi kewanitaan. 

Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila Anda ingin memulai bisnis pulsa. Meski bisnis pulsa menguntungkan dan mudah untuk Anda jalankan, Anda harus tahu bahwa bisnis pulsa terbaik juga memiliki beberapa resiko yang bisa dibilang “cukup berat”.

Pertama, jika Anda salah memilih agen bisnis pulsa tanpa modal yang tepat. Bisnis ini cukup rentan dengan penipuan. Bila hanya Anda saja yang tertipu, mungkin problem Anda tidak begitu berat.

Tetapi jika ternyata Anda memilih bisnis pulsa online yang mengadopsi sistem jaringan dan Anda juga sudah terlanjur melibatkan banyak kolega dan rekan Anda (downline Anda), tentu masalahnya jadi kompleks. Banyak bisnis pulsa MLM adalah money game (*jika ada waktu, saya akan bahas apa beda MLM dengan money game).


Anda harus waspada !! Telitilah dahulu dengan seksama. Jangan terburu-buru dan jangan gegabah, meski modal yang Anda keluarkan relatif kecil. Dapatkan informasi yang lebih lengkap dengan pihak agen. Pastikan Anda miliki informasi mengenai lokasi dan contact person yang bisa Anda pastikan kebenarannya.

Jangan ragu untuk mencari tahu dari pihak yang lain tentang bagaimana “track record” agen yang Anda bidik. Tanyakan apakah agen tersebut punya sejarah yang buruk soal pembayaran. Dan usahakan, cari alternatif agen dalam jumlah yang cukup banyak sehingga Anda punya banyak pilihan. 

Kedua, mari kita bahas tentang kompetisi dan keuntungan bisnis pulsa. Begini, setiap orang bisa memiliki lebih dari 3 alternatif penjual pulsa dalam lingkungannya saja. Jadi sudah jelas, kompetisinya sangat “rapat”. 

Untuk itu Anda harus riset pasar terlebih dulu untuk mengetahui sejauh mana persaingan dalam “teritori” bisnis Anda. Contohnya, bila Anda tinggal di daerah yang berdekat dengan pabrik garmen dengan jumlah karyawan yang bisa mencapai ribuan, maka kemungkinan Anda untuk memngambil pasar dalam jumlah besar sangat terbuka.

Atau Anda adalah seorang mahasiswa di sebuah kampus dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Potensi pasar yang besar tentu bisa Anda raih mengingat populasi dalam pasar yang Anda targetkan besar. Selain itu, Anda juga perlu tahu bagaimana persaingan harga di lokasi dimana Anda ingin berjualan Anda.

Persaingan harga ini akan menjadi patokan bagi Anda untuk bisa menentukan berapa harga pulsa yang akan Anda jual dan berapa keuntungan bisnis pulsa yang bisa Anda dapat. Jangan sampai harga Anda terlalu jauh dengan kompetitor Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mencoba untuk selalu mencari cara agar marjin Anda lebih dari kompetitor Anda.

Butuh perjuangan memang. Tapi dengan selisih yang lebih banyak, Anda bisa memainkan harga kapanpun Anda mau. Dan ingatlah selalu, jangan pernah masuki pasar yang potensi pasarnya kurang optimal. Ini bukan cara sukses bisnis pulsa yang tepat. 

Penjualan pulsa hanya memberi Anda margin yang sangat kecil. So, Anda harus mengandalkan jumlah transaksi yang banyak untuk dapat menghasilkan untung yang banyak. Pasar yang kecil hanya akan menghabiskan energi dan pikiran Anda, meskipun di daerah tersebut tidak banyak orang yang berjualan pulsa. Masih ingat artikel saya tentang “Jangan Hindari Persaingan Bisnis yang Ketat” kan?

Dan jika Anda beruntung dan bisa menjadi agen pulsa yang lebih tinggi, jangan mencari reseller yang berasal dari lingkungan Anda sendiri, kecuali Anda mau bersaing dan mematikan pasar mereka. Anda juga sangat dianjurkan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon reseller Anda. Bisa dengan memasang iklan atau membuat penawaran melalui media online seperti web dan social media.

Mengapa demikian? Karena bisa jadi mereka ingin menjadi reseller Anda hanya karena kebutuhan pulsa mereka cukup tinggi. Jadi intinya hanya untuk kebutuhan pribadi. Pakailah selalu prinsip pareto. Dengan demikian, Anda mempunyai cara berbisnis pulsa elektrik dengan keuntungan bisnis pulsa yang berlimpah.


Okay, begitu saja tips bisnis pulsa dari saya, selamat menjalankan cara berbisnis pulsa elektrik dari saya dan selamat menikmati keuntungan bisnis pulsa…

(sumber gambar artikel trik bisnis pulsa : ppobku.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. sippost

    September 7, 2014 at 18:16

    boleh di coba tuuh om. nice info om

  2. Rasyid Blog

    January 15, 2015 at 21:04

    Oke terima kasih tipsnya… Semoga nanti bisa menjalankan bisnis pulsa. bisnis yang cepat balik modal 😀 dan jg untung

  3. raihan

    January 24, 2015 at 23:08

    Saya sudah berjualan pulsa sekitar 3 bulan dan masalah terbesar yang saya hadapi adalah orang2 yang menunggak bayar, atau dengan kata lain berhutang.. Jangan hanya memperluas pasar saran saya, tapi pilih2lah orang yang bakal membayar untuk ke depannya..

    • Om Nip-Nip

      January 25, 2015 at 06:42

      @raihan : sip… bener itu mas

  4. Wendy Ramdhany

    March 1, 2016 at 22:26

    Wah saya baru nemu web ini setelah 23 tahun hidup di dunia. Web yg sangat bagus dan bisa curi ilmu secara gratis ? dari pengalaman yg berharga. ???
    om nip saya sudah berjualan pulsa dari smp sampe kemaren lulus kuliah (skrg udah jadi sarjana pengangguran) biasa beli saldo ke orang (agen ya?) nah di tengah “kondisi saat ini” saya terpikir untuk naik setingkat lebih, ingin menjadi dealer pulsa, kira2 om nip2 bisa memberi gambaran untuk jalur menuju “dealer” tersebut? saya akan sangat senang sekali jika di buatkan tulisan selanjutnya. terimakasih

  5. Wendy Ramdhany

    March 1, 2016 at 22:26

    Wah saya baru nemu web ini setelah 23 tahun hidup di dunia. Web yg sangat bagus dan bisa curi ilmu secara gratis ? dari pengalaman yg berharga. ???
    om nip saya sudah berjualan pulsa dari smp sampe kemaren lulus kuliah (skrg udah jadi sarjana pengangguran) biasa beli saldo ke orang (agen ya?) nah di tengah “kondisi saat ini” saya terpikir untuk naik setingkat lebih, ingin menjadi dealer pulsa, kira2 om nip2 bisa memberi gambaran untuk jalur menuju “dealer” tersebut? saya akan sangat senang sekali jika di buatkan tulisan selanjutnya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *