Contoh Proposal Usaha Kecil : Gambarkan Secara Singkat Bisnis Anda !!

By on April 7, 2014

Contoh Proposal Usaha Kecil – Proposal bisnis selalu berisi 3 bagian utama : rencana organisasi, rencana pemasaran dan dokumen keuangan. Dan cara membuat proposal usaha yang bagus dan bernilai di mata orang yang membacanya adalah dengan membuat ketiganya. Jujur, tidak semua bagian bisa saya share di sini. Membahas contoh proposal usaha kecil tidak cukup dengan dua, tiga bahkan 10 artikel.

Tapi bukan berarti membahas contoh proposal usaha kecil berhenti sampai di sini. Tidak. Hanya saja semuanya dilakukan secara bertahap dan berurutan. Well, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh proposal usaha kecil bab Rencana Organisasi bagian Gambaran Umum Perusahaan.

Apa itu gambaran umum perusahaan? Gambaran umum perusahaan adalah deskripsi secara singkat tentang apa dan bagaimana perusahaan Anda sesungguhnya. Gambaran umum perusahaan adalah topik pertama yang harus Anda jelaskan kepada investor bisnis atau mitra usaha Anda. Anda harus membuatnya se-efektif mungkin dan tidak bertele-tele.

Lalu bagaimana sih contoh proposal usaha kecil sub bab gambaran umum tersebut? Well, contoh proposal usaha sederhana sub bab gambaran umum perusahaan bisa Anda lihat di bawah ini :

PT. Maju Mundur Sentosa adalah sebuah perusahaan yang berdiri pada awal tahun 2010, berlokasi di jl. Manukwari, Depok, Jakarta. Pada awalnya kami, PT. Maju Mundur Sentosa bergerak di bidang agrobisnis khususnya di bidang budidaya udang galah dan trading kepiting bakau. Pada akhir tahun 2014, kami mencoba menambah diversifikasi usaha ke pembuat dan penyedia pakan ikan mempunyai prospek ke depan yang cukup menjanjikan.

Setelah melakukan penelitian selama kurang lebih 1,5 tahun, kami akhirnya memutuskan untuk lebih serius terjun di usaha pembuat dan penyedia pakan ikan. Dalam rentang waktu tersebut, kami mengumpulkan semua data-data yang berkaitan dengan usaha pembuat dan penyedia pakan ikan, baik melalui buku, internet maupun lingkungan kompetitif bisnis tersebut.

Saat ini kami sudah berkomunikasi dan bekerjasama dengan para mitra bisnis kami, mulai dari konsultan pakan udang dan ikan, penyedia bahan baku hingga rekanan yang bisa membantu untuk menyediakan mesin pembuat pakan udang dan ikan. Kami juga telah mulai melakukan kontak dengan beberapa petani udang dan ikan, melakukan pra-negosiasi penjualan serta melakukan pendekatan agar kami bisa mengetahui dengan pasti bagaimana sebenarnya bisnis produksi dan penyedia pakan udang dan ikan ini.

Total investasi aset yang kami miliki sebesar Rp. 120.000.000,00 dalam bentuk meisn pembuat pelet apung, peralatan produksi, laboratorium riset pakan udang dan ikan, kantor manajemen dan perlengkapannya serta serta sebuah website yang nantinya akan kami gunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk kami. Kami juga mempunyai sejumlah bahan baku yang siap digunakan untuk pembuatan sampel pakan udang dan ikan. Semuanya merupakan aset pribadi kami yang nantinya akan kami gunakan untuk kepentingan PT. Maju Mundur Sentosa. 

Inti dari contoh proposal usaha kecil di atas adalah Anda harus menekankan kapan Anda berdiri, dimana Anda berada, apa yang Anda punya dan bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan secara singkat kepada investor bisnis Anda. Jadi contoh di atas bukanlah contoh kata pengantar proposal usaha atau contoh latar belakang proposal usaha.


Sudah paham sekarang? Kalau belum, monggo kalau pertanyaan mungkin seputar contoh proposal usaha kecil ini…

(sumber gambar : www.solusiproperti.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Semberani Rent

    April 18, 2014 at 20:24

    Artikel yang menarik. Ini berguna buat pengembangan usaha saya, rental mobil semarang semberani rent.
    Salam,

  2. don Vega

    February 1, 2015 at 01:27

    mantap…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *