Contohlah Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan Ini !!

By on April 7, 2014
usaha kecil untung besar

Untuk mencari jenis usaha kecil yang menguntungkan, Anda butuh modal tapi bukan yang bersifat materi atau finansial. Apa modalnya? Ide bisnis yang kreatif. Mengapa demikian? Karena sudah jelas, modal Anda terbatas. Lha wong Anda carinya usaha kecil untung besar, benar kan?

Kalau punya modal kan Anda carinya bisnis besar yang menguntungkan, iya kan? Ha..ha..ha.. Kalau modal Anda nggak punya, ide bisnis yang kreatif nggak juga punya… wah, berat ente. So, satu-satunya jalan agar Anda bisa menemukan jenis usaha kecil yang menguntungkan adalah Anda harus bisa “berpikir di luar kotak”.

Dan jika seandainya Anda masih juga kesusahan mencari ide bisnis yang kreatif, paling tidak Anda punya cara memasarkan produk atau jasa Anda dengan cara yang kreatif. Like om Hermawan said, how to offer… bagaimana cara Anda menawarkan produk Anda…

Well, salah satu contoh usaha modal kecil yang menguntungkan yang bisa Anda jadikan inspirasi bisnis adalah bisnis tas lukis kreasi Maritjee. Kenapa saya bilang bisnis tas lukis karya Maritjee adalah jenis usaha kecil yang menguntungkan?

Karena bahan bakunya berasal dari karung beras dan karung goni coy… Kebayang kan berapa harga karung beras dan karung goni tersebut? Murah !! Hanya 1.000 perak. Nah, dengan sentuhan dingin Maria Gorreti, barang yang tadinya sama sekali tidak bernilai mampu ia sulap menjadi tas unik yang bernilai ratusan ribu.

Kisahnya bagaimana? Monggo Anda simak…

Maria Goreeti… wanita belia berusia 26 tahun ini memiliki latar belakang desain grafis. Hobi melukisnya hanya ia kerjakan di sela-sela waktu senggangnya. Apa saja bisa menjadi pilihan kanvas bagi Maria, termasuk karung plastik bekas karung beras.

Ide karung plastik dan karung beras ia jadikan kanvas buat melukis dikarenakan ibunda Maria memiliki usaha makanan di rumahnya. Jadi ia memiliki ratusan sisa karung beras yang menumpuk di gudang rumahnya… dan tentu saja, tidak terpakai. Dari sinilah muncul ide peluang usaha modal kecil untung besar ini muncul.

Keisengannya melukis tas yang terbuat dari karung beras ini kemudian dia pamerkan di blog pribadi miliknya. Awalnya sih hanya untuk memamerkan hasil karyanya, tidak lebih. Dan disitulah kehebatan sebuah blog. Hasil karyanya dilihat banyak orang dan memikat temannya yang tinggal di Inggris.

“Si teman” ini tadi kemudian memesan satu buah tas yang ia peruntukkan sebagai kado bagi saudaranya. Beruntungnya, ia juga mempromosikan tas unik milik Maria ini ke beberapa rekan-rekannya yang tinggal di Inggris. Dalam sekejap, Maria sudah menerima 10 pesanan pertamanya dari Inggris. 

Kemudian dengan modal 500 ribu hasil pinjaman dari temannya yang tinggal di Inggris tadi, Maria memproduksi tas buatannya. Dana sebesar itu ia habiskan untuk membeli bahan pewarna khusus plastik yang harganya lebih mahal. 


Hasilnya luar biasa !! Tas kreatif buatan Maria bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi di Inggris. Harga tas buatan Maria bisa dibandrol hingga 3 juta rupiah dengan tingkat kerumitan dan pewarnaannya yang sangat spesial.

Bagi para konsumennya, tas lukis Maritjee ini lebih dari sekedar tas biasa. Tas buatan Maria ini adalah sebuah karya seni bernilai tinggi. Itulah sebabnya harga tas buatannya bisa sangat tinggi. Di mana letak nilai seninya?

Well, bila Anda melihat tas buatannya, tas Maritchee ini sangat unik. Baik dari sisi lukisan yang menghiasi tas tersebut atau dari sisi desain dan bentuknya. Karakter lukisan yang tegas, unik, feminin dengan warna-warna ceria berpadu menjadi sebuah lukisan yang sangat memikat dengan konsep abstrak.

Selain itu, tas buatan Maria ini bersifat eksklusif, karena “hand made”. Setiap lukisan dibuat sendiri oleh Maria. Ia hanya dibantu seorang penjahit. Makanya Maria sangat membatasi produksi tas buatannya. Satu bulan ia hanya bisa membuat 40 tas saja.

Meski ia membatasi produksinya, Maria mampu mengeruk keuntungan setidaknya 15 juta rupiah perbulan. Sebuah penghasilan yang lumayan kan?

Dan setelah ia menyadari bahwa potensi dari jenis usaha kecil yang menguntungkan ini sangat menjanjikan, Maria melepas kariernya sebagai seorang karyawan perusahaan. Ia fokus untuk membesarkan usaha modal kecil menguntungkan ini.

Saat ini tas kreasi buatan Maria sudah “melanglang buana”ke Amerika Serikat, Australia, Inggris dan New Zealand. Ini semua berkat promosinya menggunakan blog pribadinya, yang sebelumnya ia gunakan untuk sebagai “portal komunikasi” dengan kenalan-kenalan internasionalnya.

Selain itu, Maria juga aktif di beberapa komunitas desain grafis baik lokal maupun internasional. Jaringan pertemanannya yang luas ternyata membawa manfaat lebih untuk usahanya. Rekan-rekannya inilah yang secara sukarela membantu promosi produk tas buatan Maria ke kolega mereka di kota-kota yang lain. A loyal customer… istilah marketingnya.

Selain dengan media bloging dan jaringan pertemanan, Maria juga sangat rajin mengikuti pameran. Mulai dari pameran EastWest 2007, Brangerous 2008, Bravity 2009 dan masih banyak lagi. Strategi pameran sangat membantunya untuk lebih mengenalkan produk buatannya di pasar lokal dan pasar luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

Setelah ia merasakan bahwa usaha modal kecil yang menguntungkan ini sudah mencapai hasil seperti yang ia targetkan, Maria melakukan diversifikasi produk… meningkatkan jumlah dan ragam produknya. Ia sudah mulai merambah produk lain seperti sepatu lukis, tas lukis kecil, dompet lukis, kotak make up lukis dan wadah aksesoris.


Benar-benar “amazing” kan perjalanan bisnis beliau? Maka dari itu, bagi Anda yang sedang mencari jenis usaha kecil yang menguntungkan, tirulah kreatifitas Beliau. Jangan Anda tiru contoh usaha kecil menengah di atas. Berpikirlah selalu di luar kotak, maka Anda akan mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Selamat pagi…

(sumber gambar : m.vemale.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *