Trik Rahasia Membesarkan Bisnis Rumahan Modal Kecil


By on April 7, 2014
Trik Rahasia Membesarkan Bisnis Rumahan Modal Kecil

Mau tahu trik rahasia bagaimana membesarkan bisnis rumahan modal kecil? Yang pertama, promosikan produk Anda dengan menggunakan media online. Bisa market place, blog gratisan, forum, facebook fans page, buat toko online dan lain sebagainya.

Kebanyakan semua media yang saya sebutkan tadi biayanya murah. Bahkan banyak diantaranya gratis. Tapi bukannya bisnis rumahan tanpa modal lho… Tetap pakai modal karena tidak ada yang namanya usaha tanpa modal, sekecil apapun.

Balik lagi ke topik, saya tidak akan membahas tentang cara bagaimana promosi produk online. Yang akan saya bahas adalah trik yang kedua, yaitu MEMPERKUAT LAYANAN.

Mengapa yang saya bahas adalah poin yang kedua? Alasan yang pertama adalah karena sudah banyak blog atau forum yang membahas bagaimana cara memasarkan produk lewat internet. Saya juga pernah beberapa kali membahasnya.

Alasan yang kedua, usaha Anda kan bisnis rumahan modal kecil? Benar kan? Sudah pasti “semua-semuanya” kalah sama perusahaan bisnis besar. Iya apa iya? Nah, salah satu hal yang bisa Anda “curi” adalah layanan konsumen.

Dan secara naluriah, pemilik bisnis rumahan modal kecil kebanyakan menjadikan “layanan yang sempurna” adalah pilihan pertama mereka untuk “menghadang” derasnya serangan kompetitor. Hanya saja, layanan seperti apa yang harus Anda lakukan sih?

Well, setahu saya, ada 4 layanan bisnis yang harus Anda perkuat.

  1. Memperkuat Customer Service
    Inti dari customer service adalah “Anda menyenangkan calon konsumen yang ingin tahu produk Anda pada kondisi apapun“. Termasuk jika mereka ingin meng-komplain Anda !! Adalah sebuah KESALAHAN FATAL jika Anda menaruh karyawan yang tidak ber-skill, kurang sabar dan bergaji rendah sebagai customer service Anda. Dan jika usaha Anda adalah bisnis rumahan modal kecil, siapkan “alat komunikasi” selengkap mungkin. Mau tidak mau Anda sendiri kan yang melayani mereka. Namanya aja bisnis rumahan modal kecil. Belum kuat nggaji CS yang handal tho? Duit dari mane bang… Apalagi Anda adalah wanita yang bergelut dengan bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Jadi semua fasilitas chat macam whatsapp, BBM, kakaotalk, telepon dengan nomor Mentari, XL, Simpati dan konco-konconya Anda lengkapi. Respon semua pertanyaan mereka dengan LEMBUT dan SABAR, walaupun Anda sedang emosi. Kalau perlu buka layanan 7 x 24 jam okay?
  2. Memudahkan Cara Pembayaran
    Lengkapi semua bank Anda, khususnya yang sering digunakan oleh konsumen seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda buat mereka kesal gara-gara mereka harus transfer antar bank saat mereka hendak membayar produk yang mereka beli. Walaupun potongannya kecil, banyak konsumen yang nggak ingin mereka rugi. Paham kan? Selain itu, buka layanan COD alias Cash on Delivery atau bahasa “ndesonya” ketemuan langsung, khususnya jika bisnis rumahan modal kecil Anda banyak menerima transaksi dari media online. Banyak konsumen yang masih takut untuk membeli barang secara online. Kalau margin Anda besar, Anda bisa menerima pembelian dengan uang muka. Tipsnya, kasih jumlah nominal uang muka yang harus dibayar konsumen senilai dengan harga pokok produksi produk Anda. Jadi kalau mereka kabur, Anda nggak rugi uang karena impas. Anda cuma kehilangan tenaga dan pikiran plus sedikit ngrundel, wkwkwkwkwk…
  3. Memudahkan Cara Pengiriman
    Nah, untuk masalah yang satu ini, rahasianya adalah Anda bilang “YA”, “ADA” atau “BISA”. “Bisa kirim pake POS pak?” “BISA”… “Kalau pake TIKI bisa pak?” “BISA”… Kalau mereka tanya ada pengiriman yang murah pak?”, Anda jawab “ADA”. Tapi Anda harus sudah punya “kepekan” yang isinya list pengiriman produk se-Indonesia lho. Pokoke apa yang diminta konsumen Anda jawab YA, ADA dan BISA. Toh Anda tidak rugi apa-apa kan? Wong beban biaya pengiriman ditanggung konsumen. Apalagi jika Anda bisa memberi layanan “Free Delivery“. “Lha terus kalau mereka pinginnya satu hari gimana dok?”. Ya harus Anda jawab BISA lah. Anda cukup bilang seperti ini, “Bisa pak, tapi biayanya sekian…” Nanti kan mereka mikir sendiri. Oh iya, hampir lupa. Sarankan kepada mereka layanan pengiriman yang bisa mereka tracking. Apa pasal? Mereka pasti sedang “harap-harap cemas” karena barang yang mereka pesan belum sampai ke tangan mereka. Jadi dengan mengetahui keberadaan barang yang mereka pesan, hati mereka tetap tenang aman terkendali.
  4. Memaksimalkan Layanan Purna Jual
    Lha, ini dia yang paling susah dilakukan pemilk bisnis rumahan modal kecil. Anda harus berani memberikan layanan purna jual yang dahsyat. Contohnya, berikan garansi uang kembali atau produk bisa tukar bila cacat plus ongkirnya Anda yang tanggung. Ini jurus klasik tapi jarang ada orang yang berani dengan “membusungkan dada” untuk mempraktekkan. Gimana coba jika ternyata Anda jualan mesin cup sealer kayak saya yang beratnya lumayan tiba-tiba Anda harus tukar. Anda berani? Apalagi jika Anda tanggung semua ongkirnya. Bisa-bisa Anda nggak jadi untung… malah rugi. Nah lho… Garansi uang kembali atau tukar barang jika rusak plus biaya ongkir ditanggung itu mudah diucapkan sulit dilakukan. Coba aja kalau nggak percaya. Tapi percayalah, kalau barang Anda bagus, kecil kemungkinan barang Anda akan di retur oleh konsumen. Anda nggak jual barang “rongsokan” kan? Selain itu, jaminan seperti ini membuat konsumen Anda tenang dan mau membeli produk yang Anda jual, walaupun Anda berada nun jauh dari konsumen Anda. 

Sudah paham sekarang trik cara memulai usaha kecil di atas? So, bagi Anda yang bergelut di bisnis rumahan modal kecil, perkuatlah layanan Anda. Dengan memperkuat layanan Anda, kemungkinan besar bisnis rumahan tanpa modal kecil Anda akan berkembang dengan pesat karena konsumen Anda puas dengan Anda.

Hanya saja yang perlu Anda ingat, sebaik-baiknya Anda memperkuat layanan bisnis Anda, pasti ada orang yang tidak membeli dari Anda. Keep smile guys… prinsip pareto selalu berlaku di dunia bisnis, meskipun bisnis Anda adalah bisnis rumahan modal kecil.

(sumber gambar : vavai.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *