8 Cara Belajar Jadi Pengusaha Kecil Sukses – Langsung Praktek Gan !!

By on April 8, 2014
8 Cara Belajar Jadi Pengusaha Kecil Sukses - Langsung Praktek Gan !!

Belajar Jadi Pengusaha Kecil Sukses – Pagi ini ane agak “bumpet” idenya nih… Mau posting artikel tapi nggak tahu apa yang mau ane tulis. Kalau materi bisnis sih bejibun banyaknya. Walhamdulillah, akhirnya ane dapat ide nulis yang cukup dahsyat khusus bagi Anda yang baru “hot-hot”nya ingin belajar jadi pengusaha kecil sukes.

Begini… Suatu saat di mana Anda sedang santai, tiba-tiba muncul ide bisnis yang menurut Anda sangat brilian. Dan waktu itu, momen yang lagi datang adalah Anda sedang “bosan-bosannya menjadi pegawai“. Kemudian tingkah laku Anda mulai “gradak-gruduk”.

Yang pengen segera resign dari pekerjaannya lah, yang pengen cari partner bisnis lah, yang pengen bikin web lah, yang pengen segera cetak brosuk penawaran lah dan akhirnya… duaarrrrr, semua nggak Anda lakukan karena saking banyaknya langkah yang harus Anda lakukan. Anda bingung dari mana Anda harus memulai belajar jadi pengusaha kecil sukses.

Anda pernah kan mengalami hal tersebut? Atau jangan-jangan sekarang Anda lagi mengalami hal seperti yang saya sebutkan di atas? Pada saat seperti itu sudah pasti saya nggak bisa memberikan “masukan bisnis” yang berat-berat seperti :

  1. Anda harus melakukan riset pasar untuk menentukan target konsumen Anda. Benar tidak?
  2. Atau Anda saya suruh untuk segera memilih entitas bisnis yang tepat. Tambah puyeng Anda… “Opo tho kuwi entitas bisnis mas… mas… Bingung aku.”,
  3. Atau yang paling parah, Anda saya suruh mempelajari bagaimana cara membuat laporan laba rugi dan menentukan kapan payback period bisnis Anda.

Saya pastikan besoknya Anda balik kerja dan semua tips bisnis yang saya berikan Anda taruh di bawah bantal. Well, saya juga pernah mengalami “masa-masa galau” seperti itu.

Maka dari itu, saya akan berikan solusi belajar jadi pengusaha kecil suskes yang pas dan tepat supaya Anda tidak “kaget” dan “shock” dengan begitu banyaknya “pekerjaan rumah” yang harus Anda selesaikan. Dan solusi saya ini lebih ke arah “pembangunan jiwa” (*wedewww) agar Anda bisa merasakan “aura” bisnis yang pelan-pelan masuk ke “relung jiwa Anda yang terdalam”, wkwkwkwkwkwk…

Apa saja tips dan langkah-langkah belajar jadi pengusaha kecil sukses? Ada 8, ini dia… 



  1. Segera buat kartu nama.
    Sudah jelas !! Anda nggak akan bisa eksis tanpa kartu nama. Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buat kartu nama. Ini hukumnya wajib. Anda langsung PD mendadak, ha..ha..ha..
  2. Beli telepon dan nomer khusus untuk bisnis.
    Ini sangat penting, walaupun bisnis Anda belum jalan. Anda tidak harus membeli HP yang harganya selangit. Cukup beli HP harga ratusan ribu, bisnis Anda sudah punya nomer telepon sendiri.
  3. Buat nama perusahaan.
    Tulis beberapa alternatif nama perusahaan yang mencerminkan diri Anda. Setelah itu pilih mana yang paling baik. Anda bisa tanyakan ke beberapa teman Anda untuk membantu Anda memilihkan nama bisnis yang baik bagi Anda.
  4. Berikan gelar pada diri Anda.
    Nah ini dia yang paling saya suka. Berikan gelar kepada diri sendiri. Benar kan? Anda berhak memberikan gelar apapun kepada diri Anda. Lha wong usaha tersebut adalah usaha Anda sendiri. Eniwei, Anda mau tahu gelar apa yang saya berikan kepada saya sendiri? Chief Executive Officer… mantabs tho? Saya pasang gelar tersebut di kartu nama saya. Walaupun pada prakteknya, pekerjaan office boy pun saya lakukan, bersih-bersih kantor, wkwkwkwkwkwkwk…
  5. Berpakaian setiap hari.
    Saya tahu Anda pasti mengenakan pakaian setiap hari. Hanya orang gila saja yang tidak berpakaian setiap hari. Maksud saya adalah saat Anda mulai mengerjakan bisnis Anda, mandi dan pakailah pakaian Anda yang terbaik yang biasa Anda pakai untuk bekerja.
  6. Menata kantor.
    Sekalipun kantor Anda hanya berada di ruang pojok rumah Anda, atur dan perlakukanlah ruang pojok Anda tersebut sebagai kantor Anda. Jadi Anda harus menyisakan ruang khusus untuk kepentingan-kepentingan bisnis Anda.
  7. Beli dan buat nama domain untuk website dan email Anda.
    Sorry, kayaknya kebalik ya. Buat nama domain dan beli untuk website Anda. “Waduh pak, belum apa-apa sudah beli domain. Ntar kalau nggak jadi gimana?” Tenang aja mas… domain hanya 100 ribu rupiah setahun. Kalau akhirnya domain tersebut tidak terpakai, Anda tidak rugi banyak. Tapi dengan Anda membeli domain untuk email dan website Anda,  pengaruh terhadap keseriusan Anda untuk menjalankan bisnis Anda akan tinggi. Mana yang lebih keren, hermawan@sediamesin.com atau hermawan7894@yahoo.com? (*pake 7894 soalnya nama hermawan udah kepake orang, wkwkwkwkwk…)
  8. Beli gadget (peralatan elektronik).
    Sebenarnya langkah yang ke-8 ini “agak memaksakan”. Tapi bagi sebagian orang, memiliki telepon seluler yang canggih, komputer yang menawan atau peralatan elektronik lainnya akan menyemangati mereka. Dan “barang-barang” seperti itu laksanan mainan bagi mereka. Semua orang suka mainan kan? Jika Anda mampu dan Anda yakin bisa bermanfaat, silahkan Anda beli. Jika tidak, jangan memaksakan. Lebih baik Anda fokus di bisnis Anda dengan peralatan seadanya.

Setelah Anda membaca ke-8 tips menjadi pengusaha kecil sukses di atas, praktekkan !! Ini bukan teori. Dengan mempraktekkan ke-8 cara belajar jadi pengusaha kecil sukses di atas, Anda akan merasakan “hawa positif” yang akan menaungi “perjalanan awal bisnis Anda”. Dan “hawa positif” tersebut akan selalu menyemangati Anda sehingga Anda selalu siap tempur di medan bisnis lainnya yang lebih berat. Sukses selalu…

(sumber gambar tips pengusaha sukses : www.saidaforum.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. irwang

    February 29, 2016 at 23:13

    gimna carax agar bs sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *