Mesin Genteng Beton : Cara Mudah Untuk Terjun di Industri Genteng

By on April 11, 2014
Mesin Genteng Beton : Cara Mudah Anda Untuk Terjun di Industri Genteng

Menurut Anda, perusahaan genteng adalah industri besar milik para pemodal besar atau bisa dilakukan oleh pebisnis-pebisnis pemula macam kita? Dua-duanya bisa !! Ini karena sekarang sudah ada mesin genteng beton yang bisa bekerja dengan lebih efektif meski meski ukuran mesinnya kecil.

Harganya pun lebih “rasional” untuk dibeli oleh pelaku usaha kecil. Setahu saya kira-kira harga sekitar 200 juta rupiah (*tetep gedhe ya, wkwkwkwkwkwk). Uang segitu sudah Anda sudah bisa menyiapkan seperangkat peralatan mesin genteng beton lengkap produksi sekitar 1000 genteng per hari.

Dengan harga jual produk rata-rata sekitar 5 ribu rupiah per genteng, dalam satu bulan Anda sudah bisa mendapatkan hasil kotor 125 juta per bulan. Cukup besar kan hasilnya untuk usaha menengah? “Lha iya lah dok. harga mesinnya aja 200 jete, piye toh !!”.

Tenang… Anda harus berpikir positif. Daripada Anda “sesengrukan” melihat harga mesin genteng beton yang mahal, lebih baik Anda melihat langsung bagaimana mesin genteng beton bekerja.

Untuk memenuhi “kebutuhan standar” industri genteng ini, Anda membutuhkan 4 jenis mesin yang akan bekerja secara berkesinambungan. Empat mesin tersebut adalah mesin pengayak pasir, mesin mixer kering dan mesin mixer basah serta mesin cetak genteng.

Dari keempat mesin ini, mesin cetak genteng adalah jenis mesin yang secara spesifik dan khusus digunakan untuk industri genteng. Jadi saya akan memfokuskan untuk membahas secara khusus spesifikasi mesin cetak genteng untuk usaha kecil menengah.

Well, mesin genteng beton yang saat ini beredar di pasaran usaha kecil menengah berada pada kisaran harga jual antara 75 juta sampai 90 jutaan. Mesin ini sudah cukup canggih dan berkemampuan untuk mencetak hingga 1000 buah perhari dengan bentuk aneka model genteng.

Mesin ini sudah memiliki 20 macam model cetakan genteng. Cetakan genteng tersebut terpisah dari mesinnya dan dapat Anda bongkar pasang. Jadi kalau Anda menginginkan model genteng rumah berbentuk flat, aneka model ridge untuk sudut atap hingga model wave roof yang populer untuk perumahan, bisa Anda lakukan.

Mesin genteng beton ini memiliki ukuran sekitar 1,5 ton dengan dimensi 2 x 1,25 x 1m, sekitar 1/3 dari ukuran standar industri genteng yang berskala besar. Artinya Anda bisa menggunakan ruang produksi yang lebih kecil untuk penggunaan mesin ini.

Untuk operasinya, mesin pres genteng ini menggunakan alat dynamo 5,5 Hp atau 4,2 kilowatt. Anda bisa menggunakan suplai listrik dari PLN, namun perlu mendaftarkan pengajuan kapasitas listrik hingga 12 KVA.


Alternatif lain adalah dengan menggunakan mesin genset yang kapasitas listriknya mencapai 15 KVA. Ada baiknya pula Anda memiliki keduanya untuk berjaga-jaga seandainya terjadi pemadaman. Tahu sendiri kan kondisi listrik di Indonesia, ha..ha..ha..

Dinamo ini akan bekerja sebagai motor penggerak pompa hidrolik dalam mesin yang menjadi pencetak genteng. Pompa mesin genteng memiliki diameter piston 22,5 cm dan dapat bekerja dengan kekuatan maksimal tekanan 250 bar. Angka rata-rata tekanannya jatuh pada 200 bar.

Tekanan ini relatif cukup besar dan itulah sebabnya mengapa daya kerja mesin genteng beton cukup efektif dan bisa Anda atur secara custom dengan kran kontrol pada sisi kanan pompa. Tapi perlu Anda ketahui, pompa hidrolik ini membutuhkan oli secara berkala untuk perawatan. Jadi Anda tidak boleh teledor. 

Eniwei, mesin genteng beton yang lumayan adalah buatan Taiwan. Mesin genteng beton buatan Taiwan ini hanya membutuhkan 4 hingga 5 orang operator yang bekerja. Tugasnya sebagai berikut ini :

  1. Memasukan materi bahan baku dalam cetakan dan mengoleskan minyak supaya cetakan tidak lengket pada plat cetakan.
  2. Mencetak genteng sesuai dengan kebutuhan, termasuk menyesuaikan plat cetakan dengan kebutuhan produksi.
  3. Membantu proses peletakan adonan dalam cetakan plat dan proses cetak.
  4. Melepas adonan yang sudah tercetak dan memasangnya di rak jemur.
  5. Mengembalikan cetakan pada plat untuk kembali digunakan dan membantu kerja operator ke empat.

Biar Anda lebih jelas, seperti biasa, saya kasih link video proses pembuatan genteng dengan menggunakan mesin cetak genteng… okay?

Nah, itu tadi informasi mengenai mesin cetak genteng beton yang merupakan “rangkaian mesin terakhir” dari keseluruhan mesin press genteng untuk industri kecil dan menengah. Saran saya untuk memaksimalkan hasil, jalankan usaha ini di kawasan yang suplai pasirnya yang cukup baik, seperti misal di dekat sungai penghasil pasir bangunan.

Dengan lokasi yang strategis tersebut, Anda akan merasakan dua manfaat utama dalam industri genteng ini. Kemudahan apa saja yang bisa Anda dapatkan? Kemudahan suplai bahan baku pasir dan juga kemudahan suplai air untuk menyuplai mesin genteng beton Anda.


Hanya saja Anda harus berhati-hati jika menggunakan mesing sedot pasir, okay? Salam semangat…

(sumber gambar : www.supersonicmch.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *