Cara Sukses Bisnis Online : Serang Tetapi Jangan Lupakan Bertahan


By on April 23, 2014
Cara Sukses Bisnis Online : Serang Tetapi Jangan Lupakan Bertahan

Pagi gan !! Masih semangat belajar bisnis online kan? Sengaja saya menyapa dengan cara seperti ini karena sebetulnya saya baru down. Jadi biar kita sama-sama semangat, Anda semangat karena saya beri tips cara sukses bisnis online, saya semangat karena menulis artikel tentang tips bisnis online. Mari kita sama-sama semangat, wkwkwkwkwkwkwk…

Wokeh, tips sukes bisnis online kali ini bukan tentang masalah teknis seperti yang telah saya bicarakan yang lalu-lalu. Tapi lebih ke masalah pemahaman. Sebaik apapun teknik bisnis online Anda, kalau Anda salah dalam memahami apa hakekat sebenarnya bisnis online, apa yang Anda bangun bisa hancur berkeping-keping (*mak bahasanya, lebay bangets).

Apa tips sukses bisnis online tersebut?

Untuk Menang, Anda Perlu Menyerang dan Bertahan !!

Apa maksudnya? Begini… Anda pernah lihat tim sepakbola? Seganas-ganasnya sebuah tim sepakbola menyerang, pasti suatu saat mereka akan “dipaksa” untuk bertahan, benar kan? Entah karena tiba-tiba “angin” berpihak kepada lawan mereka, atau karena serangan balik yang membuat pertahanan mereka kocar-kacir.

Sama dengan bisnis online. Jika Anda mengharapkan bisnis online Anda sukses, Anda harus tahu bagaimana caranya “MENYERANG” dan “BERTAHAN”. Yang sering jadi masalah adalah, banyak pelaku bisnis online yang sangat hobi dengan MENYERANG. Kebanyakan dari mereka lupa BERTAHAN.

Lalu apa yang dimaksud dengan “menyerang” dan “bertahan” di bisnis online? “Menyerang”, adalah menjual, menciptakan produk baru, memilih niche bisnis online, mengalahkan pesaing, melakukan facebook marketing, melakukan search engine optimation (SEO) atau menggunakan google adwords untuk meledakkan penjualan Anda.

Kemudian “bertahan”, adalah menangani kegiatan internal perusahaan, mengatur kas, menangani pegawai yang posting artikel atau membuat sistem stok barang yang bagus. Itulah maksud dari “menyerang” dan “bertahan” di bisnis online. Sekarang Anda sudah paham kan tentang definisi kiat sukses bisnis online “menyerang” dan “bertahan”?

Jadi mulailah untuk mengatur internal perusahaan Anda. Pelajari bagaimana cara membuat perusahaan Anda bisa berjalan dengan “nyaman” dengan memperhatikan bagaimana cara “bertahan” dengan baik dan benar. Luangkan sedikit waktu Anda untuk mempelajari manajemen, mengembangkan layanan customer dan teknik-teknik “bertahan” lainnya.

Anda tidak ingin kan begitu pesanan Anda meledak lewat facebook marketing, tiba-tiba bulan depan Anda tidak bisa membeli barang “kulakan” gara-gara Anda salah mengatur arus kas Anda? Kalaupun sampai detik ini Anda tetap “aman-aman” saja, siapa yang bisa menjamin esok hari bisnis Anda hancur gara-gara Anda lupa “bertahan”.

Trik bisnis online seperti SEO, facebook marketing, list building dan segala sesuatu tentang teknik “menyerang” itu penting. Tetapi ingatlah, sebuah klub sepakbola yang mengusung filosofi menyerang terbaik pun bisa kalah pada saat yang krusial hanya karena mereka LUPA bertahan.

Kesimpulannya adalah bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis offline. Media dan jangkauan serta kecepatannya saja yang berbeda. Hakekatnya tetap sama… SEBUAH BISNIS. Dan sebuah bisnis yang sukses itu dibangun oleh seorang pebisnis yang selalu bisa menempatkan posisi “menyerang” dan “bertahan” dengan proposional.

Selamat pagi, selamat mempraktekkan cara sukses bisnis online di atas dan tetap semangat !! See you…

(sumber gambar artikel bisnis online : www.swintonfitzwilliam.org)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *