Cari Panduan Cara Buat Website Toko Online? STOP !! Baca Ini Dulu (Bagian 1)


By on April 25, 2014
Cari Panduan Cara Buat Website Toko Online? STOP !! Baca Ini Dulu (Bag.1)

Anda lagi cari panduan cara buat website toko online? STOP !! Anda baca dulu artikel yang satu ini. Mengapa Anda saya suruh STOP dulu buat cari cara buat website toko online? Ya saya suruh stop aja. Pokoke stop… biar mau baca artikel saya, bwahahahahaha…

Nggak lah… Pasti saya punya alasan yang kuat kenapa Anda saya suruh berhenti sejenak. Begini alasannya bung… Dalam membuat website toko online, Anda harus tahu “komponen wajib website toko online” yang harus Anda buat untuk bisa meningkatkan kredibiltas dan kepercayaan calon pembeli.

Dengan mengetahui “komponen wajib” tersebut, Anda akan tahu langkah apa yang selanjutnya harus Anda lakukan. Jadi setelah Anda nemu tutorial cara buat website toko online dan menguasaninya, Anda nggak bingung lagi. Gitu bos… Udah tahu caranya, tapi begitu praktek… “Waduh, kok saya jadi bingung bos? Piye iki…”.

Lalu apa “komponen wajib” yang harus Anda ketahui agar kredibilitas toko online Anda bisa meningkat? Ada 6, ini dia :

Panduan Cara Buat Website Toko Online yang Pertama : HALAMAN PRODUK

Produk dengan foto dan spesifikasi yang jelas sangat penting agar calon pembeli yakin dengan pilihan dan kualitas barang yang mereka cari. Jadi tipsnya, buat foto yang bagus dan berikan deskripsi yang lengkap. Fotonya jangan asal-asalan ya? Kalau Anda takut ntar di copy ma orang lain, di watermark aja. Contoh halaman produknya bisa Anda lihat di bawah ini :

contoh-halaman-produk-toko-online

Piye? Mantabs kan? Apa yang ada di benak Anda jika lihat tampilan halaman produk dengan foto yang bagus seperti pada contoh di atas? Pasti Anda kredibilitas toko online tersebut di mata Anda akan naik, benar tidak? Otomatis Anda akan lebih percaya dengan toko online tersebut. Lalu bagaimana dengan deskripsinya? Gud kuesien… Anda bisa lihat contoh deskripsi produk yang “MAUT bin DAHSYAT” di bawah ini :

contoh-halaman-deskripsi-produk-toko-online

Itu bos, maut kan? Ada videonya, deskripsi produknya jelas, poin-poin kelebihannya ada, dan sebagainya. Kalau Anda menjelaskan dengan detail apa MANFAAT dan FITUR produk Anda dengan detail, konsumen akan percaya dengan toko online Anda. Apalagi kalau Anda tambahkan deskripsi produk Anda dengan foto di tiap-tiap fitur produk Anda… joss gandhos mar kenthooossss !!!

Panduan Cara Buat Website Toko Online yang Kedua : SHOPPING CART dan HALAMAN CARA PESAN

Anda tahu shopping chart kan? Kalau belum kebangetan dah… Shopping cart ditandai dengan adanya tombol order yang fungsingya untuk memudahkan calon pembeli langsung memasukkan pesanan mereka kapan saja selama 24 jam. Gimana bentuk shopping cart? Noh…

contoh-shopping-cart-toko-online

Cuman masalahnya, orang Indonesia kebanyakan belum biasa menggunakan shopping cart. Jadi Anda harus melengkapi website toko online Anda dengan halaman “Cara Pesan”. Seperti apa halaman tersebut? Monggo Anda lihat di bawah ini :

contoh-halaman-cara-pesan-toko-online

Panduan Cara Buat Website Toko Online yang Ketiga : CARA PEMBAYARAN

Masih ingat artikel tentang memperkuat layanan untuk mengalahkan kompetitor yang kuat kan? Malah durung moco mesti… Kalau belum baca, Anda baca dulu artikel tentang cara membesarkan bisnis rumahan modal kecil. Di situ saya jelaskan bahwa Anda harus memberikan variasi cara pembayaran yang banyak. Semakin banyak alternatif pembayaran yang Anda punya, semakin baik bagi kredibilitas website toko online Anda.

Selain itu, dengan memberikan alternatif yang banyak tentang cara pembayaran akan membuat konsumen sejak awal sudah tahu cara pembayaran seperti apa saja yang bisa mereka lakukan. Cara paling mudah adalah tampilkan semua logo bank dari rekening yang Anda punya di halaman depan. Contohnya seperti ini nih…

contoh-cara-pembayaran-toko-online

Panduan Cara Buat Website Toko Online yang Keempat : PROFIL, NOMOR KONTAK dan ALAMAT USAHA

Kemudian langkah yang keempat tentang bikin toko online yang “berkelas” adalah Anda harus menyertakan kejelasan profil, nomor kontak serta alamat usaha. Seperti apa contohnya? Baca artikel saya tentang Cari Panduan Cara Buat Website Toko Online?  STOP !! Baca Ini Dulu (Bagian 2). Sorry bos, udah siang dan ngepasin hari Jum’at. Ane mandi dulu ya, he..he..he..

(sumber gambar : www.websitesdirect.ca)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *