Cari Panduan Cara Bikin Toko Online? STOP !! Baca Ini Dulu (Bagian 2)

By on April 29, 2014
Mari kita lanjutkan pembahasan panduan cara bikin toko online bagian 2... Nek sampeyan belum baca yang pertama, monggo di klik aja artikel bikin toko online yang pertama.

Mari kita lanjutkan pembahasan panduan cara bikin toko online bagian 2… Nek sampeyan belum baca yang pertama, monggo di klik aja artikel cara bikin toko online yang pertama.

Panduan Cara Bikin Toko Online yang Keempat : PROFIL, NOMOR KONTAK dan ALAMAT USAHA

Kejelasan profil Anda akan bisa meyakinkan calon pembeli. Apa sebabnya? Karena profil Anda bisa menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda adalah penjual yang kompeten. Alamat usaha membuat calon pembeli lebih tenang dan percaya. Jadi kalau Anda belum punya toko fisik, segera Anda buat mas bro. Nggak perlu yang mewah. Garasi rumah bisa Anda sulap sedemikian rupa sehingga bisa terlihat seperti toko fisik.

Eniwei, “jurus” ini adalah “jurus entrepreneur klasik” yang seringkali mengantar si penggunanya menjadi pengusaha yang sukses. Mau tahu siapa salah satu pengusaha yang memulai usahanya dari garasi rumahnya? Steve Jobs brother…  

Balik lagi ke pembahasan toko fisik, mengapa toko fisik diperlukan? Jawabannya adalah konsumen selalu berpikir bahwa kalau barang yang dia beli rusak, mereka akan tahu kemana mereka akan komplain. Dan bagi mereka yang berada di lokasi yang tidak memungkinkan untuk datang langsung ke toko Anda, keberadaan toko fisik Anda akan membuat mereka tenang karena mereka tahu kemana mereka akan mengirim barang jika ternyata barang yang mereka beli rusak atau tidak sesuai pesanan.

Kemudian nomor kontak, silahkan pajang semua nomor kontak Anda. Jika belum punya, beli dan lengkapi. Memudahkan konsumen menghubungi Anda adalah langkah awal sebelum Anda melakukan penjualan. Contohnya seperti ini nih (*sorry, nggak usah saya coret-coret yang nomer rekening dan yang lain-lain. Sekalian promosi web temen, ha..ha..ha..) :

contoh-kontak-lengkap

So, intinya adalah tanpa kejelasan kontak dan alamat bisnis Anda, saya pastikan Anda akan sangat susah untuk mendatangkan ketenangan dan kepercayaan dari calon konsumen potensial Anda. 


Panduan Cara Bikin Website Toko Online yang Kelima : LIVE CHAT atau LIVE SUPPORT

Ini fasilitas WAJIB !! Fungsinya buat apa? Fungsinya agar calon pembeli dapat berinteraksi langsung dengan Anda atau customer service Anda. Fasilitas ini juga bisa memudahkan Anda untuk melakukan prospecting dan closing kepada calon konsumen Anda pada saat itu juga. Banyak fasilitas chat gratis kok. Ada yahoo messenger, google talk dan lain sebagainya. Contohnya seperti screen shot di bawah ini :

contoh-live-chatting

Di atas juga sudah ada contohnya sih, cuman kecil. Ini saya kasih yang guedeeee…

Panduan Cara Bikin Website Toko Online yang Keenam : TESTIMONI

Testimoni adalah “lagu wajib” saat Anda bikin toko online. Testimoni sangat berguna khususnya bila toko online Anda adalah toko online yang baru. Adanya testimoni akan memberikan efek “perilaku massal” seperti perasaan “jika banyak orang lain yang puas, maka saya akan puas”. Testimoni adalah salah satu alat untuk bisa mendatangkan konsumen yang terbukti cukup efektif. Testimoni bisa berupa petikan komentar positif pelanggan atau bahkan nomor resi bukti pengiriman. Contohnya seperti yang satu ini :

contoh-testimoni-pelanggan


Joss gandhos tho? Akhir kata, sebelum Anda merancang website toko online Anda, persiapkan dulu ke-6 “Syarat Dasar” kelengkapan website di atas. Ibarat SIM dan STNK sebagai syarat Anda diperbolehkan mengemudi, 6 Panduan Dasar Cara Bikin Toko Online di atas adalah syarat agar Anda bisa DITERIMA dan DIPERCAYA oleh konsumen Anda. Okay? Selamat mencoba…

(sumber gambar : mukenabaligrosirmurah.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *