Cara Kerja Marketing Mix – Merubah Teori Marketing Menjadi Praktek (Bagian 1)

By on May 10, 2014
Cara Kerja Marketing Mix – Merubah Teori Marketing Menjadi Praktek (Bagian 1)

Sebelum saya membahas bagaimana cara kerja marketing mix, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui pengertian atau definisi marketing.

Bukan pengertian marketing mix atau definisi marketing mix ya… Tapi pengertian marketing thok. Nggak pake mix, nggak pake thok…

Well, marketing mempunyai pengertian yang sangat beragam. Masing-masing pakar mempunyai pandangan dan definisinya sendiri-sendiri. Apa itu marketing? Pengertian marketing menurut Philip Kotler adalah :

Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh perseorangan atau kelompok untuk mendapatkan keinginannya dengan menciptakan suatu produk dan menukarnya dengan nilai tertentu dari pihak lain.

Mumet ya… wkwkwkwkwkwk… Santai mas bro. Saya kasih pengertian marketing yang lebih sederhana dari pakar marketing yang kebetulan om saya… om ketemu gedhe, bung Hermawan :

Inti marketing ada 3 hal, yaitu positioning – differentiation – brand. Marketing adalah differentiation yang mendukung positioning sebagai strategi dari brand kita.

“Lha kok tambah pusing dok? Belum juga sampai pada bahasan pengertian marketing mix ane sudah frustasi”… Lho, masak? Wokeh dah, coba baca yang satu ini. Kalau masih pusing, saya kasih yang lebih sederhana. Dari pakde Jay Abraham :

Marketing dianggap berhasil jika Anda sudah terlihat baik di mata pelanggan Anda.


“Nah, kalo yang ini agak mendingan dok. Mudah ane pahami. Terus mana pengertian marketing yang paling pas dok? Keburu pengen tahu cara kerja marketing mix-nya jeee.”

Siap… kalau menurut saya, semuanya pas. Lha mereka kan pakar marketing. Kalau saya sing oke-oke saja. Lha siapa saya siapa dia, hahahahaha… Cuman saya punya definisi marketing yang paling gampang dan paling mudah untuk Anda cerna. Apa itu?

Marketing adalah segala upaya yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda selalu terlihat LEBIH BAIK di mata pasar dibandingkan dengan bisnis para pesaing Anda.

Wow, keren kan? Jelas mas bro… definisi marketing di atas saya dapat dari pak Laksita (*lagi-lagi nama dia nongol deh, bikin jeles aja, hohohoho…). Dan hebatnya, definisi tersebut akan memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja marketing mix.

Tapi sebelum saya lanjutkan dengan pembahasan bagaimana cara kerja marketing mix, saya tekankan bahwa Anda tidak perlu bingung dengan banyaknya teori marketing yang ada. Yang penting strategi konkretnya saja.

Bahasa gampangnya adalah prakteknya itu efektif atau nggak. Percuma tahu banyak pengertian dan teori marketing yang banyak tapi strategi pelaksanaannya nggak efektif, okay?


Nah, bagaimana cara kerja marketing mix yang efektif? Silahkan baca artikel saya tentang “Cara Kerja Marketing Mix – Merubah Teori Marketing Menjadi Praktek (Bagian 2”)… Sorry mas bro, saya mau nyapu dulu… nggak enak ma nyonyah.

(sumber gambar : dreamstime.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *