Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Versi Rhonda Abrams


By on May 12, 2014
Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Versi Rhonda Abrams | Konsultan Bisnis Ternama di AS

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses – Bos, pernah ngalamin infeksi telinga kagak? Ane pernah bos… Sakit banget. Sebabnya karena flu akut.

Waktu ane periksa ke dokter umum, diagnosanya kurang tepat. Walhasil ane belum bisa sembuh total. Setelah ane datang ke dokter THT, penyakit ane langsung sembuh dalam waktu cepat.

“Dok, ojo curhat !! Hubungannya dengan bisnis apa lho?” Ho..ho..ho.. Woles gan. Begino and beguni, ente tahu konsep spesialisasi kan?

Kalau Anda sakit telinga, pikiran Anda yang pertama kali pasti datang ke dokter spesialisasi THT, benar kan? (*Jangan niru ane lho gan, contoh buruk… sakit telinga datangnya ke dokter umum, tepok jidat deh)

Di bisnis, kiat menjadi pengusaha sukses sederhana tetapi powerfull adalah dengan menemukan pasar khusus, yaitu menjadi spesialisasi di bisnis tertentu. Bayangkan misalnya Anda membuka bisnis jasa laundry. Pasti di kota Anda sudah ada ratusan jasa laundry kan? Belum-belum Anda sudah kalah bersaing.

Tetapi dengan membuka jasa laundry anti mesin cuci misalnya, Anda jelas sudah menemukan pasar khusus bagi bisnis Anda. Pasar khusus seperti apa? Pasar khusus orang-orang yang anti nyuci pakai mesin cuci karena hasil cuciannya tidak bersih plus merusak baju yang di cuci. Ning sampeyan siap-siap pegel lho tangannya, ho..ho..ho.. Ini maksud dari spesialisasi bisnis yang saya katakan di atas. Nak isih bingung arti spesialisasi, baca di sini.

“Dok, idemu aneh… anti mainstream !!” Lho, di desa tetangga saya ada yang mempraktekkan cara jadi pengusaha sukses dengan buka jasa seperti itu. Dia punya pelanggan khusus. Jangan salah lho… Cuman, sebelum Anda mempraktekkan kiat menjadi pengusaha sukses ala Rhonda Abrams, Anda harus tahu dulu syarat-syarat menemukan pasar khusus.

  1. Cukup Besar
    Ukuran pangsa pasar Anda haruslah jelas, tidak boleh terlalu kecil agar Anda mampu memperoleh keuntungan. Untuk kasus laundry khusus anti mesin cuci tadi, Anda harus cari tahu berapa banyak pasar yang pengen nyuci nggak pake mesin cuci tapi males tangannya pegel karena nyuci sendiri bajunya, ha..ha..ha.. “Carane piye dok?” Caranya dengan riset pasar.
  2. Terjangkau
    Pasar tersebut haruslah memiliki sarana publikasi, organisasi atau perkumpulan agar Anda bisa memberi tahu mereka tentang keberadaan perusahaan Anda. Contohnya, Anda harus tahu bahwa ada ibu-ibu yang super sibuk sampai nggak sempet nyuci, sering ngeluh masalah mesin cuci, punya acara kumpul-kumpul macam arisan. Jadi Anda bisa promo buat mengenalkan usaha Anda di sana, gitu bos…
  3. Memiliki Kepastian
    Pasar potensial Anda haruslah memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus terhadap jasa atau produk yang Anda tawarkan. Jadi dengan contoh kasus di atas, Anda harus punya pasar khusus yang memang butuh cucian barang yang bener-bener nggak pengen di cuci pake mesin cuci karena baju tersebut barangnya bisa rusak. Itulah mengapa mereka butuh spesialisasi.
  4. Dapat Dipertahankan
    Pilih pasar khusus yang mampu mendukung usaha Anda dalam jangka panjang agar Anda tidak akan kehabisan konsumen. Hindari spesialisasi yang dipengaruhi oleh perubahan-perubahan ekonomi. Dan pastikan bahwa Anda tidak cepat bosan. Contohnya bisnis pancake durian. Usaha ini sebenarnya ditujukan bagi pasar yang tidak ingin repot buat makan durian. Tinggal simpan di frezzer, nggak perlu repot buka durian, nggak perlu pesen durian jauh-jauh ke Medan, langsung leebbb… Sayangnya, bisnis ini nggak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama walaupun si pencipta bisnis ini sudah melakukan inovasi produk.

Menemukan spesialisasi adalah salah satu kiat menjadi pengusaha sukses yang poin intinya adalah membedakan bisnis Anda dari para pesaing. Anda juga akan memperoleh keuntungan khusus, yaitu bisa mematok biaya yang lebih tinggi… ciri khas para spesialisasi. Iya kan? Pernah Anda ketemu dengan dokter spesialisasi jantung yang tarifnya di bawah dokter umum? Mesti durung tau, yakin ane…

So, saat Anda memutuskan untuk mulai mencari ide bisnis, cobalah kiat kiat sukses menjadi pengusaha versi Rhonda Abrams yang satu ini, menjadi spesialisasi… Tetapi dengan catatan, pangsa pasarnya harus gedhe, bisnis Anda harus bisa menjangkau konsumen Anda, memiliki kepastian akan kebutuhan konsumen dan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Sukses mas bro…

(sumber gambar artikel tips jadi pengusaha sukses : tweakyourbiz.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *