Organisasikan Pekerjaan Kantor Segera atau Anda Menderita

By on May 13, 2014
Organisasikan Pekerjaan Kantor Segera atau Anda Menderita

“Wah, hari ini saya harus bertemu dengan investor bisnis saya.”… “Waduh, saya harus mengirim surat penawaran jam 11 !!”… “Saya lupa cek stok gudang, harus balik kantor secepatnya nih.”…

Pasti Anda pernah mengalami pekerjaan kantor yang menumpuk seperti di atas kan? Banyak pekerjaan kantor yang menanti Anda dan akhirnya tidak semuanya bisa Anda kerjakan.

Padahal sebagai seorang pebisnis yang baru mulai membangun “kerajaan bisnisnya”, hal seperti di atas adalah hal yang hampir setiap hari Anda temui. Dan masalahnya, bukan SEKERAS apa Anda bekerja. Yang terpenting adalah SECERDIK apa Anda bekerja.

Maka dari itu, saya akan berikan cara cerdik bagaimana agar Anda bisa menangani semua pekerjaan kantor Anda. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memprioritaskan pekerjaan kantor atau tugas-tugas bisnis Anda. Bagaimana detail langkahnya? Ini dia solusi buat mengatasi macam-macam pekerjaan kantor yang menumpuk :


  1. Pekerjaan Kantor Kategori Sangat Penting/Sangat Mendesak
    Anda sangat disarankan untuk menangani urusan bisnis ini lebih dulu. Contohnya menemui investor bisnis Anda untuk melaporkan perkembangan usaha Anda. Jelas, Anda harus prioritaskan “pekerjaan kantor” yang satu ini.
  2. Pekerjaan Kantor Kategori Sangat Penting/Kurang Mendesak
    Tetapkan batas waktu untuk menyelesaikannya dan usahakan untuk mengerjakan urusan bisnis ini dalam rutinitas sehari-hari Anda. Misalkan Anda harus membuat SOP agar bisnis Anda berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda tentukan saja tanggal berapa SOP tersebut harus selesai. Seminggu lagi, sebulan lagi atau 3 bulan lagi. Setelah Anda tentukan tanggal atau kapan SOP itu harus selesai, Anda kerjakan step demi step hingga akhirnya SOP tersebut selesai pada tanggal atau hari yang telah Anda tentukan.
  3. Pekerjaan Kantor Kurang Penting/Sangat Mendesak
    Temukanlah cara yang cepat dan efisien untuk menyelesaikannya tanpa banyak keterlibatan pribadi. Jika memungkinkan, delegasikanlah kepada seseorang yang mampu untuk melakukannya. Bisa karyawan Anda, asisten Anda atau partner bisnis Anda. Contohnya Anda butuh untuk menemui notaris untuk mengambil contoh surat bisnis dan surat perjanjian dengan klien Anda. Berhubung Anda sibuk dengan urusan yang lebih penting tetapi surat perjanjian tersebut mendesak untuk Anda berikan ke klien Anda, solusinya adalah Anda delegasikan tugas mengambil surat perjanjian tersebut kepada karyawan atau asisten Anda.
  4. Pekerjaan Kantor Kurang Penting/Kurang Mendesak
    Ini adalah tugas yang sibuk atau berulang seperti membuat arsip. Ada 2 solusinya. Yang pertama, kumpulkan dan tumpuklah pekerjaan kantor Anda tersebut kemudian kerjakan setengah jam setip minggu. Kedua, jangan kerjakan… cari seseorang yang lain untuk mengerjakan pekerjaan kantor Anda tersebut. 

Well, kemampuan untuk menangani 3 – 4 pekerjaan kantor, urusan bisnis atau proyek tertentu dengan prioritas tertinggi secara sukses merupakan keharusan bagi Anda selaku pemilik dan pemimpin di bisnis Anda. Jadi be smart, jangan hanya bekerja keras. Bekerjalah dengan cerdik untuk menyelesaikan jenis-jenis pekerjaan kantor Anda, karena waktu hanya 24 jam sehari, tidak bisa lebih. Salam sukses !!

(sumber gambar : dreamstime.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *